Laman

Rabu, 21 September 2011

Macam-Macam Kayu dan Khasiatnya & Sastro Jendro


Kayu dan Khasiatnya
Kayu Timaha yang berkhasiat adalah yang mengandung pelet.
Kayu Timaha merupakan kayu yang paling digemari dikalangan pecinta keris, terutama untuk bahan warangka keris dikalangan pecinta keris Yogyakarta, Madura dan Bali. Pohonnya bisa mencapai ketinggian 25m memiliki nama ilmiah Kleinhovia hospita ini mempunyai beberapa nama berbeda disetiap tempat, di Jawa Tengah bagian utara disebut kayu Kalomang, di Madiun disebut Kalomang, kadang disebut Timongo, di Bali disebut Purnama Sadha atau Timahan, orang Jawa Barat menyebutnya kayu Tengkele atau Tangkolo, di Sumbawa namanya kayu Barora sedang di Sumba disebut kayu Mundung
Pohon ini merupakan tumbuhan tropis yang banyak dijumpai diseluruh penjuru tanah air dan cara tumbunyapun sangat mudah yaitu cukup di stek batangnya saja..
Beberapa contoh Pelet yang timbul dari pohon Timaha :

1. PELET KENDHIT, pelet yang melingkar pada kayu dengan warna yang lebih gelap dari
kayu asalnya dan kelihatan mengkilap seperti bara api. Pelet jenis iniberkhasiat membawa kebahagiaan, kemudahan, kekayaan dan melindungi diri dari bahaya dan penyakit bagi pemiliknya.

2. PELET TULAK, membentuk garis tebal dari atas kebawah dengan warna yang menkilap hitam/coklat tua dan gambar yang ditengah lebih menyala dari gambar yang lain,
khasiatnya melindungi pemilik dari senjata tajam.

3. PELET PUDHAK SINUMPET, menyerupai pelet tulak hanya tidak mempunyai gambaran hitam, khasiatnya seperti pelet tulak.

4. PELET PULAS KEMBANG, pelet yang menyerupai awan ber-arak dan berkhasiat menolak
bahaya dilaut dan sebagai penolak binatang buas disungai (buaya, ular dll).

5. PELET DHORENG, gambarnya seperti loreng harimau, berkhasiat pemiliknya menjadi
angker/tegar dan disegani. Banyak dicari dengan harga cukup tinggi.

6. PELET NGAMAL, pelet dengan bentuk bintik-bintik besar (ceplok) dengan jarak sedikit jarang satu sama lain. Khasiatnya memberikan kepuasan hidup dan selalu gembira. Pelet ini sedikit memilih dan hanya pejabat yang memakainya.

7. PELET PULAS GROBOH, gambarnya bintik-bintik besar dan kecil. Khasiatnya hampir sama dengan pelet ngamal hanya tidak pemilih.

8. PELET BERAS WUTAH, bergambar titik-titik kecil merata pada seluruh kayu, khasiatnya untuk pengasihan (dicintai manusia dan binatang), banyak dicari dan mahal.

9. PELET NGIRIM (NGINGRIM) KEMBANG, gambarnya berbentuk besar dan panjang,
khasiatnya dihormati orang, dicintai lawan jenis dan biasanya dipakai oleh yang belum berkeluarga (bisa jejaka, duda).

10. PELET GANDRUNG, bentuknya bulat bulat dan tidak teratur dengan warna lebih
mengkilat dan terang, pemiliknya hidup hemat dan cermat.

11. PELET CEPLOK KELOR, gambarannya bulat telur dan besar seperti daun kelor, khasiatnya memberi keselamatan pada pemilik.

12. PELET CEPLOK BANTHENG, pelet yang hampir menutup seluruh kayu tetapi masih terlihat disana-sini kayu aslinya. Pemiliknya akan selalu dalam keadaan sehat wal-afiat.

13. PELET SEGARA WINOTAN, pelet yang terdiri dari satu, dua, tiga bintik-bintik yang teratur. Khasiatnya dihormati setiap orang dan pelet ini pemilih, hanya pejabat tinggi yang pantas memakainya.

14. PELET GANA, pelet yang bergambar seperti batu arca, khasiatnya memberi
kesejahteraan dan menghimpun semua kebaikan dan kebahagiaan. Dulu hanya dipakai raja atau pejabat tertinggi.

15. PELET SEMBUR, pelet dengan gambar titik-titik kecil tersebar diseluruh permukaan kayu, khasiatnya dapat menundukan manusia atau binatang, menghindarkan kemarahan
orang lain dan umumnya pelet ini mempunyai kekuatan gaib.

16. PELET NYERAT, jenis ini bergambar garis-garis tipis seperti gambar pada marmer, kadang seperti hurup/tulisan. Khasiatnya pemiliknya dapat hidup mandiri, percaya diri dan selalu beruntung serta jaya, dalam berusaha selalu berhasil.

17. PELET DEWADARU, seperti pelet nyerat, hanya garisnya lebih tebal dan tajam sehingga kadang-kadang sulit membedakan dengan pelet nyerat. Khasiatnya melindungi keluarganya dari mara bahaya, melindungi harta benda dan biasanya pusaka yang memakai pelet ini ditaruh dalam tempat penyimpanan harta. Pelet ini terdapat pada pohon beringin dan mempunyai nilai cukup tinggi dan sangat dihormati.

Kayu dan Khasiatnya

1. ASAM JAWA, celagi, tangkal acem (Tamarindus Indicus Linn).
Pohon Asam sangat popular di Indonesia dengan tinggi mencapai 30 m dan diameter mencapai 60 – 70 cm. Daun dan buahnya banyak digunakan untuk obat. Asam Kawak adalah buah asam yang telah dibersihkan dari biji dan seratnya kemudian dikukus sekitar 10 menit, diberi sedikit garam, dibentuk seperti bola dan dijemur disinar matahari.
Asam kawak ini digunakan untuk obat macam macam,
diantaranya penyakit tenggorokan.
Bijinya disebut Klungsu, diyakini dapat menolak roh jahat, khususnya dari Kerajaan Kidul. Biji asam yang hitam legam sebanyak 3-9 biji jika ditaruh dalam lampu mobil/motor dipercaya dapat menghindari kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh mahluk halus. Bagian hitam dari teras asam dinamakan Galih Asam, bertuah untuk keselamatan, menolak Jin jahat dan anti tenung. Jika dipukulkan pada seseorang yang mempunyai daya magic hitam maka biasanya akan punah kesaktiannya. Galih Asam hanya baik dipakai oleh pemimpin berhati “Satriya Pandita”, kayu ini juga bagus untuk Warangka Keris.

2. AWAR-AWAR, dausalo, bar-abar, sirih popar (Ficus septica Burm).
Perdu yang banyak tumbuh di tempat agak basah ...
...biasanya tumbuh didaerah pantai atau tepi pantai. Akarnya keras, dari luar tampak kuning tetapi dalamnya tampak kuning pucat. Kayunya berbau untuk obat dan biasanya digunakan untuk obat terutama sakit perut, kejang perut dan rasa tidak enak setelah makan ikan atau udang. Sementara ada yang beranggapan kayu Songgo langit yang berkhasiat ghaib adalah jenis perdu Tridax procumbens Linn. Biasa tumbuh dikarang karang pegunungan kapur. Pohon ini banyak bercabang dan akar batangnya kuat. Berasal dari Amerika Tengah. Tuahnya menolak niat jahat dari orang atau mahluk halus.
3. DEWADARU
Kayu amat langka ini dulu banyak ditemukan di pulau Karimunjawa sebelah utara Jepara, diyakini bertuah menolak hewan buas dan ular, menyembuhkan gigitan ular berbisa dan menjaga keselamatan. Kayu ini kurang baik dibawa dalam perjalanan berperahu karena sifatnya mendatangkan angin taufan. Ada 2 macam kayu Dewandaru, yang dipercaya asli tumbuh didesa Nyamplung, konon jelmaan dari tongkat yang ditinggalkan Sunan Kudus, seorang wali Kerajaan Demak. Sedangkan Kayu Dewandaru dari Gunung Kawi, walau jenisnya lain dengan yang ada di Karimunjawa tetapi dipercaya berkhasiat sama.

4. KAYU ITAM, KAYU ARANG, KAYU EBONY (Diospyros spp)
Kayu berwarna hitam atau kelabu berserat serat hitam. Kayu ini, khususnya yang hitam seluruhnya, bertuah menangkal roh jahat dan menciptakan suasana ketentraman. Ruang tamu yang diberi hiasan kayu ebony akan terasa teduh dan damai sehingga kerasan tinggal diruang tersebut.

6. PULE, PULAI (Alstonia scholaris R. Br)
Pohon yang bisa mencapai tinggi 49 m, terdapat diseluruh nusantara, yang baik biasanya tumbuh dibawah 900 m d.p.l dan didekat air.
Ada 2 macam varietas, yang bertangkai dan tulang daun berwarna hijau dan satunya berwarna ungu. Keduanya memiliki kegunaan sama. Kayu Pule lunak dan berwarna kuning keputihan, ada jenis kayu pule yang keras, tetapi umumnya lunak. Dalam dunia pengobatan dikenal sebagai obat demam, malaria, penyakit gula darah dan kurang nafsu makan, rasanya pahit seperti Bratawali. Getah pohon Pule sering digunakan untuk mematangkan abses (bengkak) di kulit. Banyak yang menganggap Pule bertuah untuk menolak unsur jahat dalam rumah atau pekarangan, kadang digunakan untuk mengobati kesurupan, untuk ini ambil cabang yang masih ada daunnya dan cabang pohon awar-awar serta segenggam tumbuhan alang-alang. Cambukanlah pelan-pelan punggung orang yang sedang kemasukan roh jahat itu. Biasanya dia akan segera sadar.

7. RUMPUT FATIMAH (Calligonum sp.)
Rumput fatimah banyak diambil kaum muslim dari Tanah Suci Mekah dipercaya memiliki tuah memudahkan menagih hutang, permohonan pekerjaan, melunakan hati orang dan sebagainya. Ada juga kegunaan lain untuk memperlancar persalinan, caranya : masukan rumput itu kedalam air, biasanya akarnya mengembang, bacalah Al-Fatihah atau Al-Ikhlas sebanyak 100 x selama merendam itu, minumkan segelas ke ibu yang bersangkutan sambil memohon petunjuk Allah.
Rumput ini juga dapat mengobati kanker, stroke ringan dan tekanan darah tinggi, hanya disini digunakan air panas (thermos), bacaannya Al-Fatihah dan Ayat Kursi masin masing minimal 200 x sesudah itu mohon penyembuhan pada Allah dan minumkan satu gelas 3 x sehari sampai sembuh. Oleskan air rendamannya kepada sisakit.

8. MINGING.
Sejak jaman dulu pohon ini diyakini membuat ular mabuk, disebut juga pohon ular.
Sering disimpan sebagai penghalau ular atau dibuat tongkat kalau masuk hutan,warnanya coklat kehitaman dan agak berat.

Kayu dan Khasiatnya

1. KENGKENG
Banyak dijumpai dilereng Gunung Lawu, dicari karena dapat menyadarkan orang yang kesurupan. Sepotong kayu ini jika ditaruh dekat bayi atau anak kecil bisa menolak roh jahat, roh halus.

2. KRANGEYAN (Litsea cubeba Pers)
Pohon setinggi 5 – 15 m dengan batang yang paling besar hanya berdiameter 25 cm ini banyak dijumpai di daerah pegunungan. Mulai dari kulit, daun dan bunganya berbau harum. Kayunya diyakini memiliki daya menolak santet, tenung dan gangguan setan jahat. Untuk pengobatan umumnya baik bagi sakit pernapasan.

3. LIWUNG (Arenga pinnata Merr ?, Calyptrocalyk spicatus ?, Cycas spp ?)
Kayu ini ditemukan didaerah Gunung Lawu, biasnya berbentuk tongkat atau potongan yang banyak ditawarkan oleh penduduk setempat. Warnanya hitam seperti teras kayu aren, bedanya seratnya agak kasar. Kayu Liwung berasal dari pohon Liwung yang tidak lain adalah pohon Aren laki-laki karena tidak mempunyai bunga betina. Pohon ini amat jarang, sementara ada kayu sejenis yang dipercaya sebagai kayu liwung namun asalnya berbeda. Kayu Liwung dipercaya mempunyai tuah kekebalan terhadap senjata tajam dan tumpul, sangat baik untuk mereka yang mendalami ilmu kanuragan. Sifatnya agak panas, tidak baik untuk mereka yang mudah terpancing emosinya.

