Halaman

Kamis, 11 Agustus 2011

Tip-tip Blog

Memulai

Bagaimanakah cara membuat akun Blogger? Bagaimanakah cara membuat blog di Blogger? Bagaimana cara mengeposkan entri ke blog? Bagaimana cara mengeposkan gambar? Bagaimanakah cara menambahkan foto ke profil? Di manakah judul blog saya ditampilkan? Apakah itu URL?

Akun Anda

Saya tidak dapat masuk. Apa yang harus saya lakukan? Bagaimanakah cara menghapus blog? Bagaimanakah cara membatalkan akun?

Fitur Blogger

Bagaimanakah cara menggunakan fitur Desain Blogger? Dapatkah saya memiliki blog yang diposkan oleh lebih dari satu orang? Bagaimanakah cara memberi label pada entri? Bagaimanakah cara menempatkan AdSense pada blog? Apakah itu umpan situs dan bagaimanakah cara mengaktifkannya untuk blog saya? Bagaimanakah cara kerja Blogger Mobile? Mengapa ada verifikasi kata pada formulir pengeposan? Dapatkah saya menggunakan pintasan keyboard sewaktu mengeposkan? Bagaimanakah cara menggunakan fitur transliterasi? Bagaimanakah cara menggunakan editor entri Blogger? Bagaimanakah cara menggunakan domain ubahsuaian di blog saya? Di mana saya dapat membeli nama domain ubahsuaian untuk blog saya? Bagaimanakah cara mengubah format tanggal yang ditampilkan di blog? Apakah itu kerangka entri? Apakah itu tautbalik dan bagaimana cara menggunakannya? Apakah itu opsi verifikasi kata? Dapatkah saya mengedit HTML tata letak blog? Apa fungsi setelan "cantuman"?

Moderasi Blog

Mengapa blog saya dinonaktifkan? Apakah itu tombol "Flag"? Bagaimanakah cara memoderasi komentar di blog? Di mana saya dapat melaporkan masalah hukum?
Apakah informasi ini bermanfaat?

10.SILSILAH (Sanad) TARIKAT QADDIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH (Suralaya, Tasikmalaya)

SILSILAH (Sanad) TARIKAT QADDIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH
(Suralaya, Tasikmalaya)
  1. Allah SWT
  2. Malaikat Jibril AS
  3. Nabi Muhammad SAW
  4. Sayyid Ali ibn Abi Thalib
  5. Sayyid Husain ibn Fatimah
  6. Sayyid Zainal Ali Abidin ibn husain
  7. Sayyid Muhammad al-Baqir
  8. Sayyid Ja’far al-Shadiq ibn M. Baqir
  9. Sayyid Musa al-Kazhim
  10. Sayyid Ali Ridho ibn Musa al-kazhim
  11. Syekh Ma’ruf al-Karkhi
  12. Syekh Sarri al-Saqathi
  13. Syekh Abi al- Qosim Junaid al-Baghdadi
  14. Syekh Abu bakar al-Syibli
  15. Syekh Abdul Wahid al-Tamimi
  16. Syekh Abi al-Farraj al-Thurtusi
  17. Syekh Abi al-Hasan Ali al-Hakkari
  18. Syekh Ali Sa’id al-Mubarrak al-Mazjumi
  19. Syekh Abdul Qodir al-Jaelani
  20. Syekh Abdul Aziz
  21. Syekh Muhammad Hattaq
  22. Syekh Syamsuddin
  23. Syekh Syarifuddin
  24. Syekh Nuruddin
  25. Syekh Waliyuddin
  26. Syekh Hisam al-Din
  27. Syekh Yahya
  28. Syekh Abu Bakar
  29. SyekhAbdul Rahiim
  30. Syekh Ustman
  31. Syekh Abdul Fattah
  32. Syekh Muhammad Murad
  33. Syekh Syamsuddin
  34. Syekh Ahmad Khatib al-Sambasi
  35. Syekh M. Tholhah al-cireboni
  36. Syekh Abdullah al-Mubarrok [abah sepuh]
  37. Syekh Shohibul wafa’ tajul ‘arifin [suralaya, tasikmalaya]

9.SILSILAH (Sanad) TARIKAT QADDIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH (Rejoso, peterongan jombang)

SILSILAH (Sanad) TARIKAT QADDIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH 
( Rejoso, peterongan jombang)
  1. Allah SWT
  2. Malaikat Jibril AS
  3. Nabi Muhammad SAW
  4. Sayyid Ali ibn Abi Thalib
  5. Sayyid Husain ibn Fatimah
  6. Sayyid Zainal Ali Abidin ibn husain
  7. Sayyid Muhammad al-Baqir
  8. Sayyid Ja’far al-Shadiq ibn M. Baqir
  9. Sayyid Musa al-Kazhim
  10. Sayyid Ali Ridho ibn Musa al-kazhim
  11. Syekh Ma’ruf al-Karkhi
  12. Syekh Sarri al-Saqathi
  13. Syekh Abi al- Qosim Junaid al-Baghdadi
  14. Syekh Abu bakar al-Syibli
  15. Syekh Abdul Wahid al-Tamimi
  16. Syekh Abi al-Farraj al-Thurtusi
  17. Syekh Abi al-Hasan Ali al-Hakkari
  18. Syekh Ali Sa’id al-Mubarrak al-Mazjumi
  19. Syekh Abdul Qodir al-Jaelani
  20. Syekh Abdul Aziz
  21. Syekh Muhammad Hattaq
  22. Syekh Syamsuddin
  23. Syekh Syarifuddin
  24. Syekh Nuruddin
  25. Syekh Waliyuddin
  26. Syekh Hisam al-Din
  27. Syekh Yahya
  28. Syekh Abu Bakar
  29. SyekhAbdul Rahiim
  30. Syekh Ustman
  31. Syekh Abdul Fattah
  32. Syekh Muhammad Murad
  33. Syekh Syamsuddin
  34. Syekh Ahmad Khatib al-Sambasi
  35. Syekh A. Hasbu al-Maduri
  36. Syekh M. Khalil
  37. Syekh M. Ramli Tamim
  38. Syekh Musta’in Ramli
  39. Syekh A. Rifa’i Ramli
  40. Syekh Dimyati Ramli

8.SILSILAH (Sanad) TARIKAT QADDIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH (mranggen, semarang)