6. LOTROK
Sepintas mirip kayu KEBAK atau BOGA, namun agak kemerahan.
Kayunya ringan dan berasal dari lereng gunung berapi. Dipercaya kayu ini dapat memperlancar pesalinan dan anti black magic namun kadar tuahnya rendah.

7. MIMANG
Tidak diketahui nama latinnya, akar mimang menonjol dipermukaan tanah, konon siapa yang melangkahinya akan bingung dan tersesat. Akar mimang ditanam ditanah dibawah pintu masuk dan bagian belakang rumah. Baik akar maupun kayunya dipercaya memiliki khasiat membingungkan orang siapa saja yang melangkahinya.

8. PAMRIH dan RINGIN SEPUH (Ficus spp)
Kayu Pamrih berasal dari pohon Pamrih yang tumbuh dibekas pertapaan Sri Sultan Hamengku Buwono I di Beton Kampung Sewu ditepi Bengawan Solo, Surakarta. Menurut legenda dibawah pohon itulah baliau berteduh setiap hari sampai ada bisikan gaib untuk melawan Kompeni Balanda. Kayu Pamrih dipercaya bertuah kepangkatan, kewibawaan dan keberanian, cocok bagi mereka yang berkecimpung di pemerintahan.
Ringin sepuh disini adalah pohon yang tumbuh dihalaman makam raja-raja Mataram di Kota Gede, Yogyakarta. Dinamakan juga “Waringin Tuwo” atau Ringin Sepuh, sejak jaman dulu dipercaya memiliki kekuatan gaib. Daunnya yang jatuh “mlumah kurep” artinya satu jatuh terlentang pada satu sisi sedang satunya pada sisi lain ditambah akar dan sedikit kulit pohon, semuanya dimasukan kedalam kantong kain putih kecil banyak digunakan sebagai zimat keselamatan. Bagi yang mujur, kadang kejatuhan sebuah cabang pohon ini. Kayunya dipercaya memiliki tuah keselamatan, kewibawaan dan derajat kepangkatan. Dijaman dahulu, hampir semua warga Yogya yang akan merantau keluar daerah dibekali bungkusan daun ini. Kalau maju perang atau pergi kedaerah lain, akan kembali dalam keadaan selamat.

Kayu dan Khasiatnya

SETIGI, kastigi, sentigi, kayu Sulaiman Banyak ditemukan didaerah berdekatan dengan pantai laut dan biasanya tumbuh ditanah berkapur. Pohon ini daunnya menyerupai daun sawo beludru atau duren yaitu hijau dengan bagian bawah berwarna merah tembaga. Kayu ini bersifat perempuan, sebaiknya jangan dipakai oleh wanita terlebih yang belum menikah. Kayu ini yang masih segar berwarna putih kemerahan namun lama kelamaan berubah coklat tua dan jika memukul orang hanya menyebabkan pingsan, tidak mati.
Tuah kayu antara lain anti gigitan binatang berbisa, caranya ditempelkan potongan kayu setigi ke bekas gigitan atau sengatan beberapa lama. Juga menolak hama tumbuhan, penyakit menular dan tanah sangar karena pengaruh jin jahat/black magic. Kayu ini bisa juga untuk mengobati penyakit kanker. Ambil serpihan (tatal) kayu setigi, rebus bersama rumput lidah ular-ularan, segenggam daun tapak dara dan adas pulowaras, penderita diminta minum 3 x sehari masing masing 1 gelas. Kayu Setigi relatif ringan namun tenggelam dalam air. Pemakai kayu setigi atau tesek atau pembawa kayu setigi jangan sekali kali masuk air karena bisa tenggelam. Kayu ini banyak terdapat dipantai-pantai khususnya pegunungan kapur yang setiap hari mendapat angin laut.

SODO SAREN, sodo lanang (Arenga pinnata Merr)
Lidi daun aren dipercaya memiliki khasiat menghalau jin/setan dan melumpuhkan orang-orang yang memiliki kesaktian karena ilmu hitam. Mereka akan hilang kesaktiannya bila dipukul dengan lidi daun aren, jangan sekali-kali memukul anak dengan lidi daun aren karena salah salah bisa kena penyakit jiwa yang sulit disembuhkan.
Rumah yang angker atau banyak dihuni hewan pengganggu seperti tikus, ular, kelabang dll, bisa dibersihkan dengan satu ikat lidi aren yang dikebutkan keseluruh penjuru .......ruangan, lebih baik lagi bila disertai dengan membakar daun trembesi (johar, Cassia siamea Lamk) yang kering dicampur sedikit belerang, biasanya dalam beberapa waktu sudah bebas dari segala gangguan. Sodo Saren disebut juga sodo lanang, penamaan ini juga diberikan kepada lidi daun kelapa yang jatuh menancap ditanah secara alamiah. Khasiatnya sama dengan lidi pohon aren. Bila sodo lanang tidak digunakan, taruhlah diatas pintu masuk rumah sebagai penolak bala.

SULASTRI, slastri, sletri, sulastri, bintangur bunut (Calophyllum soulatri Burm)
Pohon ini bisa mencapai tinggi 30 m dengan diameter 50 cm. Dipelihara orang karena bunganya harum, pohon ini dianggap bertuah yang ditanam di petilasan
pemandian Langenharjo, Sukoharjo, Surakarta sebagai peninggalan Sri Sunan PBX.
Sejak jaman dulu daunnya dipercaya dapat merukunkan pasangan suami istri yang selalu cekcok atau tidak rukun, begitu juga kayunya dapat disimpan untuk maksud yang sama. Daun Sulastri sering digunakan untuk penyakit rheumatik sedang kulit kayunya banyak dimanfaatkan untuk campuran jamu penguat badan.

TESEK, tengsek (Rhynchocarpa monophylla Backer ?)
Kayunya amat keras dan awet, banyak ditemukan dilereng gunung berapi dengan tinggi mencapai 40 m dan diameter 50 cm, batangnya lurus dan bulat.
Karena banyak diburu orang, sekarang makin langka, dibedakan antara Tesek biasa dan Tesek Wulung, yang pertama kayunya putih, disana sini diwarnai cerat-cerat atau poleng hitam. Tesek lainnya wulung, kulitnya berwarna coklat tapi lama lama menjadi hitam. Menurut kepustakaan, kayu ini tenggelam di air dan jika diletakan di air mengalir maka ia akan berjalan melawan arus, kayu ini bagus disimpan orang yang sabar dan tidak mudah marah karena bila digunakan untuk memukul walau hanya digunakan sebagai mata cincin, bahayanya tetap ada, orang bisa pingsan sampai mati. Kayu ini biasa dibuat cincin, pipa, tangkai tombak, gantungan kunci dll. Tuahnya : tahan lama dalam air, diwaktu banjir mengamuk ia bisa tahan jika memakai kayu ini, juga dipercaya anti tanah sangar, anti hama tumbuhan dan anti ilmu hitam, anti upas atau entup (sengatan lebah). Wanita dan Pria boleh memakai kayu ini dan kayu ini bersifat laki-laki, jodoh kayu ini adalah kayu setigi. Kayu Setigi yang terkenal dari Gunung Lawu atau Merapi.

Kayu dan Khasiatnya

TOWO (Ficus sp.?)
Kayunya putih menyerupai kayu kebak dan boga namun agak keras.
Pohon Towo banyak dijumpai dilereng Merapi dan Lawu, diyakini dapat menawarkan bisa hewan berbisa. Pada luka bekas gigitan tempelkan potongan kayu towo untuk lama sampai semua bisa tersedot.
Air seduhan kayu towo sering digunakan untuk mengobati orang yang keracunan.

WALIKUKUN (Schoutenia ovata Korth)
Banyak ditemukan dihutan berhawa panas, digunakan sebagai gagang tombak atau alat pertukangan karena sifatnya ulet dan keras. Sejak lama juga digunakan untuk menawarkan pekarangan angker dengan menanam Walikukun disemua sudut pekarangan. WONGLEN, onglen, wungle (pterocarpus spp.) Yang dianggap bertuah yang berasal dari bekas kerangka makam Sultan Agung Anyokrokusumo dan makam Pakubuwanan. Diyakini memiliki tuah memacu keberanian, kewibawaan dan keselamatan bahkan pengobatan. Rendaman kayu ini bisa untuk obat perut.
Kayu wonglen yang beredar sekarang sama sekali tidak mirip dengan kayu ulin (Eusideroxylon zwageri T&B) yang banyak didatangkan dari Kalimantan. Menurut keterangan KRT Reksowinoto, kepala juru kunci reh Kraton Jogja, tahun 1986 rumah makam utama (Prabayaksa) Pakubuwanan direstorasi, kayu usuk sebanyak 30 batang yang sudah melengkung atau rusak diganti dan diberikan kepada abdi dalem dan juru kunci, kayu ini disebut wunglen (mungkin dari nama ulin). Menurut penelitian mirip Sono Kembang (pterocarpus indicus Willd) atau yang sejenis seperti Padauk yang diimpor dari Myanmar dan Cendana Jenggi dari Afrika. Dua kayu terakhir memang kayu unggul dan berharga mahal pada sat rumah makam tersebut dibangun pada sekitar akhir abad 17. Semua kayu tersebut mempunyai sifat mengeluarkan zat merah bila direndam. Kayu wonglen dipercaya mempunyai khasiat yang diperlukan bila seseorang memegang jabatan, namun tidak ada halangan dimiliki orang biasa, hanya saja diharapkan bisa menahan emosinya. Pantangan : jangan dilangkahi atau ditaruh ditempat bawah/rendah, jika sedang buang hajat lepaskan dulu cincin dengan kayu ini dan jangan sekali kali digunakan memukul orang, bisa berakibat fatal.

LANANG, kajeng lanang (Oroxylon indicum Vent)
Tumbuh dibawah 800 m dpl dengan tinggi mencapai 9 – 12 m dengan diameter 15 – 25 cm, dipercaya menambah gairah seksual pada pria, akarnya dikenal sebagai obat impotensi, daunnya sebagai ramuan jamu wanita yang ingin punya anak sedang kulitnya untuk campuran obat penambah nafsu makan. Pohon lanang dipetilasan Kembang Lampir, Gunung Kidul dipercaya memiliki tuah menyembuhkan pria dan wanita yang menjumpai problem sexual dan mandul.

KEMIRI (Aleurites moluccana Willd.)
Pohon tinggi besar dan mudah dikenali karena daunnya sebelah bawah berwarna putih dan kulitnya berwarna agak keputihan, dibiakan dari biji dan tumbuh dimana-mana, namun paling baik tumbuh didaerah sedang. Kulit pohon sering digunakan untuk obat sariawan dan pendarahan dalam, kayunya ringan dan mudah rapuh serta dinamak kapang dan rayap. Banyak yang percaya kayu kemiri dapat menolak roh jahat, namun menurut beberapa orang sebetulnya yang bertuah justru buah kemirinya ...
...tetapi yang tidak berisi atau KEMIRI KOPONG, untuk mendapatkannya taruh sejumlah buah kemiri yang belum dipecah kedalam ember berisi air, yang mengambang itulah yang kopong. Untuk menolak setan, taruh kemiri kopong dalam daun tales wulung (Colacassia esculenta Schott) atau daun Senthe (Alocassia macrorrhiza Schott) yang berwarna ungu. Bungkus kemiri kopong tersebut dengan daun itu dan ikatlah bungkusan ini dengan benang lawe (lawe wenang atau benang putih) hingga 7 lilitan. Taruhlah bungkusan ini ditempat yang diperkirakan ada gangguan, untuk amannya buat 5 bungkus, taruh masing masing 1 ditiap sudut dan satu ditengah rumah. Meletakannya bisa diketinggian atau diatas tanah. Bilamana disitu ada setannya maka biasanya mereka terperangkap dalam bungkusan kemiri kopong ini.

DEWADARU G. KAWI (Eugenia uniflora Linn.)
Pohon yang tumbuh disebelah barat cungkup makam mBah Jugo di Gunung Kawi, Kepanjen, Malang sering disebut pohon Klepu Dewadaru. Buah yang sudah masak akan jatuh sendiri dan sangat dicari penziarah karena membawa keberuntungan bagi yang memakannya. Dewandaru G. Kawi ini juga ditanam didaerah lain. Pohonnya dipercaya mempunyai tuah keberuntungan, demikian juga kayunya, daunnya berbau agak harum biasanya digunakan untuk campuran pengobatan penyakit hati.                           