SILSILAH (Sanad) TARIKAT QADDIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH
(mranggen, semarang)
  1. Allah SWT
  2. Malaikat Jibril AS
  3. Nabi Muhammad SAW
  4. Sayyid Ali ibn Abi Thalib
  5. Sayyid Husain ibn Fatimah
  6. Sayyid Zainal Ali Abidin ibn husain
  7. Sayyid Muhammad al-Baqir
  8. Sayyid Ja’far al-Shadiq ibn M. Baqir
  9. Sayyid Musa al-Kazhim
  10. Sayyid Ali Ridho ibn Musa al-kazhim
  11. Syekh Ma’ruf al-Karkhi
  12. Syekh Sarri al-Saqathi
  13. Syekh Abi al- Qosim Junaid al-Baghdadi
  14. Syekh Abu bakar al-Syibli
  15. Syekh Abdul Wahid al-Tamimi
  16. Syekh Abi al-Farraj al-Thurtusi
  17. Syekh Abi al-Hasan Ali al-Hakkari
  18. Syekh Ali Sa’id al-Mubarrak al-Mazjumi
  19. Syekh Abdul Qodir al-Jaelani
  20. Syekh Abdul Aziz
  21. Syekh Muhammad Hattaq
  22. Syekh Syamsuddin
  23. Syekh Syarifuddin
  24. Syekh Nuruddin
  25. Syekh Waliyuddin
  26. Syekh Hisam al-Din
  27. Syekh Yahya
  28. Syekh Abu Bakar
  29. SyekhAbdul Rahiim
  30. Syekh Ustman
  31. Syekh Abdul Fattah
  32. Syekh Muhammad Murad
  33. Syekh Syamsuddin
  34. Syekh Ahmad Khatib al-Sambasi
  35. Syekh Abdul karim al bantani
  36. Kh. Ibrahim al-Brumbangi
  37. Kh. Abdul rahman menur
  38. Kh. Muslikh abdulrahman [mranggen, semarang]

7.SILSILAH (Sanad) KE-MURSYID-AN TQN DI INDONESIA


SILSILAH (Sanad) KE-MURSYID-AN TARIKAT QADDIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI INDONESIA

  1. Allah SWT
  2. Malaikat Jibril AS
  3. Nabi Muhammad SAW
  4. Sayyid Ali ibn Abi Thalib
  5. Sayyid Husain ibn Fatimah
  6. Sayyid Zainal Ali Abidin ibn husain
  7. Sayyid Muhammad al-Baqir
  8. Sayyid Ja’far al-Shadiq ibn M. Baqir
  9. Sayyid Musa al-Kazhim
  10. Sayyid Ali Ridha ibn Musa al-Kazhim
  11. Syekh Ma’ruf al-Karkhi
  12. Syekh Sarri al-Saqathi
  13. Syekh Abi al- Qosim Junaid al-Baghdadi
  14. Syekh Abu bakar al-Syibli
  15. Syekh Abdul Wahid al-Tamimi
  16. Syekh Abi al-Farraj al-Thurtusi
  17. Syekh Abi al-Hasan Ali al-Hakkari
  18. Syekh Ali Sa’id al-Mubarrak al-Mazjumi
  19. Syekh Abdul Qodir al-Jaelani
  20. Syekh Abdul Aziz
  21. Syekh Muhammad Hattaq
  22. Syekh Syamsuddin
  23. Syekh Syarifuddin
  24. Syekh Nuruddin
  25. Syekh Waliyuddin
  26. Syekh Hisam al-Din
  27. Syekh Yahya
  28. Syekh Abu Bakar
  29. SyekhAbdul Rahiim
  30. Syekh Ustman
  31. Syekh Abdul Fattah
  32. Syekh Muhammad Murad
  33. Syekh Syamsuddin
  34. Syekh Ahmad Khatib al-Sambasi

6.Istighootsah

Isitighootsah
Bismisllahir rohmanir rohim
  1. Al-Fatehah
  2.  Astaghfirullahal ‘adziim [ innahu kaana ghofar]
  3.  Laa haula wala quwwata illa billahil ‘alliyil ‘adziim
  4.  Laa haula wala malja’a minallahi illa ilaihi
  5.  Allahumma sholi wasallim ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘ala aali sayyidinaa Muhammadin
  6.  Yaa Allaahu Yaa Qoodiim
  7.  Yaa samii’u yaa bashiiru
  8.  Yaa mubdi’u yaa khooliqu
  9.  Yaa khafiidz yaa nashiiru yaa wakiilu yaa Allah
  10.  Yaa hayyu yaa Qoyyumu birohmatika astaghiitsu
  11.  Yaa lathiifu
  12.  Yaa rohmaan yaa yaa rokhiim
  13.  Astaghfirullahal ‘adziim  innahu kaana ghofar
  14.  Allahumma sholli ‘ala sayyidinaa muhammadin Qod dhoqot khiilati adriknii yaa rosuulalloh
  15.  Sholawat nariyyah
  16.  Sholawat munjiayaat
  17.  Yaa badii’u
  18.  Yaasin fadhilah
  19.  Allahu Akbar 3x yaa robbanaa wa ilahanaa wasayyidinaa anta maulana fansurnaa ‘alalqaumil kaafiriina
  20.  Khasshontukum bihayyil qoyyumil ladzi laa yamuutu abadan wadafa’tu  ‘ankumussuu’a bi alfin alfin laa haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim
  21.  Alhamdulillahil ladzii an’ama ‘alainaa wahadaanaa ‘ala diinil islam
  22.  Bismillahi maasya allahu laa yasuuqul khoiro illallah, Bismillahi maasya allahu laa yasrifus suu’a illallah, Bismillahi maasya allahu maa kaana min ni’matin faminallah, Bismillahi maasya allahu Laa haula wala quwwata illa billahil ‘alliyil ‘adziim
  23.  Sa’altuka yaaghoffaaru ‘afwaan wataubatan wabil qohri yaa qohhaar khudz mann tahayyalaa
  24.  Wa ‘aththif quluubal ‘alamiina biasrihaa, ‘alayya wa albisnii qobuulan bisalmahat, narudu bikal ‘adaa ‘aminkulli wijhatin, wabil ‘ismi narmiihim minal bu’di bisysyatat
  25.  Maasyaa Allaah
  26.  Yaa jabbaru ya qohhaaru yaa dzalbathsyisysyadiidz khud khaqqona wa khaqqol muslimiina mimman zholamana wal muslimiina wata’adda ‘alainaa wa ‘alal muslimiin
  27.  Sayyidul istighfaar

5.TAWASUL

TAWASUL
• ILA HADHROTIN NABIYYL MUASHTHOFA MUHAMMAD SAW WA ASHHAABIHI AL FATEHAH
• TSUMMA ILA ARWAAHI ABAA’IHI WA IKHWANIHI MINL ‘AMBIYAA’I WAL MURSALIIN WA ILALMALAIKATIL MUQORROBIINA WAL KARUUBIYIINA WASY SYUHADA’I WASHSHOLIHIINA WA AALI KULLIN WA ASHHABI KULLIN WA ILA ARWAAHI ABIINAA SAYYIDINAA AADAM WA UMMINAA SAYYIDATINAA HAUWA WAMA TANASALA BAINAHUMAA ILA YAUMIDDIIN AL FATEHAH
• TSUMMA ILA ARWAAHI SAADAATINAA WAMAWALINAA WA’AIMMATINAA ABII BAKAR WA ‘UMAR WA ‘UTSMAAN WA ALI WA ILA ARWAAHI BAQIYYATIS SHOHABAATI WALQOROOBATI WATTABI’IINA WATAABI’ITTAABI’IINA LAHUM BI IHSAANI ILA YAUMDDIIN AL FATEHAH
• TSUMMA ILA ARWAAHIL AIMMATIL MUJTAHIDIINA WA MUQOLLIDIIHIM FIDDIINI TSUMMA ILA ARWAAHIL ‘ULAMAAIRROOSSIDIINA WALQURROOIL MUHLISIINA WA AIMMATIL HADIIST WALMUFASSIRIINA WASAA IRISSAADATINAAS SUFIYYATIL MUHAQQIQIINA WA ILA ARWAAHI KULLI WALIYYI MIN MASYAARIL ARDHI ILA MAGHOORIBIHAA WA MIN YAMIINIHAA ILA SYIMAALIHA SYAIUL LILLAHI LAHUMUL FATEHAH
• TSUMMA ILA ARWAAHI MASYAAYIKHIL QOODIRIYYATI WANNAQSYABANDIYYAH WA JAMII’I AHLI THORIQOH KHUSUSHON SULTHOONIL ‘AULIYAA’I SAYYIDINAA SYEKH ABDUL QODIR JAELANII WA SAYYIDINAA THOOIFATIS SUFFIYYATI ABIIL QOOSIM JUNAIDI AL BAGHDAADIYYI WA SAYYIDIS SIRRI SAQOTHI WA SAYYIDIS SYEKH MA’RUUFI AL KURKHII WA SAYYIDIS HABIIBUL AJAMIYYI WA SAYYIDIS SYEKH KHASAN BASHRIYYI WA SAYYIDIS SYEKH IMAM JA’FAR SHODIQ WA SAYYIDIS ABII YAZIID AL BASTHOMII WA SAYYIDIS SYEKH YUSUF AL HAMDAANIYYI WA SAYYIDIS SYEKH MUHAMMAD BAHAA’UDDIN ANNAQSYABANDIY WA ILA HADHOROTI IMAM ROBBAANI WA USHUULIHIM WA FURUU’IHIM WA AHLI SILSILATIHIM WAL AKHIDZIINA SYAIULLILLAHIL LAHUMUL FATEHAH
• TSUMMA ILA ARWAAHI WAALIDINA WAWALIDIKUM WAMASYAYIKHINA WA AMWATINA WA AMWATIKUM WALIMAN AHSANA ILAINA WALIMANLAHU HAQQUN ‘ALAINA WALIMAN AUSHONA WAQOLLADANA ‘INDAKA BIDU’AIL KHOIRI SYAIULLILLAHI LAHUMUL FATEHAH
• TSUMMA ILA ARWAAHI JAMII’IL MU’MIININ WAL MU’MINATI WAL MUSLIMIINA WAL MUSLIMAATI AL AHYAAI MINHUM WAL AMWAATI MIN MASYAARIQIL ARDHI ILA MAGHORIBIHAA WA MIN YAMIINIHAA ILA SYIMAALIHAA WAMIN QOOFIN ILA QOOFIN ADAMA ILA YAUMIL QIYAMAH SYAIULILLAHIL LAHUMUL FATEHAH
• KHUSUSHON ILA …… (MURSYID KITA)…. ALFATEHAH

Latihan Rohani


LATIHAN ROHANI DAN TINGKAT-TINGKAT YANG HARUS DI LALUI

TAKHALIMembersihkan diri dari sifat-sifat tercela atau kotoran hati, Allah Swt berfirman:
Artinya:” Sesungguhnya berbahagialah orang yang mensucikan jiwanya, sungguh
merugilah orang yang mengotori jiwanya” (Q.s. as-Syamsi: 9-10)
Sifat-sifat yang mengotori jiwa atau hati manusia adalah:
Hasad – iri hati
Haqad — dengki / benci
Suu’zan – buruk sangka
Kibir – sombong
Ujub – merasa sempurna dari orang lain
Riya’ – memamerkan kelebihan
Suma’ – mencari nama / kehormatan
Bukhul – kikir
Hubbul mal – kebendaan
Tafahur – membanggakan diri
Ghadab – pemarah
Ghibah – mengumpat
Namimah – bicara di belakang orang
Kizib – dusta
Khianat – munafik
Serta membersihkan diri dari segala maksiat lahir, yaitu:
  1. Mulut yang biasa ghibah / dusta.
  2. Mata yang biasa melihat yang haram.
  3. Telinga yang biasa mendengar omong kosong.
  4. Hidung yang biasa menimbulkan rasa benci.
  5. Tangan yang biasa merusak.
  6. Kaki yang biasa berjalan berbuat maksiat.
  7. Kemaluan yang biasa bersyahwat / berzina (termasuk perut yang di isi makanan haram.

Cara membersihkan diri/jiwa atau hati

Tersingkapnya tabir atau hijab yang membatasi diri dengan Tuhan ialah suci bersih diri / jiwa dari segala kotoran-kotoran maksiat lahir dan bathin.
Menurut ahli thoriqot ada empat hijab yang membatasi diri dengan Tuhan. Dan untuk membukanya harus di tempuh atas empat tingkat:
  1. Suci dari najis dan hadast.
  2. Mensucikan diri dari dosa lahir, yang ada 7 anggota badan pembuat dosa lahir yang disebut maksiat.
  3. Mensucikan diri dari dosa bathin.
  4. Mensucikan hati Robbaniyah.
Ada tujuh pembuat dosa bathin yang di namakan tujuh lathaif
  1. 1. Latifatul-qolby
Di sini letaknya sifat-sifat syetan, iblis, kekufuran, kemusyrikan, ketahayulan dan lain-lain, letaknya dua jari dibawah susu sebelah kiri, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya, Insya Allah pada tingkat ini diganti dengan Iman, Islam, Ihsan, Tauhid dan Ma’rifat.
  1. 2. Latifatul-roh
Di sini letaknya sifat bahimiyah (binatang jinak) menuruti hawa nafsu, , letaknya dua jari dibawah susu sebelah kanan, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah di isi dengan khusyu’ dan tawadhu’.
  1. 3. Latifatus-sirri
Di sini letaknya sifat-sifat syabiyah (binatang buas) yaitu sifat zalim atau aniaya, pemarah dan pendendam, , letaknya dua jari diatas susu sebelah kiri, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat kasih sayang dan ramah tamah.
  1. 4. Latifatul-khafi
Di sini letaknya sifat-sifat pendengki, khianat dan sifat-sifat syaitoniyah, , letaknya dua jari diatas susu sebelah kanan, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat syukur dan sabar.
  1. 5. Latifatul-akhfa
Di sini letaknya sifat-sifat robbaniyah yaitu riya’, takabbur, ujub, suma’ dan lain-lain, , letaknya ditengah-tengah dada, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat ikhlas, khusyu’, tadarru dan tafakur.
  1. 6. Latifatun-nafsun-natiqo
Di sini letaknya sifat-sifat nafsu amarrah banyak khayalan dan panjang angan-angan, , letaknya tepat diantara dua kening, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat tenteram dan pikiran tenang.
  1. 7. Latifah kullu-jasad
Di sini letaknya sifat-sifat jahil “ghaflah” kebendaan dan kelalaian, , letaknya diseluruh tubuh mengendarai semua aliran darah kita yang letak titik pusatnya di tepat ditengah-tengah ubun-ubun kepala kita, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat ilmu dan amal.
Mensucikan hati Robbaniyah
Yang di maksud lathiful-Qolby disini bukanlah jantung jasmani akan tetapi “Lathifatur-Robbaniyah” adalah roh suci yang paling halus dialah yang memerintah dan mengatur anggota badan, induk dari lathifah-lathifah lain, dialah hakekat diri yang sebenarnya diri yang dapat  mendekati Tuhan. Pada lathifah inilah tempatnya penilikkan Tuhan kepada diri manusia, oleh karena itu pengenalan diri sendiri akan menjadi kuncinya mengenal Tuhan.
TAHALLI
Menghiasi atau mengisi diri dengan sifat terpuji yang dapat menyinari hati, Allah Swt berfirman dalam Q.s. an-Nahl:90 ;
“Bahwa sesungguhnya Allah memerintahkan untuk berlaku adil berbuat kebaikan, hidup kekeluargaan dan melarang kekejian, kemungkaran dan permusuhan. Bahwa Tuhan mengajarkan kepada kamu sekalian (pokok-pokok Akhlak) agar kamu sekalian menjadi perhatian”.
Sifat yang menyinari jiwa atau hati oleh kaum sufi di namakan sifat-sifat yang terpuji. Menurut Imam Ghozali dalam kitabnya “Arba’in fi Ushuli-Din” maka sifat-sifat yang terpuji itu antara lain ialah;
v  Taubat – menyesali diri dari perbuatan yang tercela
v  Khauf/Taqwa – perasaan takut pada Allah
v  Ikhlas – niat dan amal yang tulus atau suci
v  Syukur – rasa terima-kasih
v  Zuhud – hidup sederhana
v  Sabar – tahan dari segala cobaan
v  Ridho – bersenang diri menerima takdir Tuhan
v  Tawakkal – menggantungkan atau menyerahkan segala urusan pada Allah
v  Mahabbah – perasaan cinta pada Allah semata-mata
v  Dzikrul-maut – selalu mengingat mati.