CARA MEDITASI
Dalam dunia ini, apakah yang dicari oleh kebanyakan orang dalam hidupnya?
Sebenarnya, mereka ingin mencari ketenangan batin dan keselarasan hidup.
Tidak sedikit di antara mereka berusaha mencarinya, walau mungkin mereka
tidak mengetahui dengan jelas apa yang hendak dicarinya, atau mungkin cara
mendapatkannya.
Mereka sering merasa bingung, merasa banyak menjumpai kekacauan dan
kekalutan batin. Mereka diserang oleh bermacam-macam perasaan yang tidak
memuaskan atau yang kurang menyenangkan hatinya. Secara singkat mereka ini
tidak mendapatkan ketenangan dan kesejahteraan dalam batinnya.
Kebanyakan mereka ini kemudian menempuh cara yang salah untuk mendapatkan
ketenangan batin dan keselarasan hidup ini. Mereka cenderung melihat dan
mencari di luar dirinya sendiri. Akibatnya, dunia ini merupakan sumber semua
kegelisahan.
Mereka mencari penyelesaian persoalannya dalam keluarganya, di dalam
pekerjaannya,atau di dalam pergaulan dan sebagainya. Mereka beranggapan
kalau dapat mengubah keadaan sekelilingnya, mereka akan menjadi tenang dan
bahagia.
Sekarang sudah banyak dijumpai orang yang telah menyadari kenyataan dan
berpaling, yaitu menunjukkan perhatiannya kepada sumber yang sebenarnya dari
kebahagiaan dan kegelisahan, ialah PIKIRANNYA SENDIRI. Menunjukkan perhatian
ke dalam diri sendiri, dalam pikirannya sendiri, inilah yang dinamakan dengan meditasi.
Dewasa ini meditasi telah banyak dipraktekkan oleh orang-orang dari berbagai
bangsa dan agama. Mengapa demikian? Karena kerja pikiran itu tanpa memakai corak bangsa atau agama tertentu.
Jadi tugas meditasi adalah untuk mengerti atau menghayati sifat pikiran di
dalam kehidupan sehari-hari. Pikiran adalah kunci kebahagiaan, sebaliknya
juga merupakan sumber penderitaan / malapetaka.
Untuk mengetahui dan mengerti perihal pikiran dan menggunakannya dengan
seksama tidaklah hubungannya dengan agama. Jadi meditasi dapat dilaksanakan
oleh setiap orang tanpa menghiraukan corak agamanya.
Sungguh banyak yang dapat dikerjakan oleh setiap orang untuk mendapatkan
kesenangan duniawi dalam lingkungan yang penuh dengan kesibukan dan
kekacauan ini. Jika memang benar demikian halnya........., mengapa kita
harus bermeditasi? Apakah gunanya kita membuang waktu untuk duduk diam
bersila dengan bermalasan?
Sesungguhnya apabila Anda dapat melaksanakan meditasi dengan cara yang
benar, maka meditasi akan dapat memberikan banyak manfaat untuk diri
sendiri:
Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan langsung adalah:
Bila Anda seorang pedagang yang selalu sibuk, meditasi menolong membebaskan
diri Anda dari ketegangan sehingga Anda menjadi relaks.
Kalau Anda sering berada dalam kebingungan, meditasi akan menolong
menenangkan diri Anda dari kebingungan dan meditasi membantu Anda untuk
mendapatkan ketenangan yang bersifat sementara maupun permanen.
Bila Anda mempunyai banyak persoalan yang seolah-olah tidak putus-putusnya,
meditasi dapat menolong Anda untuk menimbulkan ketabahan dan keberanian
serta mengembangkan kekuatan untuk mengatasi persoalan tersebut.
Bila Anda tergolong orang yang kurang mempunyai kepercayaan pada diri
sendiri, meditasi dapat menolong Anda untuk mendapatkan kepercayaan terhadap
diri sendiri yang sangat dibutuhkan. Memiliki kepercayaan terhadap diri
sendiri adalah kunci rahasia kesuksesan Anda.
Kalau Anda mempunyai rasa ketakutan dan keraguan, meditasi dapat menolong
Anda untuk mendapatkan pengertian yang benar terhadap keadaan yang
menyebabkan ketakutan itu, dengan demikian, Anda dapat mengatasi rasa takut
tersebut.
Jika Anda selalu merasa tidak puas terhadap segala sesuatu dalam kehidupan
ini atau yang berada dalam lingkungan Anda, meditasi akan memberi Anda
perubahan dan perkembangan pola pikir sehingga menumbuhkan rasa puas dalam
batin Anda.
Jika Anda ragu-ragu dan tidak tertarik terhadap agama, meditasi akan dapat menolong Anda mengatasi keragu-raguan itu sehingga Anda dapat melihat nilai-nilai praktis dalam bimbingan agama.
Jika pikiran Anda kacau dan putus asa karena kurang mengerti sifat kehidupan
dan keadaan dunia ini, meditasi akan dapat membimbing dan menambah
pengertian Anda bahwa pikiran kacau itu sebenarnya tidak ada gunanya. Kalau Anda seorang pelajar, meditasi dapat menolong menimbulkan dan menguatkan daya ingat Anda sehingga apabila Anda belajar akan lebih seksama dan berguna.
Kalau Anda seorang yang kaya, meditasi dapat menolong Anda untuk melihat
sifat kekayaan dan mampu menggunakannya dengan sewajarnya, untuk kebahagiaan
Anda sendiri maupun kebahagiaan orang lain.
Jika Anda seorang yang miskin, meditasi dapat menolong Anda agar memiliki
kepuasan dan ketenangan batin. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari
keinginan untuk melampiaskan rasa iri hati Anda kepada orang lain yang lebih
mampu atau yang lebih berada daripada Anda.
Kalau Anda seorang pemuda yang kebingungan sehingga tidak mampu menentukan
jalan hidup ini, meditasi dapat menolong Anda untuk mendapatkan pengertian
tentang kehidupan sehingga Anda dapat menempuh salah satu jalan yang benar
untuk mencapai tujuan hidup Anda.
Kalau Anda seorang yang telah lanjut usia dan merasa bosan terhadap
kehidupan ini, meditasi akan menolong Anda untuk mengerti secara mendalam
mengenai hakekat kehidupan ini sehingga timbullah semangat hidup Anda.
Kalau Anda seorang pemarah, dengan bermeditasi Anda dapat mengembangkan
kekuatan
......kemauan untuk mengendalikan kemarahan, kebencian, rasa dendam dsb.
Kalau Anda seorang yang bersifat iri hati, dengan meditasi Anda akan
menyadari bahaya yang timbul dari sifat iri hati itu.
Jika Anda seorang yang selalu diperbudak oleh kemelekatan panca inderia,
meditasi dapat menolong Anda mengatasi nafsu dan keinginan tersebut.
Kalau Anda seorang yang selalu ketagihan minuman keras / sesuatu yang
memabukkan, dengan bermeditasi Anda dapat menyadari dan melihat cara
mengatasi kebiasaan yang berbahaya itu. Kebiasaan yang memperbudak dan
mengikat Anda.
Kalau Anda seorang yang pintar ataupun tidak, meditasi memberi Anda
kesempatan untuk mengenal diri sendiri dan mengembangkan pengetahuan yang
sangat berguna bagi kesejahteraan sendiri, keluarga serta handai taulan.
Kalau Anda dengan sungguh-sungguh melaksanakan latihan meditasi ini, maka
semua nafsu emosi Anda tidak mempunyai kesempatan untuk berkembang.
Kalau Anda seorang yang bijaksana, meditasi akan membawa Anda menuju ke
kesadaran yang lebih tinggi dan mencapai "Penerangan Sempurna", Anda akan
melihat segala sesuatu menurut apa adanya (sewajarnya).
Inilah beberapa faedah praktis yang dapat dihasilkan dalam latihan meditasi.
Faedah ini tidak dapat dijumpai atau ditemukan dalam buku, apalagi dapat
dibeli di warung. Uang tidak dapat dipakai untuk mendapatkannya. Anda
mendapatkannya sebagai hasil menjalankan latihan meditasi. Anda temukan
dalam diri sendiri yaitu dalam PIKIRAN Anda.

MISTERI SANTET
Ilmu Santet,
Kekuatan Apa Yang Menggerakkan?
Astaga!Misteri - Pada dasarnya ilmu santet adalah ilmu yang mempelajari bagaimana
memasukkan benda atau sesuatu ke tubuh orang lain dengan tujuan menyakiti.
Benda ini bisa saja misalnya sebuah paku atau seekor binatang berbisa yang dikirim secara gaib untuk dimasukkan ke tubuh seseorang dengan tujuan menyakiti orang tersebut.
Seperti ilmu-ilmu lain yang ada di dunia, santet bisa merupakan ilmu putih atau ilmu hitam
tergantung dari penggunaan ilmu ini apakah untuk kebaikan atau untuk kejahatan. Tetapi dalam aplikasinya ilmu putih ini dipadukan dengan ilmu-ilmu lain sehingga bisa dikatakan diselewengkan (dihitamkan) oleh pelakunya, misalnya yang aslinya digunakan untuk menidurkan bayi yang rewel agar bisa terlelap, oleh maling ilmu ini diselewengkan untuk menidurkan calon korbannya. Ilmu untuk meluluhkan hati orang yang keras atau kalap tetapi diselewengkan fungsinya untuk membuat orang lain terlena bujuk rayunya. Kasus yang terakhir ini marak yang umum kita kenal dengan istilah gendam.
Walaupun proses santet yang gaib ini sulit dimengerti secara ilmu pengetahuan, tapi secara logis santet dapat dimengerti sebagai proses dematerialisasi. Pada saat santet akan dikirim, benda-benda seperti paku, jarum, beling, ataupun inatang berbisa ini diubah dari materi menjadi energi. Kemudian dalam bentuk energi, benda ini dikirim menuju sasaran. Setelah tepat mengenai sasaran, energi ini diubah kembali menjadi materi. Sehingga apa-apa yang tadi dikirim, misalnya beling dan binatang berbisa akan masuk ke tubuh seseorang yang merupakan sasaran santet. Selanjutnya secara otomatis benda-benda yang tadi dimasukkan melalui santet ini akan menimbulkan kesakitan pada tubuh orang yang disantet.
Selanjutnya penulis akan membahas ilmu santet lebih ke arah santet sebagai ilmu hitam.
Berdasarkan pengetahuan penulis, ada dua jenis santet menilik dari jenis ekuatan yang dijadikan sumber kekuatannya.
Pertama adalah santet yang dalam prosesnya memanfaatkan kekuatan makhluk gaib seperti jin, setan, dan makhluk gaib lainnya. Dalam pelaksanaannya, pelaku santet akan bekerja sama dengan makhluk gaib sebagai media pengiriman santet.
Untuk mengajak si makhluk gaib untuk dijadikan "kurir" ini tentu saja pelaku santet harus
memberikan imbalan sesuai yang diminta oleh sang kurir. Imbalan bisa berupa sesaji khusus yang diperuntukkan makhluk gaib sebagai makanan untuknya.
Imbalan juga dapat berbentuk lain sesuai permufakatan makhluk gaib dengan pelaku santet. Setelah imbalan yang dijanjikan disepakati, maka "sang kurir" pun akan melakukan tugasnya membawa santet menuju sasaran.
Ada kasus misalnya sesaji atau imbalan yang disepakati lalai atau tidak dilaksanakan oleh pelaku santet, maka dalam kasus ini bisa saja si makhluk gaib akan meminta tumbal dari pelaku santet. Sehingga bisa disimpulkan hal ini lah yang merupakan resiko bagi para pelaku santet. Kedua, adalah santet yang bersumber dari kekuatan batin. Santet dengan metode ini membutuhkan kekuatan batin yang biasanya diperoleh dari laku spiritual.
Atab ah/Rahsia Diri & Ilmu Santet/m.s 4 dari 4 Pada saat penggunaannya santet dengan kekuatan batin biasanya dibantu dengan kekuatan visualisasi (pembayangan) yang kuat dari pelaku. Misalnya santet dengan menggunakan media bambu apus yang ketika hendak digunakan terlebih dahulu dibacakan mantera-mantera tertentu, setelah itu pelaku santet memusatkan konsentrasi, visualisasi dan berniat menyumbat kubul dan dubur si jabang bayi (sasaran).
Konon, dengan cara demikian, seseorang yang dituju tidak bisa buang air besar maupun air kecil. Sehingga pada hakikatnya kekuatan santet ini bersumber dari memusatan kehendak batin saja. Sedangkan peran dari ritual, seperti membaca mantera atau laku tirakat lain merupakan sarana penunjang yang mampu membantu visualisasi batin sehingga bertambah kuat