3.MURSYID

SYECH ATAU GURU [MURSID]

Syech atau guru mempunyai kedudukan yang penting dalam thareqat, ia tidak saja merupakan seorang pemimpin yang mengawasi murid-muridnya dalam kehidupan lahir dan pergaulan sehari-hari, agar tidak menyimpang dari ajaran Islam dan terjerumus dalam maksiat, berbuat dosa besar atau dosa kecil, yang harus segera ditegurnya, tetapi ia merupakan pemimpin kerokhanian yang tinggi sekali kedudukannya dalam thareqat itu. Ia merupakan penuntun yang akan membawa murid-muridnya kepada tujuan thareqat, ia merupakan penghubung dalam ibadah antara murid dan Tuhan. Demikian keyakinan yang terdapat dalam kalangan ahli-ahli thareqat itu. Oleh karena itu jabatan ini tidaklah dapat dipangku oleh sembarang orang, meskipun ia mempunyai lengkap pengetahuan suatu thareqat, tetapi yang terpenting adalah harus mempunyai kebersihan rokhani dan kehidupan batin yang murni. Bermacam-macam nama yang tinggi diberikan kepadanya menurut kedudukannya, misalnya Nussak, orang yang mengerjakan segala amal dan perintah agama. Ubbad, orang yang ahli dan ikhlas mengerjakan segala ibadah, mursyid, orang yang mengajar dan memberi contoh kepada murid-muridnya, imam, pemimpin tidak saja dalam segala ibadah tetapi dalam suatu aliran keyakinan, syech, kepala dari kumpulan thareqat dan kadang-kadang dinamakan dengan nama kehormatan sadah, yang artinya penghulu atau orang yang dihormati dan diberi kekuasaan penuh.
Menurut kitab “Tanwirul Qulub fi Mu’amallati ‘ilmill Ghuyub” (Mesir 1343H) yang dikarang oleh penganut thareqat Naqshabandiyah Syech Muhammad Amin al Qurdi, dari Mazab Syafi’i, yang dinamakan syech itu ialah orang yang sudah mencapai maqam Rijalul Kamal, seorang yang sudah sempurnya suluknya dalam ilmu syari’at dan hakikat, menurut Qur’an, sunnah dan ijma, dan yang demikian itu baru terjadi sesudah sempurna pengajarannya dari seorang mursyid, yang sudah sampai kepada maqam yang tinggi itu, dari tingkat ke tingkat hingga kepada nabi kita Muhammad saw dan kepada Allah Swt., dengan melakukan kesungguhan, ikatan-ikatan janji dan wasiat, dan memperoleh ijin dan ijazah, untuk menyampaikan ajaran-ajaran suluk itu kepada orang lain. Jadi seorang syech yang diakui itu sebenarnya tidak boleh dari seorang yang jahil, yang ingin menduduki tempat itu karena dorongan nafsunya belaka. Maka syech yang arif yang mempunyai sifat-sifat dan kesanggupan-kesanggupan seperti yang disebutkan itu itulah yang dibolehkan memimpin suatu thareqat. Syech yang merupakan penghubung dan wasilah antara murid-murid dan Tuhannya merupakan pintu yang harus dilalui murid menuju Tuhannya. Seorang syech yang belum mempunyai mursyid kata Al Kurdi, maka mursyidnya itu ialah syetan, ia tidak boleh memimpin suatu gerakan batin tidak boleh tampil ke muka dan memberi petunjuk-pentujuk kepada muridnya, irsyad kecuali sesudah memperoleh pendidikan yang sempurna dan mendapat ijin atau ijazah adari gurunya yang berhak dan mempunyai silsilah pendidikannya yang benar. Berkata imam Ar Rozi, bahwa seorang syech tidak berijazah dalam pengajarannya akan lebih merusakkan daripada memperbaiki dan dosanya sama dengan dosa seorang perampok, karena ia menceraikan murid-murid yang benar dengan pemimpin-pemimpinnya yang arif.
Pengikut suatu thareqat dinamakan murid, yaitu orang yang menghendaki pengetahuan dan petunjuk dalam segala amal ibadahnya. Murid-murid itu terdiri dari pada laki-laki dan perempuan, baik belum dewasa maupun sudah lanjut umurnya. Murid-murid itu tidak hanya berkewajiban mempelajari segala sesuatu yang diajarkan atau melakukan segala sesuau yang dilatihkan guru kepadanya, yang berasal dari pada ajaran-ajaran thareqat, tetapi harus patuh kepada beberapa adab yang akhlak, dan ditentukan untuknya, baik terhadap syechnya, terhadap dirinya sendiri, maupun terhadap dirinya dan saudara-saudaranya sethareqat serta orang-orang Islam yang lain. Segala sesuatu yang bertali dengan itu diperhatikan sungguh-sungguh oleh mursyid suatu thareqat, karena kepada kepribadian murid-murid itulah tergantung yang terutama berhasil atau tidaknya perjalanan suluk thareqat yang ditempuhnya, pelajaran-pelajaran sufi dan latihan-latihan thareqat akan berkurang faedahnya, jika pelajaran dan latihan itu tidak berbekas kepada perubahan akhlak dan budi pekerti murid itu.