PENARIK RIZKI BERLIMPAH
MENGENAI KEMUDAHAN JALAN REZEKI
Menurut pembahasan dan postingan dalam
FORUM SUPRANATURAL KASKUS.
Rahasia si Untung
Kita semua pasti kenal tokoh si Untung di komik Donal Bebek. Berlawanan
dengan Donal yang selalu sial. Si Untung ini dikisahkan untung terus. Ada
saja keberuntungan yang selalu menghampiri tokoh bebek yang di Amerika
bernama asli Gladstone ini. Betapa enaknya hidup si Untung. Pemalas, tidak
pernah bekerja, tapi selalu lebih untung dari Donal. Jika Untung dan Donal
berjalan bersama, yang tiba-tiba menemukan sekeping uang dijalan, pastilah
itu si Untung. Jika Anda juga ingin selalu beruntung seperti si Untung, dont
worry, ternyata beruntung itu ada ilmunya.
Professor Richard Wiseman dari University of Hertfordshire Inggris, mencoba
meneliti hal-hal yang membedakan orang2 beruntung dengan yang sial. Wiseman
merekrut sekelompok orang yang merasa hidupnya selalu untung, dan sekelompok
lain yang hidupnya selalu sial. Memang kesan nya seperti main-main,
bagaimana mungkin keberuntungan bisa diteliti. Namun ternyata memang orang
yang beruntung bertindak berbeda dengan mereka yang sial.
Misalnya, dalam salah satu penelitian the Luck Project ini, Wiseman
memberikan tugas untuk menghitung berapa jumlah foto dalam koran yang
dibagikan kepada dua kelompok tadi. Orang2 dari kelompok sial memerlukan
waktu rata-rata 2 menit untuk menyelesaikan tugas ini.
Sementara mereka dari
kelompok si Untung hanya perlu beberapa detik saja! Lho kok bisa?
Ya, karena sebelumnya pada halaman ke dua Wiseman telah meletakkan tulisan
yang tidak kecil berbunyi "berhenti menghitung sekarang! ada 43 gambar di
koran ini". Kelompol sial melewatkan tulisan ini ketika asyik menghitung
gambar. Bahkan, lebih iseng lagi, di tengah2 koran, Wiseman menaruh pesan
lain yang bunyinya: "berhenti menghitung sekarang dan bilang ke peneliti
Anda menemukan ini, dan menangkan $250!" Lagi-lagi kelompok sial melewatkan
pesan tadi! Memang benar2 sial.
Singkatnya, dari penelitian yang diklaimnya "scientific" ini, Wiseman
menemukan 4 faktor yang membedakan mereka yang beruntung dari yang sial:
1.
Sikap terhadap peluang.
Orang beruntung ternyata memang lebih terbuka terhadap peluang. Mereka lebih
peka terhadap adanya peluang, pandai menciptakan peluang, dan bertindak
ketika peluang datang. Bagaimana hal ini dimungkinkan?
Ternyata orang-orang yg beruntung memiliki sikap yang lebih rileks dan
terbuka terhadap pengalaman-pengalam an baru. Mereka lebih terbuka terhadap
interaksi dengan orang-orang yang baru dikenal, dan menciptakan
jaringan-jaringan sosial baru. Orang yang sial lebih tegang sehingga
tertutup terhadap kemungkinan- kemungkinan baru.
Sebagai contoh, ketika Barnett Helzberg seorang pemilik toko permata di New
York hendak menjual toko permata nya, tanpa disengaja sewaktu berjalan di
depan Plaza Hotel, dia mendengar seorang wanita memanggil pria di
sebelahnya: "Mr. Buffet!" Hanya kejadian sekilas yang mungkin akan
dilewatkan kebanyakan orang yang kurang beruntung. Tapi Helzber berpikir
lain. Ia berpikir jika pria di sebelahnya ternyata adalah Warren Buffet,
salah seorang investor terbesar di Amerika, maka dia berpeluang menawarkan
jaringan toko permata nya.
Maka Helzberg segera menyapa pria di sebelahnya,
dan betul ternyata dia adalah Warren Buffet.
Perkenalan pun terjadi dan Helzberg yang sebelumnya sama sekali tidak
mengenal Warren Buffet, berhasil menawarkan bisnisnya secara langsung kepada
Buffet, face to face.
Setahun kemudian Buffet setuju membeli jaringan toko
permata milik Helzberg. Betul-betul beruntung.
2. Menggunakan intuisi dalam membuat keputusan.
Orang yang beruntung ternyata lebih mengandalkan intuisi daripada logika.
Keputusan-keputusan penting yang dilakukan oleh orang beruntung ternyata
sebagian besar dilakukan atas dasar bisikan "hati nurani" (intuisi) daripada
hasil otak-atik angka yang canggih. Angka-angka akan sangat membantu, tapi
final decision umumnya dari "gut feeling".
Yang barangkali sulit bagi orang yang sial adalah, bisikan hati nurani tadi
akan sulit kita dengar jika otak kita pusing dengan penalaran yang tak
berkesudahan. Makanya orang beruntung umumnya memiliki metoda untuk
mempertajam intuisi mereka, misalnya melalui meditasi yang teratur.
Pada
kondisi mental yang tenang, dan pikiran yang jernih, intuisi akan lebih
mudah diakses. Dan makin sering digunakan, intuisi kita juga akan semakin
tajam.
Banyak teman saya yang bertanya, "mendengarkan intuisi" itu bagaimana?
Apakah tiba2 ada suara yang terdengar menyuruh kita melakukan sesuatu?
Wah, kalau pengalaman saya tidak seperti itu. Malah kalau tiba2 mendengar
suara yg tidak ketahuan sumbernya, bisa2 saya jatuh pingsan.
Karena ini subyektif, mungkin saja ada orang yang beneran dengar suara.
Tapi kalau pengalaman saya, sesungguhnya intuisi itu sering muncul dalam
berbagai bentuk, misalnya:
- Isyarat dari badan.
Anda pasti sering mengalami. "Gue kok tiba2 deg-deg an
ya, mau dapet rejeki kali", semacam itu. Badan kita sesungguhnya sering
memberi isyarat2 tertentu yang harus Anda maknakan.
Misalnya Anda kok tiba2
meriang kalau mau dapet deal gede, ya diwaspadai saja kalau tiba2 meriang
lagi.
- Isyarat dari perasaan. Tiba-tiba saja Anda merasakan sesuatu yang lain
ketika sedang ...
...melihat atau melakukan sesuatu. Ini yang pernah saya alami.
Contohnya, waktu saya masih kuliah, saya suka merasa tiba-tiba excited
setiap kali melintasi kantor perusahaan tertentu. Beberapa tahun kemudian
saya ternyata bekerja di kantor tersebut. Ini masih terjadi untuk beberapa
hal lain.
3. Selalu berharap kebaikan akan datang.
Orang yang beruntung ternyata selalu ge-er terhadap kehidupan. Selalu
berprasangka baik bahwa kebaikan akan datang kepadanya. Dengan sikap mental
yang demikian, mereka lebih tahan terhadap ujian yang menimpa mereka, dan
akan lebih positif dalam berinteraksi dengan orang lain. Coba saja Anda
lakukan tes sendiri secara sederhana, tanya orang sukses yang Anda kenal,
bagaimana prospek bisnis kedepan. Pasti mereka akan menceritakan optimisme
dan harapan.
4. Mengubah hal yang buruk menjadi baik.
Orang-orang beruntung sangat pandai menghadapi situasi buruk dan merubahnya
menjadi kebaikan. Bagi mereka setiap situasi selalu ada sisi baiknya. Dalam
salah satu tes nya Prof Wiseman meminta peserta untuk membayangkan sedang
pergi ke bank dan tiba-tiba bank tersebut diserbu kawanan perampok
bersenjata. Dan peserta diminta mengutarakan reaksi mereka. Reaksi orang
dari kelompok sial umunya adalah: "wah sial bener ada di tengah2 perampokan
begitu". Sementara reaksi orang beruntung, misalnya adalah: "untung saya ada
disana, saya bisa menuliskan pengalaman saya untuk media dan dapet duit".
Apapun situasinya orang yg beruntung pokoknya untung terus.
Mereka dengan cepat mampu beradaptasi dengan situasi buruk dan merubahnya
menjadi keberuntungan.
Sekolah Keberuntungan.
Bagi mereka yang kurang beruntung, Prof Wiseman bahkan membuka Luck School.
Latihan yang diberikan Wiseman untuk orang2 semacam itu adalah dengan
membuat "Luck Diary", buku harian keberuntungan. Setiap hari, peserta harus
mencatat hal-hal positif atau keberuntungan yang terjadi.
Mereka dilarang keras menuliskan kesialan mereka. Awalnya mungkin sulit,
tapi begitu mereka bisa menuliskan satu keberuntungan, besok-besoknya akan
semakin mudah dan semakin banyak keberuntungan yg mereka tuliskan.
Dan ketika mereka melihat beberapa hari kebelakang Lucky Diary mereka,
mereka semakin sadar betapa beruntungnya mereka. Dan sesuai prinsip "law of
attraction", semakin mereka memikirkan betapa mereka beruntung, maka semakin
banyak lagi lucky events yang datang pada hidup mereka.
Jadi, sesederhana itu rahasia si Untung. Ternyata semua orang juga bisa
beruntung. Termasuk temans semua.
Selain 4 faktor yg dikemukakan sama Prof Richard Wiseman ini,
inget film 'Oshin' kisah gadis jepang yg lahir dari keluarga miskin..film thn 80an yg mengisahkan masa kecil si Oshin yg miskin bergulat dgn kesulitan sampai akhirnya hidup sukses di masa tuanya..pasti tau donk film serial ini. Si Oshin ini semenjak kecil sampe besar besar selalu bergelut sama kemiskinan.
Karena ketabahan dan kejujuran si Oshin sampai akhirnya hidup sukses di masa tuanya. Sekilas kalau dipikir2 mungkin point ini bisa ditambah jadi salah satu faktor untuk jadi orang beruntung..walaupun ada orang yg belum merasa jadi orang beruntung, tapi hitung2 'berpikiran positip' bisa mendorong kita untuk bekerja keras pantang menyerah.
Kalau menurut saya, keberuntungan bagi setiap orang itu tidak sama.
Ada orang yg beruntung hanya makan nasi sekali dalam sehari, tapi dalam kata kasarnya lebih pas kalau menyebut 'bisa makan hari ini merasa beruntung', karena kalau melihat orang yg tidak bisa makan berhari2 jadi merasa beruntung. Jadi kalo dilihat dari faktor keberuntungan jelas orang yg bisa makan sekali dalam sehari lebih beruntung dari orang yg tidak bisa makan berhari2.
Balik ke film 'Oshin' ini, pada masa kecilnya si Oshin ini hidupnya waktu kecil selalu penuh dgn kerja keras sampai mejelang tua pun masih kerja keras..tapi yg pasti sih akhir2nya si Oshin ini hidup tua nya tidak lagi sesulit masa mudanya..anak2 cucunya jg bisa menikmati hidup yg bagi Oshin ini lebih penting karena ia juga berusaha untuk mendidik anak2nya utk selalu memegang teguh 'kejujuran dan kerja keras'..
Terkadang dalam hidup kita ini banyak peluang2 yg datang. Jangan lupa keberuntungan itu tidak selalu mengenai 'uang' dan 'kemakmuran'..Orang yg hidupnya berlimpah uang belum tentu beruntung. Tapi menurut saya tidak ada orang di dunia ini yg tidak beruntung..karena arti 'keberuntungan' itu tidak 'sesempit' kalimat 'tidak bisa makan hari ini' atau 'tidak memiliki uang sepeser pun'..Saya jadi ingat ketika membaca sebuah cerita dari India mengenai seseorang yg ingin merasa beruntung. Kata orang ini, "saya tidak pernah merasa beruntung, saya melihat orang2 disekitar saya hidup makmur, harta berlimpah, tapi
saya kok hidup masih senin kemis, harus bekerja keras berkeringat siang malam. sedangkan saya lihat hidup mereka tdk pernah bekerja sesekeras saya tapi hidupnya enak.
Lalu tengah malam orang ini bermimpi ada orang tua yg berkata kepadanya bila ingin melihat orang yg beruntung pergilah ke sebuah tempat yg bernama 'Ganisa' letaknya sekitar 20km dari tempatnya.Lalu
orang ini besok paginya beranjak dari tempat tidurnya dan pergi 20km ke tempat yg bernama Ganisa ini..Ketika sampai kok tidak ada tempat yg bernama Ganisa..ada juga Ganesa kota yg berjarak 20km ini dan tidak ada tempat bernama Ganisa..ada juga rumah sakit 'Ganisa'..Orang ini berpikir mungkin dia salah nangkap mimpi, karena tidak ... ...mungkin rumah sakit ini jadi tempat beruntung pikirnya. Tidak ada salahnya bertanya ke rumah sakit ini..Maka ditanya satu persatu orang di rumah sakit ini, dari dokter, perawat, sampai pasien yg sakit pun ditanyai. Orang pertama yg ingin ditanyai seorang dokter..tapi sebelum ditanya, dokter itu berkata,"wah saya beruntung bisa menyelamatkan pemuda yg hampir mati kena gigitan ular kobra.." lalu melihat dokter itu sibuk dgn pasiennya, ia berbalik bertanya kepada perawat di sebelahnya..sebelum ditanya perawatnya berkata "hari ini saya merawat seorang pengendara motor yg tidak bisa ditolong lagi jiwanya..sungguh beruntung anaknya tidak ikut terenggut jiwanya dalam kecelakaan tsb.." Merasa tdk enak ingin bertanya dalam situasi tsb berjalanlah dia kedalam rumah sakit.
Di dalam ruangan pesakitan tsb dilhat lah banyak orang yg berbaring. Merasa beruntung berkata lah orang ini dalam hatinya' saya sungguh beruntung tidak apa2..bila saya tanya satu persatu org2 ini, mungkin saya merasa yg paling beruntung" Puas dgn jawaban maka pulanglah orang ini dgn ketekatan hati: "hari ini saya melihat arti keberuntungan..ada banyak orang yg tidak seberuntung saya.." wisdom mengenai 'keberuntungan':
"Bagi orang yg merasa tidak beruntung bertanyalah kepada orang2 yg tdk beruntung, maka
anda akan merasa andalah orang beruntung. Ada berjuta2 orang di dunia yg tidak menyadari keberuntungan dalam hidupnya sampai suatu ketika tidur di kasur pesakitan.
-peace Beberapa Adab dan Kebiasaan Yang menunjang mudahnya terbuka Jalan Rezeki
1. Rajin2 sholat sunnah dhuha , tapi yg ikhlas bukan karena terpaksa atau terbebani...
2. Sering2 sedekah, dengan syarat yg ikhlas juga....
1.Pada saat sholat, berdoa saat sujud...
2.Pada khutbah sholat Jumat, jangan lupa berdoa.."diantara" dua khutbah!!
3.Sedekah.. bener tuh kata bro @declined... 'kalo kita gak pelit, maka rejeki yg masuk juga gak 'pelit' berdoa antara Azan dan Qamat, Berdo'a di Raudhah, Masjid Nabawi, dan berdo'a di Masjidil Haram, intinya di waktu2 yang baik dan istimewa dan di tempat2 istimewa
JUJUR, banyak ISTIGHFAR, dan Banyak SEDEKAH Jangan tidur terlalu sore, biasakanlah bangun pagi (sebelum matahari terbit) dan hindari bangun kesiangan... (konon kabarnya einsten suka bangun malam buat mikirin kejadian alam) Banyak-banyak mendekatkan diri pada-NYA, dan pasrah kepada setiap keputusan yang diberikan-NYA...
Teruslah berikhtiar/bekerja, alias jangan duduk dan bengong-bengong aja. Jangan pernah putus asa dalam berusaha... Jangan lupa untuk selalu menguatkan niat dan bulatkan tekad setiap hari untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan didalam hidup...
AJARAN WELAS KASIH AVALOKITESVARA BODHISATTVA INI :
1. Jika orang bikin kita susah itu adalah tumpuan rejeki
2. Mulai hari ini, belajarlah setiap hari menyenangkan orang lain
3. Jika kamu merasa pahit dalam hidupmu dengan suatu tujuan, Bulan Bahagia
4. Lari dan berlarilah yang cepat untuk mengejar hari esok
5. Setiap hari kamu harus merasa puas dengan apa yang kamu miliki saat ini.
6. Setiap kali kalau ada orang yang memberi kamu satu, kamu harus mengembalikannya sepuluh kali lipat
7. Nilailah kebaikan orang lain terhadap kamu, tetapi hapuslah semua jasa yang kamu berikan kepada orang lain
8. Dalam keadaan benar kamu difitnah, dipersalahkan dan dihukum, maka kamu akan mendapat pahala
9. Dalam keadaan salah kamu dipuji dan dibenarkan, itu merupakan hukuman
10. Orang yang benar kita bela, tetapi yang salah kita beri nasehat
11. Jika perbuatan kamu benar, kamu difitnah dan dipersalahkan, tetapi kamu terima, maka akan datang Rejeki kepadamu yang berlimpah ruah
12. Jangan selalu melihat/mengecam kesalahan orang lain, tetapi selalu melihat diri sendiri, itu kebenaran
13. Orang yang baik diajak bergaul, orang yang jahat dikasihani
14. Kalau wajahmu senyum, hatimu senang, pasti kamu akan Aku terima
15.
Dua orang saling mengakui kesalahan masing – masing, maka dua orang itu akan bersahabat sepanjang masa
16. Saling salah – menyalahkan, maka akan mengakibatkan putus hubungan
17. Kalau kamu tulus dan rela menolong orang yang dalam keadaan susah, maka jangan sampai diketahui bahwa kamu sebagai penolongnya
18. Jangan membicarakan sedikitpun kejelekan orang di belakangnya, sebab kamu akan dinilai jelek oleh si pendengar
19. Kalau kamu mengetahui orang itu berbuat salah, maka tegurlah langsung dengan kata-kata yang lemah lembut hingga orang itu menjadi insaf
20.
Doa dan sembah sujudmu akan Aku terima, apabila kamu bisa sadar dan menuruti jalanKu.