Adab murid terhadap gurunya

Adab murid yang harus diperhatikan terhadap gurunya sebenarnya banyak sekali, tetapi yang terutama dan yang terpenting ialah bahwa seorang murid tidak boleh sekali-kali menentang gurunya, sebaliknya harus membesarnya kedudukan gurunya itu lahir dan batin. Ia tidak boleh meremehkan, apabila mencemoohkan, mengecam gurunya didepan dan di belakang. Salah satu yang harus ia yakini ialah bahwa maksudnya itu hanya akan tercapai karena didikan dan asuhan gurunya, oleh karena itu jika pandangan terpengaruh oleh pendapat guru-guru lain, maka yang demikian itu akan menjauhkan dia dari mursyidnya, dan akan tidaklah terlimpah atasnya percikan cahaya. Maka harus memperhatikan dengan sungguh-sungguh hal tersebut dibawah ini:
  1.  
    1. Pertama-tama harus menyerahkan diri dan tunduk dengan sepenuh-penuhnya kepada gurunya, rela ia dengan segala apa yang diperbuat oleh gurunya itu, yang dikhidmatinya dengan harta benda dan jiwa raganya, dengan jalan demikian barulah terlahir iradah yang murni, dan muhibah, yang merupakan penggerak dalam usahanya, merupakan kebenaran dan keikhlasan yang tidak dapat dicapai kecuali dengan jalan demikian.
    2. Tidak boleh sekali-kali seorang murid menentang atau menolak apa yang dikerjakan gurunya, meskipun pekerjaan itu pada lahirnya kelihatan termasuk haram. Ia tidak boleh bertanya apa sebab gurunya berbuat demikian, tidak boleh tergores dalam hatinya mengapa pekerjaannya belum jaya. Barang siapa yang ingin memperoleh ajaran dari gurunya dengan sempurna, ia tidak menolak suatu apapun juga dari padanya. Dari seorang guru kadang-kadang kelihatan lukisan yang tercela pada lahirnya tetapi kemudian kelihatan terpuji dalam batinnya, seperti yang terjadi dengan Nabi Musa terhadap Nabi Khaidir. Seorang sufi melukiskan kewajiban murid terhadap syechnya dalam sajak sebagai berikut:
Engkau laksana mayat terlentang,
Di di depan gurumu terletak membentang
Di cuci dibalik laksana batang
Janganlah engkau berani menentang
Perintahnya jangan kau elakkan
Meskipun haram seakan-akan
Tunduk dan taat diperintahkan
Engkau pasti ia cintakan
Biarkan semua perbuatannya
Meskipun berlainan dengan syara’-nya
Kebenaran nanti akan nyatanya
Bagimu akan jelas rahasianya
Ingatlah cerita Khidir dan Musa
Tentang pembunuhan anak desa
Musa seakan putus asa
Pada akhirnya ia terasa
Pada akhirnya jelaslah sudah
Tampak padanya secara mudah
Kekuasaan Allah tidak tertadah
Ilmunya luas tidak termadah
  1.  
    1. Seorang murid tidak boleh mempunyai maksud berkumpul dengan syechnya untuk tujuan dunia dan akherat, dengan tidak menegaskan dan menandaskan kehendak kesatuan yang sebenar-benarnya, baik mengenai ikhwal, maqam, fana, maupun baqa’ dalam keesaan Tuhan. Karena jika tidak demikian itu maka ia merupakan seorang murid yang hanya menuntut kesempurnaan dirinya dan ikhwalnya sendiri.
    2. Seorang murid tidak boleh melepaskan ikhtiarnya sendiri dan ikhtiar syechnya dalam segala pekerjaan, baik merupakan keseluruhan atau bagian-bagian ibadah dan adat kebiasaan. Setengah dari tanda seorang murid yang benar, bahwa ia begitu taat kepada syechnya, sehingga kalau syech memerintah ia masuk ke dalam nyalanya api, ia mesti memasukinya, jika ia masuk tidak terbakar, benarlah ia, jika terbakar ia pasti dusta.
    3. Murid tidak boleh mempergunjingkan sekali-kali keadaan syechnya, karena yang demikian itu merupakan pokok kebiasaan yang biasanya banyak terjadi. Sebaiknya ia harus berbaik sangka kepada gurunya dalam setiap keadaan.
    4. Begitu juga murid harus memelihara syechnya pada waktu ia tidak ada, sebagaimana ia memelihara guru itu pada waktu ia hadir besama-sama, dengan demikian ia selalu mengingat syechnya pada tiap keadaan, baik dalam perjalanan maupun tidak dalam perjalanan, agar ia beroleh berkahnya.
    5. Seorang murid harus menganggap tiap berkah yang diperolehnya, baik berkah dunia maupun akherat, disebabkan oleh berkah syechnya itu.
    6. Ia tidak boleh menyembunyikan kepada gurunya sesuatu yang terjadi pada dirinya sendiri mengenai ikhwal, kekhawatiran, kejadian-kejadian yang menimpa atas dirinya, segala macam kasyaf dan keramat, yang dianugerahi Allah sewaktu-waktu kepadanya semua itu diceritakan dengan terus terang kepada gurunya itu.
    7. Meskipun demikian tidak boleh seorang murid menafsirkan sendiri segala kejadian itu, dalam mimpinya dan segala kasyaf yang terbuka kepadanya, apalagi memegangnya dengan keyakinan, sebaliknya ia kemukakan semua kepada syechnya itu sambil menantikan jawabannya dengan tidak usah menagih jawaban itu secara mendesak. Jika ada seorang syech lain bertanya kepada seorang murid tentang suatu masalah janganlah menjawab dengan segera masalah itu di depan gurunya.
    8. Tidak boleh menyiarkan rahasia-rahasia gurunya atau mengadakan siaran-siaran yang lain tentang gurunya itu.
    9. Tidak boleh mengawini seorang wanita yang kelihatan disukai oleh syechnya hendak dinikahinya, begitu juga tidak boleh kawin dengan seorang perempuan bekas isteri gurunya, baik yang ditinggalkan cerai maupun ditinggal mati.
    10. Seorang murid tidak boleh hanya mengeluarkan nasehat atau pandangan kepada gurunya, jika gurunya mempercakapkan suatu pekerjaan yang hendak dikerjakan. Begitu juga tidak boleh meninggalkan pekerjaan yang sedang dihadapi gurunya itu. Sebaliknya ia menyerahkan seluruh pikiran kepada gurunya dan menganggap bahwa gurunya itu meminta nasehat kepadanya hanya ditimbulkan oleh kecintaan semata-mata.
    11. Apabila syechnya tidak ada, ia mengunjungi keluarganya dan berbuat baik segala khidmad karena pekerjaan itu akan mengikat hati gurunya.
    12. Apabila seorang murid memandang dirinya dengan penuh ujub karena amal-amalannya atau memandang telah meningkat lebih baik dalam ikhwalnya, maka segera hal itu diadukan kepada gurunya, agar guru itu memberikan petunjuk, bagaimana mengobati penyakitnya itu. Jika didiamkan perasaan itu nanti pasti akan tumbuh menjadi riya’ dan munafik dalam hatinya.
    13. Murid tidak boleh memberikan atau menjual kepada orang lain apa yang dihadiahkan oleh gurunya, meskipun gurunya itu mengijinkan menyerahkan pemberian tiu kepada orang lain. Karena di dalam pemberian guru itu tersembunyi sirr kefakiran yang dicari-cari dan yang akan mendekatkan ia kepada Allah.
    14. Diantara adab-adab murid juga dalam thareqat dan yang dianggap ikhwalnya terbaik ialah bahwa ia memberikan harta bendanya sebagai sedekah atas permintaan syechnya, karena menurut ajaran bahwa sorang murid dianggap sudah sempurna taat kepada syechnya, yang kemudian dapat membawa dia kepada Tuhannya. Jika ia berbuat yang demikian itu dengan lain perkataan mengorbankan untuk sedekah apa yang dicintainya.
    15. Murid yang baik tidaklah menganggap ada suatu kekurangan pada syechnya, meskipun ia melihat kekurangan itu terjadi dalam kehidupannya seperti banyak tidur pada malam hari, kurang wara’ dan lain-lain. Karena kekurangan-kekurangan yang demikian itu kadang-kadang memang ditafsirkan Allah kepada wali-walinya dalam kelupaan dan kealpaan yang tidak terdapat tatkala mereka sadar. Dan apabila ia sadar sekalian itu akan dipenuhinya kembali.
    16. Harus diingat seorang murid itu tidak boleh memperbanyak bicara didepan syechnya harus diketahui waktu-waktu berbicara itu, jika ia berbicara hendaklah tegas dengan adab, dengan khuyu’, dengan khudu’, dengan tidak berlebihan dari apa yang perlu. Kemudian ia menanti jawabnya dengan tenang, jika belum puas hendaknya ia bertanya kedua kalinya, sesudah itu terbataslah pertanyaan itu.
    17. Tidak boleh sekali-kali dihadapan guru seorang murid berbicara keras, karena bicara keras itu dihadapan orang-orang besar termasuk laku yang tidak baik.
    18. Ia tidak boleh duduk bersimpuh di depannya, tidak boleh duduk di atas sajadah, tetapi memilih tempat yang dapat menunjukkan laku merendah diri dan mengecilkan dirinya. Seterusnya ia berkhidmad kepada syechnya, kata sufi “khidmad pada suatu bangsa merupakan amal shaleh”.
    19. Cepat kaki ringan tangan mengenai segala apa yang diperintahkan oleh gurunya, tidak istirahat dan berhenti sebelum pekerjaan itu selesai. Lain dari pada yang tersebut diatas itu seorang murid harus mengingat ia menjauhkan diri daripada segala pekerjaan yang dibenci oleh syechnya.
    20. Tidak boleh bergaul dengan orang-orang yang dibenci syechnya tetapi mencintai orang yang dicintainya.
    21. Ia harus sabar jika syechnya belum memenuhi permintaannya dan tidak boleh menggerutu dan memperbandingkan dirinya dengan orang lain dalam pelayanan syechnya.
    22. Tidak boleh duduk pada tempat yang disediakan bagi guru, tidak boleh enggan dan segan-segan terhadap segala pekerjaan, tidak boleh bepergian, tidak boleh kawin, tidak boleh mengerjakan suatu pekerjaan penting kecuali dengan ijinnya.
    23. Tidak boleh menyampaikan kepada orang lain pekerjaan syechnya kecuali yang dapat dipahami mereka itu sekedar kekuatan akalnya.
    24. Dan tidak menyampaikan salamnya melalui orang lain kepada syechnya tetapi jika ada kesempatan menziarahinya sendiri.