Beberapa Amalan

KEMUDAHAN REZEKI SEMUA ARAH UNTUK ORANG KEPEPET / PAPA
Untuk mendapatkan rezeki yang mudah dan melimpah ruah dengan cara yang Islami, tidak mengandung unsur syirik maka seseorang boleh menjalani tatacara seperti dibawah ini dengan ikhlas sesuai tata cara.
Tatacara :
• Selama 40 hari selalu menolong orang setiap harinya walau hanya mencabutkan satu rumput orang atau membuwang duri dijalan.
• Selama 40 hari kalau ada selalu sedekah walau hanya secuil makanan atau seteguk air putih pada yang memerlukan. Untuk lebih mudahnya setiap hari naruh kendi/ceret air minum di tempat umum biar diminum orang yang kehausan.
• Selama 40 hari jangan sampai durhaka atau menyakiti hati orang.
• Untuk menjalani tatacara ini supaya dimulai hari Rabu atau Minggu.
• Sebelum menjalani tatacara ini supaya mohon maaf dan minta do’a restu kepada orang tua, kalau sudah mati datangi kuburnya dan minta do’a restu pada Kyai atau Guru ngajinya.
• ... ...Selama 40 hari setiap malamnya ± pukul 12 malam berdo’a di tempat yang suci dan sepi menghadap qiblat dalam keadaan pakain suci dan bersih dari hadast kecil seperti kita akan solat.
Do’a yang dibaca :
Bismillahirrohmaanirrohiim
Allahumma sholli wasalim wabarik ‘ala sayyidina Muhammad.
Yaa Allahu yaa fattahu yaa rozzaqu yaa mu’thiyyu
Yaa mu’iinu yaa waduudu yaa mujiibu ikfinii yaa kaafii
Yaa huu shifatullaah yaa huu dzatullah yaa huu af’alullah
Yaa huu wujudullah yassirli rezeki
(dibaca 40 kali)
Peringatan :
Karena ilmu ini warisan dari Wali Songo maka ada juga Kyai yang mengajarkan ilmu ini menganjurkan untuk membaca Al-Fatihah 7 kali dengan tata cara membaca :
Bismillahirrohmaanirrohiim
Ilaa hadroti Rasulillahi Muhammad SAW
Waila hadroti Malaikati Jibril, Isrofil-Izroil, Munkar, nakir, roqib , Atid, Malik, Ridwan.
Waila hadroti Sulthonil Auliya’ Syech Abdul Qodir Jaelani
Khususon asaatiidzi wa-asaatidzihim ilaa shohibil- ijaazah wa-abii wa-ummii wajami’I ushuuli.
Khususon Wali Songo
Al-Fatihah ( 7 kali ).
Ilmu ini banyak sekali rahasianya, diantaranya bila seseorang telah menjalani ilmu ini, semakin taat beribadah serta berbuat baik kepada sesama manusia makin semakin barokah umurnya, banyak rezekinya dan selalau mendapat kemudahan dalam semua keperluan hidupnya. Meskipun telah menjalani tatacara 40 hari maka seseorang tetap disunnatkan membaca do’a ini 7 kali setiap habis solat Maghrib dan solat Shubuh.
___________________________________________
TAWASSUL SYECH ABDUL QODIR JAELANI MENARIK REZEKI
Sesuai kepangkatan ke-Wali-annya Syech Abdul Qodir Jaelani sebagai Sulthonul – Auliya’ Rajanya para wali, dimana beliau telah mengatakan “barang siapa punya hajat kepada Allah tawassul (membuat lantaran) kepadaku, maka Allah pasti akan mengabulkannya”, maka dengan tawassul inilah kebanyakan orang menggunakan untuk mencari hajat keperluan dunia.
Tatacara :
• Puasa sunnah 7 hari mulai hari jum’at berakhir hari khamis.
• Selama puasa kalau ada usahakan setiap hari shodaqoh semampunya walau segelah air putih.
• Jauhi sifat hati kikir, riya’, takabur, ghoibah, namiiah, ujub (sombong).
• Selama puasa setiap habis solat wirid/ baca do’a :
Wiridnya :
Bismillahirrohmaanirrohiim
Ilaa hadroti Rasulillahi Muhammad SAW
Waila hadroti Malaikati Jibril, Isrofil-Izroil, Munkar, nakir, roqib , Atid, Malik, Ridwan.
Waila hadroti Sayyidina Ashif bin Bakhoyya. Waila Sayyidina Uwais al-Qorniyy
Waila hadroti Sulthonil Auliya’ Syech Abdul Qodir Jaelani
Waila hadroti asaatiidzi wa-asaatidzihim waushulihim waushulina.
Terus baca surah-surah :
a. Al-Fatihah (11 kali)   d. An-Nas             (11 kali)
b. Al- Ikhlas (11 kali)     e. Alam Nasyroh (11 kali)
c. Al-Falaq (11 kali)
f. Sholawat : Allahumma sholii wasalaim wabbarik ‘ala sayyidina wamaulana
Muhammadin abdika warosulika-nabiyyil-ummiyil wa-‘alaa aalihii washohbihi wasallim tasliiman biqudroti ‘adhomati dzatika fi kulli waqtin wachin.
Baca do’a :
Yaa saadatii Yaa saadaatii Yaa saadatii Man ammakum lirughbatin fiikum jubir. Waman
takuunuu nashiriihi yantashir Sulthonul-Auliya? Syech Abdul Qodir Jaelani. Kulo nyuwun karomah penjenengan sekinten kulo saget ?... sugih, kecukupan.
(Saya mohon karomahmu supaya saya boleh ?. Kaya, berkecukupan)
Kalau malam kira-kira tengah malam solat sunnah hajat 2 rakaat dan setelah itu baca : Ila hadroti (seperti diatas) sampai Waushulina. Terus baca : Al-Fatihah 313 kali dilanjutkan baca do’a Yaa Saadaati
dst. Selama 7 malam.
Para ahli Hikmah mengatakan “Barang siapa kepingin serba kecukupan dan berkah maka jalani tawassul ini” , bila sudah menjalani puasa 7 hari sebaiknya do’a ini dibaca setiap malam sehabis solat Hajat.
Dimohon orang yang akan menjalani tawassul ini supaya minta bimbingan kepada Kyai setempat yang berpendidikan Pesantren Salafi, karena tawassul ini banyak penjelasa-penjelasan Hikmah yang lain yang diharapkan Kyai setempat tersebut memberikan syarah penjelasan.