Adab Murid Terhadap Dirinya Sendiri

Adab-adab murid yang harus diperhatikan untuk dirinya sendiri dalam kehidupan thareqat banyak sekali, tetapi yang terpenting dan yang paling utama ialah bahwa ia meyakini Allah ta’alla dan mengawasi dia dalam segala tingkah lakunya dalam segala keadaan. Oleh karena itu hendaklah ia selalu ingat kepadanya baik sedang berjalan, baik sedang duduk atau sedang sibuk dengan salah satu pekerjaan karena semua tidak dapat mencegah dia daripada dzikir dan ingat kepada-Nya. Bahkan demikian rupa sehingga nama Tuhan itu mengalir ke seluruh pojok dan liang-liang hatinya. Lain daripada itu, pertama harus meninggalkan semua teman-teman yang jahat dan mencari serta mempergauli orang-orang baik. Nabi Musa memperoleh wahyu dari tuhannya” janganlah kamu bergaul dengan ahli hawa mereka akan memberi bekas pada hatimu yang tidak layak”. Maka karena itu bergaul dengan orang baik memperoleh kebajikan, bergaul dengan orang jahat memperoleh kejahatan. Seorang sufi beryair:
Roh laksana angin lalu
Melalui athar menjadi wangi
Baunya akan harum selalu
Terpengaruh oleh minyak wangi
Jika angin meniupi bangkai
Bau berubah menjadi busuk
Demikianlah roh jika merangkai
Berubah-ubah keluar masuk
Di antara adab juga ialah menjauhkan anak isterinya pada waktu ia berdzikir. Adab kedua, ini sangat penting baginya karena pada waktu ia berdzikir ia haruslah luruh perhatian jiwa dan hatinya ditujukan kepada tuhan semata-mata. Tidak boleh berpaling dan terganggu dengan suasana lain. Memilih tempat yang sempit dan gelap lebih baik daripada tempat yang luas dan terang. Diterangi oleh cahaya matahari atau cahaya lampu pelita. Yang sama dengan cahaya lampu pelita itu ialah anak dan isteri, yang gerak-gerik serta kelakuannya, perkataan dan senda guraunya dapat mengganggu dia dalam perjalanannya dan melemahkan hatinya dari dzikir. Adab ketiga, hendaklah meninggalkan kesenangan hidup yang berlimpah-limpah mengambil sekedar apa yang perlu dari makanan, minuman, pakaian dan hubungan suami-isteri. Ghozalli berkata “ Tuhan menjadikan makanan dan minuman di sunia ini sebab untuk mengusutkan hati, untuk memberatkan semua anggota badan, mengerjakan taat, dan menulikan telinga dari mendengar pelajaran-pelajaran yang baik”. Adab keempat, bahwa ia meninggalkan cinta dunia dan selalu melihat serta memikirkan akherat karena cinta kepada Allah itu tidaklah dapat masuk ke dalam hati seseorang yang mencintai dirinya(menuruti hawa nafsu). Adab kelima, jangan ia tidur dalam keadaan janabah (junub), selalu bersih bahkan lebih baik tidur dalam wudlu. Adab keenam dan ketujuh, jangan menghendaki apa yang ada pada orang lain, dan apabila ia kekuarangna rezeki hendaklah ia sabar dan berkeyakian bahwa dalam perjalanan menemui tuhan tidak membutuhkan kekayaan dan kesenangan dunia. Adab kedelapan, selalu ia memperhitungkan kebaikan dan keburukan dirinya, senantiasa bersungguh-sungguh dalam thareqatnya, jika ia menjumpai kesukaran dan kekurangan ia berkata kepada dirinya “hendaklah engkau sabar, kegembiraan itu ada didepanmu, memang aku menghendaki keletihanmu untuk kesenanganmu nanti di akherat”. Adab kesembilan, hendaklah ia menyedikitkan tidurnya terutama pada waktu sahur dan berdoa serta beramal sebanyak-banyaknya, karena waktu itulah waktu mustajab. Adab kesepuluh dan sebelas, membiasakan dirinya makan yang halal dan membiasakan dirinya makan sedikit, berusaha mengangkat tangan sebelum kenyang, karena yang demikian tiu membuahkan kesungguhan dalam mengerjakan taat dan menghilangkan malas. Adab keduabelas dan tigabelas, memelihara lidah dan matanya, hendaklah dijaga agar lidahnya tidak mengucapkan omong kosong, sambil mengawasi hatinya jangan syaksangka. Barang siapa dapat memelihara lidahnya menetapkan hatinya, akan terbukalah baginya rahasia-rahasia yang pelik. Sesudah itu harus menjaga matanya daripada melihat yang cantik-cantik, karena melihat yang cantik dan molek itu seperti racun yang dapat membunuh atau laksana anak panah yang terlepas dari busurnya., dapat mengenai dan membunuh hatinya. Demikianlah keadaan manusia yang memandang sesuatu dengan keinginan syahwatnya. Junaid berkata “bahwa kegagalan yang acap kali menimpa seorang murid ialah terlalu banyak bicara, terlalu banyak bergaul dengan perempuan, oleh karena itu hendaklah murid selalu bergaul dengan orang-orang baik”, murad, murid-murid yang terpilih terutama dalam khalwatnya. Adab keempatbelas, jangan suka bersenda gurau karena demikian itu dapat mematikan hati dan jiwa dan mengakibatkan kegelapan. Jikalau seorang salik mengetahui betapa kemunduran ikhwalnya karena senda gurau tentu ia tidak akan mengerjakan yang demikian itu. Nabi berpesan, jangan engkau mengganggu dan memperolok-olokkan saudaramu, maka oleh karena itu sebaiknya ditinggalkan senda gurau itu, keculi pada waktu-waktu yang diperlukan ketika bingung dan ketika bersedih hati. Adab kelimabelas, meninggalkan tanya menanya dan perdebatan apalagi pertengkaran tentang pembahasan ilmu, karena yang demikian itu acapkali membawa manusia kepada kealpaan dan kekeruhan. Jikalau suatu perdebatan sudah terjadi, maka segera meminta ampun kepada Allah dan meminta diri kepada mereka yang ingin melakukan perdebatan atau melanjutkan pembahasan itu, segala perdebatan tentang diri orang lain. Adab keenambelas, bersedia diri mendatangi dan mempergauli orang-orang yang sedang bingung dan sempit pikirannya dan mencoba membicarakan adab-adab yang baik yang dapat membukakan jiwanya yang sempit itu. Adab ketujuhbelas, mencintai kedudukan dan pengaruh kebesaran dan kemegahan dapat memutuskan jalan kepada kebenaran. Adab kedelapanbelas, murid-murid hendaklah tawadlu. Adab kesembilanbelas, hendaklah ia selalu takut kepada Tuhan sambil meminta ampun terhadap dosa yang tidak kelihatan dalam ibadahnya maupun dalam dzikirnya. Adab keduapuluh, tidak menerangkan kepada seorangpun juga apa yang dilihatnya dalam mimpi atau dalam jaganya daripada rahasia-rahasia yang diperlihatkan Tuhan kepadanya, kecuali pada gurunya sendiri. Adab keduapuluh satu, hendaklah ia menjaga waktu yang tetap untuk dzikir kepada Tuhannya dengan cara sebagaimana yang ditunjukkan oleh syechnya, tidak ditambah atau dikurangi. Murid itu sendiri hendaklah mencari kelebihan-kelebihan dalam uraian yang lebih panjang. Tetapi meskipun demikian kita dapat meninggalkan beberapa hal yang acapkali terdapat pada murid sufi itu, seperti adab pada waktu mereka menziarahi kuburan orang-orang keramat dan wali-wali.
Dalam kitab-kitab sufi diterangkan bahwa seorang murid hendaknya sering mengunjungi kuburan wali-wali itu untuk mendapat berkah dan mengenangkan ia pada mati. Apabila ia mengunjungi orang keramat itu dan mendapat jiwa kerokhanian yang melimpah kepadanya, maka hendaklah ia memperhatikan beberapa adab, ia memberi salam kepada orang yang meninggal itu, ia berdiri disebelah kakinya pihak kanan, ia menghadap kiblat, ia melatakkan kanan di atas tangan kirinya di atas pusatnya, dan dengan membungkuk sedikit, ia membaca Fathehah 1x, Surat Ikhlas 11x, ayat Khursy 1x yang semua pahalanya diniatkan untuk orang yang sudah wafat itu, baik gurunya maupun orang alim yang lain. Kemudian perlahan-lahan ia duduk dekat kuburan itu dan melepaskan semua pikiran yang mengikat dia selain daripada menunjukkan pada yang mati itu. Ia bersabar, ia menggambarkan cahaya rokhani orang yang mati itu, sekan akan dapat dirasakan dan dipindahkan ke dalam hatinya, kenangkan seluruh hal ikhwal khowas yang pada orang itu.
Dalam kitab Tanwirul Qulub, dijelaskan bahwa orang umum diperkenankan melakukan suatu yang berlebih-lebihan dan tabut pada kuburan wali jika mereka menghendaki tabaruq dan mengi’tikadkan bahwa yang memberi bekas pada hakekat yang sebenarnya hanya Allah. Mereka memperbuat sesuatu hanya karena cinta kepada orang yang dicintai Allah.

Adab Murid Terhadap Orang-Orang Islam Lain

Dalam ajaran sufi, hubungan antara seorang murid dengan orang lain lebih kuat daripada ukhuwah biasa antara seorang Islam dengan orang Islam lain. Diajarkan bahwa ikatan antara kedua sahabat atau lebih itu seperti ikatan akad nikah antara suami-isteri, senasib seperjuangan, cinta mencintai, ditunjukkanya kepada ucapan Rasullullah yang berbunyi “perumpamaan dua orang saudara adalah seperti dua tangan yang cuci mencuci dan bersih membersihkan antara satu sama lain. Katanya pula “orang mukmin terhadap mukmin seperti tembok batu bata mengikat satu sama lain”, katanya pula “tiap persahabatan antara teman dengan teman lain meskipun sesaat dari sehari cukup kalau ia bertanya kalau ia bertanya kepada temannya itu, apakah ia sudah menunaikan apa yang perintahkan Allah kepadanya ?
Lalu disebutkan dalam kitab-kitab suci beberapa adab antara murid dengan teman sahabatnya, begitu juga dengan orang Islam lain. Diantaranya ia mengakui sesuatu persahabatan yang meletakkan kepadanya beberapa kewajiban yaitu ia mencintai sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Tidak melebihkan dirinya terhadap sahabatnya itu, ia memberi salam, ia berjabat tangan, ia mengeluarkan tutur kata yang baik, sesuai dengan ajaran Nabi. Ia tidak melepaskan sahabatnya itu sebelum ia meminta maaf, ia bergaul dengan kelakuan yang baik, ia berbuat sesuatu terhadapnya dengan penuh kecintaan dan lemah lembut. Umumnya ia memperlihatkan akhlak-akhlak Nabi yang dibiasakan pada dirinya. Junaid berkata “bahwa ada empat perkara yang dapat mengangkat seorang sufi meskipun kurang ilmu dan amalnya, yaitu penyantun dan sabar, merendahkan diri, bermurah tangan, dan berbaik budi”. Imam Syafi’i berkata “merendahkan diri itu adalah akhlak yang mulia, sedangkan takabur atau membesarkan diri adalah akhlak yang tercela”. Diantaranya ialah rela hati terhadap teman, meskipun mereka lebih tinggi kedudukannya dan lebih baik nasibnya daripada murid itu. Diantaranya juga bertolong-tolongan dalam perkara kebajikan dan taqwa. Memberi petunjuk kepada yang benar, mencegah kejahatan, tidak membuka malu dan kesalahan temannya. Seorang murid bertanya kepada gurunya Ibrahim bin Adham tatkala hendak berkisah katanya ”wahai penghuluku tidakkah baik tuan hamba menunjukkan keslahan-kesalahan atau aib yang ada pada diri hamba sekarang ini. Jawab Ibrahim “wahai saudaraku aku tidak melihat suatu keabian pada dirimu karena aku melihat engkau dengan mata yang penuh cinta, tanyakanlah keaibanmu itu kepada orang lain.”
Di antara yang perlu diperhatikan murid ialah berbaik sangka kepada temannya. Jika hendak menerangkan sesuatu kekurangan, maka dimisalkan kekurangan itu terhadap pada dirinya sendiri, agar diambil ibarat oleh temannya itu. Begitu juga seorang murid harus menerima alasan, jujur, yang dikemukakan oleh temannya, meskipun ia tahu ia berdusta.  Ketahuilah, kata sufi, bahwa jika ia rela kepadamu secara lahir pasti akan menyusul ia rela kepadamu secara batin.
Di antara yang banyak itu pula ialah memenuhi janji-janji yang diperbuatnya mengenai pertolongan dan pemberian, tidak lekas marah jika sesuatu janjinya dibangkitkan orang. Selanjutnya mengunjunginya pada waktu susah dan waktu sakit. Membacakan doa wirid-wirid yang baik dan lain sebagainya, yang tidak terhingga banyaknya. Dalam ucapan nabi “barang siapa tidak menyayangi manusia pasti ia tidak disayangi Tuhan.

Tentang Perbedaan Murid dan Murad

Sebagaimana guru mempunyai derajad yang bertingkat, muridpun dibicarakan orang dalam derajad yang bertingkat pula. Maka kita dengarlah dalam pandangan sufi orang yang mempergunakan kata-kata murid dan murad dalam karangan Al Harawi yang bernama Manazillus Sya’irin (Mesir 1331H) yang diperluas pembicaraannya oleh Ibn Qayyim Al Jauziah dalam kitabnya Madarijus Salikin (Mesir 1331H) sebuah kitab tasawuf dan thareqat yang dapat diterima oleh ahli sunnah.
Kata Al Harawi bahwa banyak sekali antara tingkat permulaan bidayat dan kesudahan nihayat antara hamba dan haq beribu-ribu, maqam yang tersusun dari nuur dan zulumat, cahaya dan kegelapan. Abu Ubaidillah al Busri mengatakan bahwa bagi Tuhan dan hambanya yang kepadanya diperlihatkan sudah pada permulaan apa yang akan dicapai pada kesudahannya. Al Junaid mengatakan bahwa hamba itu diangkat Tuhan dari suatu hal keadaan kepada hak keadaan yang lebih tinggi, dari hal keadan yang telah sudah ada tinggal sesuatu yang akan disempurnakan pada hal yang kedua. Tetapi Al Harawi tidak menerima faham dan maqam hal yang bertingkat-tingkat itu. Meskipun ia membenarkan bahwa semua ulama tasawuf telah sepaham atas pendirian, bahwa kesudahan nihayat tidak akan baik kalau permulaannya nihayat tidak baik. Sebagaimana suatu bangunan tidak akan kokoh jika tidak didirikan atas dasar-dasar yang baik.
Permulaan baik itu dapat dicapai dengan sungguh-sungguh mengerjakan suruhan amar Tuhan dengan ikhlas yang musahadah dan mengikuti sunnah serta menjauhi diri, nahi, dari larangan Tuhan dengan ketakutan menjaga segala yang haram tidak bosan-bosan memberi nasehat, tidak melakukan sesuatu yang menyakiti, menjauhkan diri dari pergaulan yang hanya merusakkan waktu dan pekerjaan-poekerjaan yang hanya membuat hati bimbang.
Menurut Al Harawi manusia yang dapat menjalankan hal-hal tersebut, tergolong dalam tiga bagian. Pertama, orang yang beramal antara khauf dan raja’ , didorong oleh rasa cinta dan malu kepada Tuhannya. Golongan ini dinamakan murid. Kedua, orang yang berjuang dari lembah perpisahan tasyrik, beralih ke lembah penggabungan, jama’ yang dinamakan murad. Ketiga, ialah manusia yang tidak termasuk ke dalam kedua golongan tersebut, yang kita namakan manusia tersia-sia.
Selanjutnya Al Harawi membagi maqam-maqam itu ke dalam tiga tingkat. Tingkat pertama ialah membulatkan tekad dalam perjalanan siir. Tingkat kedua, memasuki lapangan pengembaraan ghurbah. Tingkat tiga, memperoleh musahadah yang jazb ke arah ‘ainut tauhid dengan jalan fana.
Untuk tingkat pertama dikemukakan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Nabi pernah berkata “siru sabaqal mufarridun” mengembaralah sebagai yang pernah dikerjakan oleh mufarridun. Tak kala orang bertanya apa arti mufarridun, Rasullullah menjawab bahwa mufarridun itu ialah muhtarun, orang-orang yang mabuk mengingat Tuhan yang menggemari dzikir bagaimanapun beratnya, dan orang-orang itu akan menghadapi kiamat dengan segala keringanan.
Tingkat kedua didasarkan atas dua hadist yang diriwayatkan berturut-turut oleh Al Junaid, as sirri, ma’ruf al kharakhi, Jafar, ayahnya, neneknya, Ali Bin Abi Thalib bahwa nabi telah berkata “Thalbul Haqqi rughbatun” mencari haq itu artinya pengembaraan.
Tingkat ketiga, didasarkan atas dua hadist yang terkenal diriwayatkan oleh Umr bin Khatab bahwa Nabi atas pertanyaan Jibril “ apakah yang dinamakan ihsan itu”, pernah menjawab “engkau menyembah Allah seakan-akan engkau melihatnya dan jika engkau tidak melihatnya niscaya Ia melihat engkau”. Al Harawi membuat dididikan sufi dengan seratus maqam. Terbagi atas 10 bagian hidayah, bagian sifat, bagian mu’amalat, bagian akhlak, bagian ushul, bagian adawiyat, bagian ikhwal, bagian wilayat (wali-wali), bagian haqqiqat dan bagian nihayat.