MANTRA GENDAM HARTA
Untuk memperoleh harta yang cepat dengan jualan maka sebenarnya orang boleh menggunakan amalan seperti dibawah ini yang orang banyak mengenalnya dengan sebutan “Gendam Bondo” . Dengan cara berdagang atau kalau belum ada modal bekerja dulu pada orang yang sudah berdagang.
Caranya / Tatacara :
• Puasa mutih 3 hari 3 malam.
• Sekecil apapun harus jualan, apa saja bentuk jualannya, atau ikut orang yang sudah berdagang.
• Setelah puasa mutih terus puasa senin Khamis sampai 7 bulan dan dimulai hari khamis Wage
• Setiap akan buka toko jualan baca do’a.
Do’a yang dibaca :
Bismillahirrohmaanirrohiim
Niyat ingsun bebakulan dedagangan
Sing adol lan sing tuku kipo-kipo,
Sing adol murah sing tuku nglarangi
Kemrubut tekane koyo tawon agung ?? ninggal madune
Saking kersaning Allah
Laa ilaaha illallah Muhammadurrosulullah.
Ilmu Hikmah ini banyak disebut Pesugihan Islami karena sumbernya dari para Kyai, Ulama’ dan para Wali diJawa yang ......berpangkal pada ajaran-ajaran Islam. Sebenarnya kebanyakan ilmu-ilmunya hanya terjemahan dari Hizib-Hizib atau Asma’-Asma’ bahkan Ayat-Ayat dan Hadist-Hadist khusus. Ilmu ini dianjurkan supaya teliti membayar zakat sehingga sering diceritakan di masyarakat seseorang banyak sedekah, banyak zakat justru semakin tambah cepat kaya karena seseorang tersebut memiliki ilmu ini.
Bahkan banyak Kyai mengatakan syarat utama ilmu “Gendam Bondo” yang banyak dikenal Pesugihan Islami ini adalah taat menjalani Syariat Islam, Rajin Solat, Puasa, Zakat dan Haji bila sudah memenuhi syarat-syarat dan rukunnya.
Ilmu ini biasanya setelah dipraktekkan, seseorang semakin taat dihadapan Allah SWT, semakin rajin beribadah bersih hatinya dan baik perilaku budi pekertinya dihadapan Allah SWT dan baik menurut manusia maka orang tersebut semakin kaya. Sering kita temukan khususnya di Jawa atau orang-orang yang berkait erat dengan ilmu-ilmu Arab yang ke-Jawen, banyak orang kelihatan usahanya biasa-biasa saja tapi serba kecukupan bahkan kaya atau berlebihan hartanya, maka inilah ilmu yang diamalkan orang tersebut

GENDAM HARTA BENDA SEMUA KENIKMATAN
Dalam keperluan hidup ini ada yang kecil ada pula yang besar, ada yang longgar ada yang kepepet / papa, begitu juga dengan harta atau kenikmatanlain yang kadang ada yang harus kita peroleh secepat cepatnya, misal karena ditagih orang – bayar hutang – ada sakit dadakan dan lain sebagainya.
Dalam kondisi normal seperti ini kita harus mencari jalan secepatnya dan manakala ketemu jalannya kita akan terasa nikmat dan bila kita tak mau mencari jalannya kemudian pasarah tanpa usaha baik secara lahir maupun bathin maka boleh jadi karena ujian hidup yang berat melelahkan dan mepet itu jadi laknat dan adzab karena lemahnya diri kita dalam menghadapi ujian hidup.
Adapun ilmu gendam dibawah ini aslinya hanya digunakan oleh orang-orang yang kepepet / papa buntu jalannya dalam mencari rezeki. Adapun untuk menguasai ilmu ini harus memenuhi tata cara seperti dibawah ini :
• Puasa sunnah 7 hari
• Selama puasa badan usahakan selalu bersih dari hadast kecil dan besar.
• Selama puasa setiap malam kira-kira tengah malam atau menjelang tidur melakukan solat sunnah hajat 2 rekaat dengan tata cara : rekaat pertama habis Fatihah sebelum baca surat-surat Al-Qur’an baca do’a :
Robbana wasi’ta kulla syaiin romatan wa-‘ilman. Pada rekaat kedua habis Fatihah sebelum baca surat-surat Al-Qur’an baca do’a : Fa-amma inkaana minal-muqorrobiina farouhun waroihanun wajannatun na’iim.
• Setelah selesai solat dengan khusyu’ terus berdo’a .
Do’a yang dibaca :
Bismillahirrohmaanirrohiim
Ilaa hadroti Rasulillahi Muhammad SAW
Waila hadroti Malaikati Jibril, Isrofil-Izroil, Munkar, nakir, roqib , Atid, Malik, Ridwan.
Waila hadroti Sayyidina Ashif bin Bakhoyya. Waila Sayyidina Uwais al-Qorniyy
Khususon Sulthonil Auliya’ Syech Abdul Qodir Jaelani
Al-fatihah (41 kali)
Terus Baca do’a :
Aliimun biasraarii
Khobiirun bichaajati
Samiiun bashiirun bil-quluubi wamaa chawat
Bismika arjuu minka naila mathoolibii
Bijaahika fal-amlaaku jaman tasaaroat (100 kali)
Artinya :
Dzat yang mengetahui rahasia hidupku
Dzat yang memahami dengan jelas keperluanku
Dzat yang mendengar dan melihat dengan jelas hati dan apa yang ada di dalamnya
Dengan menyebut nama-Mu aku berharap dari-Mu untuk memperoleh apa yang kucari. Atas kebenaran dzat-Mu pula untuk memeiliki semuanya dengan mudah.

MANTRA MENARIK HARTA
Dalam mencari rezeki memang harus ada usaha, adapun yang dimaksud adalah usaha kerja ada kegiatan yang menghasilkan baik kerja dengan orang lain – dagang atau lainnya dan juga berdo’a atau menjalani laku-laku tertentu secara spiritual yang biasa dijalani orang-orang dulu, nenek moyang kita. Jadi usaha itu ada usaha lahir dan ada usaha batin yang kesemuanya harus kita jalani didalam menempuh tujuan.
Sedang dalam usaha mencari rezeki banyak cara atau usaha batin dan diantaranya harus ditempuh dengan memenuhi tata cara dibawah ini :
• Puasa sunnah hajat 40 hari tanpa pisah harinya.
• Puasa dimulai hari Rabu Pon.
• Selama puasa mantra harus dibaca setiap jam 12 malam.
o Menghadap ke timur dibaca           7 kali
o Menghadap ke selatan dibaca        7 kali
o Menghadap ke barat dibaca 7 kali
o Menghadap ke utara dibaca 7 kali
• Waktu membaca usahakan suci (punya wudhu) dan dipelataran tanpa teduhan bangunan atap atau pepohonan.
• Sebelum membaca do’a (mantra) supaya baca surat Al-Fatihah 11 kali dihadiahkan kepada :
a. Rosulullah Muhammad SAW
b. Malaikat Jibril, Mikail, Isrofil, Izroil, Munkar, Nakir , Roqib , Atid, Malik, ridwan.
c. Sulthonul – Auliya’Syech Abdul Qodir Jaelani
d. Wali Songo : Raden Rahmat Sunan Ampel, Maulana Malik Ibrahim Sunan Gresik, Raden Ainul Yaqin Sunan Giri, Syarifuddin Sunan Drajat, Raden Maqdum Ibrohim Sunan Bonang, Raden Umar Said Sunan Muria, Raden Ja’far Shodiq Sunan Kudus, Raden Syahid Sunan Kali Jogo, Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati.
Terus membaca do’a atau mantra :
Bismillahirrohmaanirrohiim
Laa ilaaha illallah iimaanamnillaah,
Laa ilaaha illallah yaqiinambilallah,
Laa ilaaha illallah aamantu billaah,
Laa ilaaha illallah tawakkaltu alallah,
Urubing dzatullah metu murub, Allah mobah jroning ambegan,
Allah mosik jroning ati, yo roso, ya rasul, Ya rasaning Pangeran, Duh Pangeran kulo nyuwun gampil, Gangsar pados sandhang, tedho, lumintu lestantun gampil kersaning Allah Taala, Laa ilaaha illallah Muhammaddurasulullah.
(Setelah puasa 40 hari sebaiknya do’a/mantra ini dibaca pagi dan sore 1 kali)

DO’A SIHIR HARTA
Hukum aslinya sihir adalah tapi dalam kondisi tertentu sihir itu hukumnya boleh jadi wajib semisal bagi orang yang bankrup manakala tidak berusaha dengan cepat maka orang tersebut boleh jadi kafir maka hukumnya orang tersebut mempelajari sihir jadi wajib. Adapun yang dimaksud dibawah ini adalah ilmu sihir harta yang berasaskan Islam yang sudah barang tidak bertentangan dengan ajaran agama.
Tatacara :
• Puasa sunnah 7 hari mulai hari jum’at sampai khamis.
• Selama puasa mulai malam jum’at do’a dibaca.
• Sebelum baca do’a baca Al-fatihah 7 kali dihadiahkan kepada :
a. Rosulullah Muhammad SAW.
b. Sulthonul Auliya’ Syech Abdul Qodir Jaelani.
c. Para Guru, Kyai, Ayah – Ibu dan Nenek moyang kita, teman dan musuh-musuh kita.
Setelah menjalani puasa tinggal baca do’a setiap habis solat hajat malam sebanyak 7 kali.
Do’anya :
Bismillahirrohmaanirrohiim
Allahumma sholli wasallim wabaarik alaa sayyidina Muhammad.
Allahumma inni ashbahtu wa-amsaitu.
Wa-anna uhibbul khoiro wa-akhrohus-syarro-wasubhaanallahi wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallah Muhammadurosulullah.
Allahumma sahhirlii rezekii.
Wa-aktsir fii thoriiqihi, Wayassir fi tanawulihi, Wawassi?? f makhrojihii.
Allahumma yassir lii rizqon halaalan thoyyiban yaa ni??mal-mijiibi bisyafa??ati habiibika
wakholiilika washofyiiika sayyidina Muhammad sholli wasallim wabarik ??alaihi wakaromati auliyaaika ajmaiin yaa arhamarrohimiin.
Artinya :
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah
semoga sholawat salam dan berkah tetap kepangkuan Nabi Muhammad SAW. Ya Allah
sesungguhnya selalu berharap pagi dan sore dan saya menyukai kebaikan dan membenci
kejelekan. Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah. Yaa Allah sihirlah rezeki kepadaku, perbanyaklah jalanya, mudahkan dalam memperolehnya. Luaskan jalan keluarnya. Yaa Allah mudahkan kepadaku rezeki yang halal dan baik. Hai sebaik-baiknya Dzat yang memenuhi permintaan makhluk dengan syafaat-Nya kekasih-Mu orang pilihan-Mu orang bersih-Mu Muhammad SAW dan atas karomahnya semua Wali-Wali-Mu Hai Dzat yang Mengasihi orang orang yang dikasihi
Dianjurkan bagi orang yang sudah memiliki ilmu ini artinya sudah menjalani tatacara di atas sebaiknya do’a ini dijadikan wirid-an setiap habis solat Fardhu dan diutamakan lagi dibaca pagi waktu akan memulai atau berangkat kerja …Insya Allah mendapat limpahan rezeki yang tak terduga.
___________________________________________
MANTRA GENDAM HARTA
Bagi orang yang ingin kecukupan harta dengan cepat maka sebaiknya menjalani tatacara ini yang merupakan ilmu yang langka dari para leluhur kita yang jadi kekasih Allah SWT dimana semua cita-cita, keinginan dan melimpahnya harta selalu dicukupi oleh AllahSWT.
Tatacara :
• Puasa sunnat hajat 7 hari.
• Puasa mulai Jum’at Legi berkahir khamis Pahing.
• Puasa hari terakhir tidak tidur mulai khamis pagi sampai jum’at pagi.
• Selama puasa setiap hari diusahakan sedekah walaupun sepotong makanan atau segelas air putih.
• Selama puasa setiap matahari terbit dan terbenam selalau baca mantra.
• Usahakan tidak menganggur, sekecil apapun punya pekerjaan/kegiatan/usaha.
Mantra yang dibaca :
Bismillahirrohmaanirrohiim
Allahumma yassir ummurona,
Wawassi arzaaqona, Waqdli chawaaijanaa hammana,
Dak deleng ono, Dak sediyo teko, Dak tuju ono,
Saka kersaning Allah, Laa ilaaha illalllah Muhammadurrusulullah.
Peringatan :
Setiap matahari terbit, matahari terbenam, siang hari (± pukul 12.00) dan tengah malam (± pukul 24.00)
mantra dibaca 7 kali. Usahakan jangan sampai menyakiti hati atau badan orang dan menganiaya haiwan. Setelah menjalani tatacara di atas sebaiknya mantra ini dibaca setiap malam sebelum tidur dan setiap pagi sebelum kita memulai pekerjaan. Kalau sudah ada kemudahan rezeki misal ada pemberian dari orang yang tak disangka-sangka. Kita harus mengeluarkan zakat. Semakin kita banyak sodaqoh maka kita akan banyak berkah dan mudah mendapat rezeki dari semua arah.

AJIAN KAYA HARTA
Sedikit atau banyak, kecil atau besar – rezeki seseorang memang telah diatur oleh Allah SWT, tapi dalam Al-Qur’an juda disebutkan “Allah tidak akan merubah nasib seseorang kecuali orang tersebut berusaha merubahnya sendiri”. Kaedah ini menunjukkan pentingnya usaha untuk maju – selalu tambah – bahkan denagn tingkatan kemampuan dalam berusahalah nasib seseorang ditentukan termasuk rezeki.
Adapun ajian dibawah ini adalah ijazah yang banyak dijalani oleh nenek moyang kita yang berasal dari jawa yang konon bersumber dari para Wali ...
...Jawa yang jadi sesepuh atau penasihat spiritual di Kerajaan Majapahit yang dulu banyak diberikan kepada abdinya yang kesusahan rezeki.
Syarat-syaratnya :
• Mahu menjalani ibadah (solat) dengan baik.
• Benar-benar dalam keadaan kepepet / papa dan memerlukan.
• Puasa sunnah hajat 40 hari.
• Selama puasa makannya hanya sekali, baik buka maupun sahur iaitu pukul 12 malam.
• Selama puasa setiap malam sebelum makan baca do’a / mantra.
• Setelah selesai puasa terus nglowong 3 hari 3 malam.
Mantranya :
Bismillahirrohmaanirrohiim
Ingsun amatek ajiku si wisakrama
Marmati kakang kawah adhi ari-ari
Sadulurku papat kalima pancer
Saduluruku kang kerawatan kang ora kerawatan
Kang metu bareng sedino lan ora metu bareng sedina
Lan sedulurku kabeh bae
Bapanta ana ngarep
Ibunta ana mburi
Mara bukaken gedongku
Maju pat kang ana ing kiblat papat kalima tengah
Ayo podo tumandango bebarengan
Podo gawanen kalumpukno dadi siji.
Saking kersane Allah
Laa ilaaha illallah Muhammadurusulullah.
(Setelah menjalani puasa 40 hari dan nglowong 3 hari 3 malam, do’a / mantra ini supaya dibaca setiap akan tidur dan setiap akan kerja … Insya Allah dalam dekat rezeki mengalir deras menuju anda).

MANTRA KECUKUPAN SEGALA KEPERLUAN HIDUP

Mantra ini khusus untuk orang-orang yang susah mencari keperluan hidup, selalu tidak kecukupan. Kadang ada jalan rezeki yang mudah tapi kemudian sering sekali sulit, selalu seolah buntu tidak ada jalan yang terang , urusan rezeki seakan tertutup semua jalan yang berkaitan dengan rezeki. Mantra dibawah inilah salah satu jalan, ijasah yang sering diamalkan oleh nenek moyang kita dahulu yang konon berasal dari para Wali Songo sebagai kekasih Allah SWT. Yang hidupnya jadi panutan semua ummat manusia
apapun ideologi dan suku bangsanya, untuk bahagia dunia akhirat.
Caranya :
• Puasa biasa 40 hari tanpa putus, kalau putus supaya diulangi dari hari pertama, dulu orang manjalani ilmu ini dengan cara menyendiri dihutan 40 hari dengan makan seadanya, buah-buahan dan dedaunan.
• Selama puasa setiap malam do’a/mantra dibawah dibaca di depan rumah atau dimana saja berada ,
semisal dihutan asal tida beratap rumah atau pepohonan.
• Waktu baca mantra ini kira-kira pukul 12 malam.
• Mengamalkan ilmu ini mulai hari Rabu Kliwon/ Rabu Pon.
DO’A / MANTRANYA
Bismillahirrohmaanirrohiim
Urubin dzatullaah metu murub,
Allah mobah jroning ambengan,
Allah mosik jroning ati,
Ya Allah kagungan rasa,
Rasa mitulungi, Rasa nyukupi, Rasa maringi, Ya rasaning Pangeran
Ya Rasul kang dadi wasilah lantaran mukti mulyo kecukupan,
Duh Pangeran kulo nyuwun gampil, gangsar pados sandhang, tedho, kebeneran kamulyan
tansah lumintu kecukupan lestantun kersaning Allah.
Laa Ilaaha Illahhaah Muhammadur-rasulullah
Orang yang sudah menjalani tatacara ini supaya jangan menganggur tidur atau keluyuran yang tidak ada manfaatnya. Usahakan selalu ada kegiatan meskipun hanya nyapu/bersih-bersih rumah atau membantu kerja orang.
Syarat utama ilmu ini hanya untuk orang yang ikhlas menjalani agama, sehingga sebelum menjalani ijasah mantra ini dianjurkan untuk berbenah diri dalam agama. Supaya nantinya yang membantu keberhasilan bukan Jin atau Syaitan tapi malaikat, karena keberhasilan seseorang yang dibantu oleh Jin atau Syaitan itu akan ditagih di akhirat kelak nanti, sedang pemberian Allah SWT melalui malaikat kepada manusia merupakan nikmat yang harus disyukuri akhirnya menuju kebahagian selamat dunia akhirat.
Demikian syarat utama dalam menguasai ilmu ini yang tidak boleh diabaikan karena merupakan dasar untuk memiliki ilmu hikmah ini dengan cara yang baik dengan harapan selalu diridhoi Allah SWT.
___________________________________________
AJIAN MENCARI REZEKI
Bagi para ahli Hikmah Kejawen ( aliran Jawa ) yang sumber ilmunya dari para Wali, kekasih Allah yang kebanyakan biasanya mengatakan ilmunya berasal dari Wali Songo, dalam mencari rezeki yang mudah mereka menggunakan ajian “Sarineng Urip” adapun ilmu cara memperolehnya melalui riydloh :
Tatacara :
• Puasa nglowong 3 hari 3 malam.
• Puasa dimulai Selasa Kliwon
• Ajian dibaca tengah malam kira-kira pukul 12 malam menghadap kiblat dalam keadaan suci bersih dari hadast besar dan kecil.
• Selama 3 malam tersebut sehabis membaca mantra/ajian supaya diam tidak ngomong kecuali membaca mantra diulang-ulang sampai pagi matahari terbit.
• Selama 3 malam tidak boleh tidur mulai matahari terbenam, jadi tidurnya siang hari.
• Selama 3 hari 3 malam supaya selalu suci, maka bagi yang beristri boleh kumpul istri mulai maghrib sampai pukul 12 malam itupun setelah kumpul supaya lekas mandi besar dan wudhu.
Ajian mencari rezeki “Sarineng Urip”
Bismillahirrohmaanirrohiim
Bapa Adam, Ibu Hawa, Bapa Akasa Ibu Pertiwi
Lantaran kulo amit nyuwun sandang pangan sarinane sawengine
Kecukupan kabeh keperluan urip, sarana gampil
Gampil sarining gampil kersaning Allah
Yaa hu Allah, Ya hu Allah Syafaat Rasul Muhammad Sholli wasallim, Wabaarik Alaih.
Mantra ini dibaca 17 kali setiap malam ...
...dengan tata cara seperti diatas selama tiga malam. Untuk lebih baiknya usahakan mantra ini dibaca setiap malam sehabis solat Isya’ karena mantra boleh bikin kelurga tenang, tentram dan damai serta Insya Allah selalu kecukupan rezeki Amiin.
Banyak diantara kyai menganjurkan kepada yang sudah menjalani tatacara puasa nglowong 3 hari 3 malam ilmu ini supaya setiapmalam membaca :
Bismillahirrohmaanirrohiim
Ilaa hadroti Rasulillahi Muhammad SAW
Waila hadroti Malaikati Jibril, Isrofil-Izroil, Munkar, nakir, roqib , Atid, Malik, Ridwan.
Waila hadroti Sulthonil Auliya’ Syech Abdul Qodir Jaelani
Khususon asaatiidzi wa-asaatidzihim ilaa shohibil- ijaazah wa-abii wa-ummii wajami’I ushuuli.
Al-Fatihah ( 41 kali ).
Setelah membaca Al-Fatihah 41 kali baru membaca ajian “Sarining Urip” demi kemudahan rezeki dari semua arah atas Fadhal – Allah SWT.
___________________________________________
GENDAM REZEKI UNTUK ORANG KEPEPET / PAPA
Bagi orang yang kepepet / papa dalam urusan rezeki dan segala macam keperluan hidup sebaiknya menjalani Ilmu Hikmah seperti dibawah ini dimana keberhasilannya Insya Allah cepat sekali.
Tatacara :
• Menyendiri ditempat sepi jauh dari keramaian atau didalam kamar dalam keadaan suci selama 17 hari.
• Selama menyendiri jangan bepergian jauh-jauh kecuali sangat penting yang tidak boleh diwakilkan dan jangan keluar kamar kecuali buwang hajat, makan, minum, atau lainnya yang sangat penting.
• Selama menyendiri jauhi sifat Haud, Takabur, riya’, namiimah (adu domba), Ghoibah (mengungkap aib orang).
• Selama menyendiri setiap habis solat baca : Ya Fattaahu Ya Rozzaaqu – 313 kali.
• Selama menyendiri 17 hari setiap hari malamnya sempatkan membaca asma Allah Gholmasyin (artinya : Yang Maha Terpuji dan Mulia) 1000 kali dan setiap hitungan 100 membaca do’a dibawah.
Do’a yang dibaca
BISMILLAHIRROHMAANIRROHIIM
TAWAKKALUU YAA KHUDDAAMA HAADZAL-ISMI FI AQDAAMI KASBII WAREZEKII MINALLAAHI BIHAQQI HAADZAL-ISMI ADHIIM
Setelah menyendiri 17 hari dengan laku tersebut diatas usahakan puasa sunnat hajat 3 atau 7 hari sesuai kekuatan badan karena biasanya sehabis tatacara menyendiri ini badan terasa lesu danlemah (kami mendapat 2 macam cara, puasa 3/7 hari).
Selama menyendiri selain wirid dan baca do’a waktu kosongnya diisi baca surat Alam Nasyroh semampunya semakin banyak semakin baik misal 33 kali, 41, 73, 77, 99, 100, 111, 313, 513, 713, 777 atau 1000 kali.
Bahkan dalam banyak Hadist dan Atsaar (Pernyataan sahabat nabi SAW) menerangkan yang ringkasnya, barang siapa melestraikan membaca Surat Alam Nasyroh dirumahnya maka orang itu akan diberkati kelurganya, banyak mendapat rezeki, tenang – tentram – rukun keluarganya dan selalu mendapat pertolongan Allah SWT, dalam hidupnya.
Untuk itu sebaiknya kita selalu melanggengkan membaca Surat Alam Nasyroh dalam setiap saat minimal pada waktu kita melaksanakan Solat Fardhu.
 
Uang Balik Sebenernya
Uang Asmak oleh orang awam sering dianggap sebagai uang balik, yaitu uang yang apabila dibelanjakan lalu kembali (balik) kepada pemiliknya. Bagaimana yang sebenarnya dengan uang asmak itu? Beberapa guru memberikan ijazah tentang uang asmak ini, tapi satupun dari para guru itu, tidak ada yang berani menjanjikan bahwa setelah asmaknya diamalkan, maka menyebabkan uang yang sudah dibayarkan kepada orang lain akan kembali kepemiliknya.
Namun mereka menjelaskan bahwa yang dimaksud uang balik adalah rejeki yang mengalir terus menerus sehingga uang yang kita belanjakan seolah-olah kembali lagi dan kita tidak pernah kekurangan uang, bahkan bila disertai usaha yang sungguh-sungguh InsyaAllah rezeki akan bertambah terus. Tentu bukan seperti anggapan orang awam bahwa uang balik adalah uang yang ketika dibelanjakan akan kembali kepada pemiliknya dengan cara gaib. "Uang Balik" hanyalah kesalahan istilah, jadi jelas tidak ada piranti gaib berupa uang yang bisa kembali secara gaib setelah diberikan kepada orang lain. Jangan sampai Anda
tertipu oleh iklan.
Sekarang ini banyak iklan paranormal yang menawarkan Uang Balik atau Ilmu Gaib yang bisa membuat kaya dalam waktu sekejap. Semua itu adalah kebohongan belaka. Ilmu Kaya mendadak memang ada, yakni dengan menyembah jin pesugihan. Namun ilmu ini juga tidak banyak yang tahu dan sudah tentu merupakan syirik yang besar.
Jika memang ada Paranormal yang bisa memperoleh banyak uang secara gaib atau memiliki uang balik, tentu mereka sendiri sudah sangat kaya dan tidak akan meminta mahar/bayaran. Namun apa kenyataanya? Semua paranormal yang mengaku bisa membuat kaya toh masih meminta mahar. Maka bagi Anda yang masih bermimpi bisa kaya mendadak dengan cara gaib, buanglah impian konyol itu.
Berpikirlah logis, belajar, bekerja dan berdoalah, InsyaAllah kesejahtraan dunia dan akhirat akan Anda peroleh.
Berikut ini adalah Amalan Uang Asmak yang sebetulnya adalah ritual agar kita dimudahkan dalam memperoleh rejeki. Amalan ini diperoleh dari beberapa guru yang saya percayai kejujuran dan keikhlasannya. Ingat bahwa uang yang bisa kembali lagi setelah dibelanjakan adalah tidak ada.
Amalan
berikut merupakan tradisi mistik yang biasa ditempuh untuk memperbanyak datangnya rizqi. Tentu, sepatutnya orang yang melakukan amalan ini juga bekerja. Anda boleh memilih cara mana
.. ...yang paling
menurut Anda paling cocok dengan diri Anda. Jangan mengamalkan semuanya karena akan membuang
banyak waktu Anda.
Uang Asmak I
Cara yang pertama, anda harus mengumpulkan sejumlah uang yang berlaku di negeri tempat anda tinggal, yaitu, dari nilai uang yang paling rendah hingga yang tertinggi. Jika di Indonesia, berarti : Rp. 25,- Rp.50, Rp.100,- Rp.500,- Rp.1.000,- Rp.5.000,- Rp.10.000,- Rp.20.000,- Rp.50.000,- dan Rp.100.000,-
Seluruh uang itu jika dijumlah mencapai Rp. 186.675 ( Seratus delapan puluh enam ribu enam ratus tujuh puluh lima). Selanjutnya, sejumlah uang itu ditambah dengan uang logam kuno (godgem/kethip) dan
dimasukkan dalam peti atau kotak terbuat dari kayu atau besi yang sengaja dibuat untuk melakukan ritual itu.
Jika peti dan sejumlah uangnya sudah tersedia, mulailah untuk melakukan amalan batin. Caranya, selama 10 (sepuluh) malam, harus bershalat hajat 2 rekaat pada tengah malam dan setelah shalat hajat membaca Surat Al-Kahfi (sekali).
Surat Al-Kahfi terdapat dalam Alquran Surat ke 18 Juz 15. Banyak ayatnya 110. Cara membacanya pada tengah malam itu, setiap sampai pada ayat yang ke 109 berbunyi: Qul lau kaanal bahru midaadal likalimati rabbii lanafidal bahru qabla an tanfada kalimaatu rabbii wa lau ji naa bimitslihii madada, dibaca tiga kali. Sedangkan untuk ayat selanjutnya (yang terakhir) dibaca sekali.
Setelah surat Al-Kahfi selesai dibaca, tiup tiga kali pada sejumlah uang yang terdapat dalam peti itu.
Dan amalan ini harus dilakukan pada sepuluh malam berturut-turut tanpa terputus.
Amalan dalam ilmu uang asmak ini tidak hanya bermanfaat pada orang yang membacakan Surat Al-Kahfinya saja. Uang ini pun dapat diwariskan pada anak-cucu, sepanjang mereka masih dapat melanggengkan kewajiban pokok yang harus dilakukan, sebagai berikut:
1. Menyimpan uang itu dan tidak menggunakannya untuk kepentingan pribadi.
2. Setiap kali ada uang masuk (hasil dari perdagangan, hadiah,dll) maka ambillah uang (dalam peti) yang sudah diasmak itu sejumlah 2,5% hingga 10%, dan sedekahkan pada fakir miskin, yatim piatu atau kegiatan sosial keagamaan. Misalnya, anda diberi hadiah uang Rp. 1.000.000,- Maka ambil sesuai prosentasi diatas (2,5 – 10 presen), berarti sekitar Rp.25.000,- hingga Rp.100.000,-. Uang yang diambil untuk disedekahkan itu adalah uang yang sudah diasmak. Selanjutnya, ganti uang yang dikeluarkan itu dari dalam peti dengan uang yang baru anda terima.
Insya Allah, jika hal ini dilakukan secara rutin, maka dalam waktu yang tidak lama, akan ada perobahan, ekonomi lebih maju dan berkah disebabkan oleh laku lahir batin, yaitu, secara batin melakukan shalat hajat selama 7 malam dan membaca Surat Al-Kahfi, dan amalan lahir berupa sedekah kepada orang yang berhak menerima.
Amalan yang menyeimbangkan antara ritual dengan sosial, jauh lebih cepat bereaksi dibanding jika hanya menekankan pada satu sisi saja. Terbukti, banyak orang mengamalkan wirid untuk kemudahan rezeki, namun karena bersifat bakhil (enggan berderma), amalan wiridnya pun seperti tidak manjur.
Sebaliknya, orang yang (maaf) ibadahnya sedang-sedang saja, namun karena sifatnya dermawan, justru lebih cepat menerima karunia dari Allah SWT.
Dan seorang guru hikmah menjelaskan, amalan yang bersifat batin (wirid) itu adalah ibarat pohon. Buahnya adalah perwujudan sikap dermawan seseorang terhadap sesamanya.
Dengan memahami hal ini, pemahaman tentang “uang balik” adalah uang yang dibelanjakan dijalan Allah, kemudian setelah itu Allah SWT akan mengembalikannya yang lebih banyak. Sedangkan jika ada orang berani menjanjikan adanya uang yang dapat kembali setelah dibelanjakan, patutlah kita curigai. Logika anak kecil saja mengatakan, “Jika orang dapat mengembalikan uangnya setelah dibelanjakan, buat apa repot-repot memasang iklan.”
Uang Asmak II
Jika dengan cara pertama anda kesulitan karena terbatasnya dana dan kemampuan membaca Alquran, anda dapat menggunakan alternatif lain yang lebih mudah dengan cara:
1. Puasa 1 hari pada hari Kamis.
2. Sediakan 7 lembar uang dengan nilai yang sama.
3. Setiap satu lembar uang dibacakan Surat At-Thalaq 2 – 3 sebanyak 7 (tujuh) kali ulangan lalu ditiupkan. Untuk 7 lembar uang berarti 49 ulangan.
Wirid untuk mengasmak uang ini dilakukan setelah berbuka puasa dan shalat mahrib. Selanjutnya, setiap lembar uang itu di sedekahkan selama 7 hari berturut-turut, dimulai hari Jum’at hingga Kamis. Lakukanlah pengasmakan uang ini minimal tiga bulan sekali. Namun ada juga yang melakukannya bukan pada hari Kamis, melainkan memilih pada hari kelahirannya. Seperti halnya kaidah yang pertama, cara yang inipun menyeimbangkan antara amalan lisan dengan perbuatan. Karena setelah uang disedekahkan, dalam keseharian itu anda disarankan untuk membaca wiridnya minimal 7 (tujuh) kali ulangan.
Wirid yang diamalkan adalah Surat At-Thalaq ayat 2 – 3:
Wa may yat-taqil laaha yaj’al lahuu makhrajaa, wa yarzuqhu min haitsu laa yahtasib, wa may yatawak-kal ‘alal laahi fa huwa hasbuh, in-nal laaha baalighul amrih, qad ja’alal laahu likul-li syai-in qadraa.
Bagaima reaksi dari amalan batin tentang uang asmak ini? Berdasarkan pengalaman, jalan rezeki itu jauh lebih mudah. Dan dalam kondisi yang sangat terdesak, ada saja cara Allah mencukupkan kebutuhan. Dan uniknya, sebagaimana makna dari ayat yang dijadikan wirid, pertolongan itu datang dari jalan yang tidak diduga-duga.
Terkadang pun ... ...sesekali terjadi, ada uang misterius yang masuk kantong, tas atau laci meja yang disebut
rezeki min haitsu laa yahtasib (dari pintu yang tidak diduga-duga). Namun secara logika, uang itu boleh jadi berasal dari uang kita juga yang semula nyelip. Namun karena itu kita temukan disaat butuh, kesannya menjadi sangat berharga.
Namun jika datangnya uang misterius itu sangat sering dan tidak masuk akal, jangan sekali-kali punya keyakinan bahwa uang itu berasal dari khodam yang mencuri. Anda harus yakin bahwa itu berasal dari Allah SWT. Itu rezeki sebagaimana Allah Yang Maha Pemurah mengirimkan makanan (buah-buahan) pada perawan Maryam ketika dikurung dalam mihrabnya.
Uniknya, keajaiban dalam ilmu hikmah itu baru terjadi ketika kita sudah tidak terlalu bernafsu (membutuhkan) dengan keuntungan-keuntungan yang bersifat duniawi. Sebab, orang-orang yang diberi jalan keluar dari segala persoalan dan rezeki dari pintu yang tidak terduga adalah mereka yang takwa dan tawakal, sebagaimana tersebut dalam ayat yang menjadi amalan rutin itu, yang artinya:
Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, tentu akan diadakan-Nya jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari “pintu” yang tidak diduga-duga olehnya. Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka Ia akan mencukupkan kebutuhannya. Bahkan sesungguhnya Allah pelaksana semua peraturan-Nya. Dan Allah juga telah menjadikan segala-galanya serba berukuran.
Uang Asmak III Cara lain bagi yang tidak mampu dengan cara tersebut di atas, cukuplah dengan membaca Surat Al-Kahfi
: 109 : Qul lau kaanal bahru midaadal likalimaati rab-bi lanafidal bahru qobla antanfada
kalimaata rab-bii wa lau jinaa bimitslihi madadaa.
Cara ini sering disebut dengan asmak “uang bibit”. Orang yang berprofesi sebagai pedagang yang setiap saat butuh mengeluarkan uang untuk belanja, lebih cocok dengan cara yang ke – 3 ini. Adapun cara riyadhah (laku batin)-nya adalah, selama 10 malam membaca shalawat nabi sebanyak 1000 (seribu) kali, dilanjutkan dengan surat Al-Kahfi ayat 109 sebanyak 100 (seratus) kali, lalu ditiupkan pada sejumlah
uang yang masih laku ditambah uang kuno sebagaimana cara uang asmak ke-1.
Cara mengeluarkan uang dari dalam peti pun sama seperti aturan yang berlaku pada cara ke – 1. Yaitu, dengan prosentase : 2,5 presen – 10 presen. Bedanya cara yang ke- 3 ini, uang dalam peti dapat digunakan untuk belanja yang tujuannya barang belanjaan itu akan dijual kembali ( Jawa : kulakan ) Uang yang sudah diasmak, jika dikeluarkan dari peti pun tetap harus diganti lagi dengan uang yang baru yang belum diasmak. Dan yang mengamalkan cara ke – 3 ini masih memiliki tugas lain.
Yaitu, setiap kali hendak berangkat belanja, menghadap kiblat membaca syahadat 3 kali. Menghadap utara membaca syahadat 3 kali, menghadap timur membaca syahadat 3 kali, menghadap selatan membaca syahadat 3 kali, menghadap kiblat namun menengadah membaca syahadat 3 kali dan terakhir menunduk dan membaca syahadat 3 kali.
Setelah itu berdoa semoga barang yang akan dibeli nantinya diberi berkah oleh Allah SWT dan orang yang menerima uang dari anda pun, diberi limpahan berkah.
Jadi, konsep dalam uang asmak, jangan ada niat untuk merugikan pihak lain. Dengan menjalani ijazah uang asmak, justru kita disarankan banyak bersedekah kepada fakir miskin, dan mendoakan orang lain diberkahi Allah SWT. Segala prilaku baik membuahkan kebaikan pula. “Barangsiapa mengasihi yang di bumi, yang di langit pun akan mengasihinya.”
Uang Asmak IV
Cara ini lebih praktis. Anda cukup memilih waktu yang dianggap “hari baik” untuk bersedekah. Namun cara bersedekah itu agak unik, yaitu, mengikuti jumlah “Sembilan”.
Misalnya, Rp. 90,- Rp. 900,- Rp. 9.000,- Rp. 90.000,- dan seterusnya, tergantung kemampuan anda.
Sejumlah uang yang dipilih untuk disedekahkan itu tidak perlu diasmak, melainkan langsung disedekahkan kepada orang yang patut menerima, secara terang-terangan, atau secara rahasia. Mengenai hari yang dianggap baik itu tergantung selera. Ada orang yang menganggap bersedekah yang paling baik pada hari Jum’at, namun ada yang memilih hari kelahirannya berdasarkan kalender Jawa.
Bersedekah, menurut ajaran agama, yang paling baik dilakukan secara rahasia atau sirri. Karena itu, ada yang memilih sedekah kepada orang buta, atau mengirimkan uang itu (melalui pos) tanpa menyebutkan dari siapa uang itu dikirim.
Hikmah melakukan sedekah rahasia amatlah besar. Bahkan para ahli hikmah menyarankan, seseorang yang akan memulai suatu ritual batin, hendaknya memulainya dengan bersedekah terlebih dahulu.
Sedekah itu menjadi pendorong lebih cepatnya sampai apa yang dicita-citakan.
sumber: metafisika.info For Rizq (Sustenance Cukup) Sekali Prophet's (dilihat) putri Fatima Zehra (sebagai) meminta nabi untuk satu penolong. Prophet(dilihat) mengiklankan dia untuk menceriterakan Tasbih berikut adalah saat ini dikenal sebagai Tasbih Zahra. Ini Tasbih adalah biasanya diceriterakan setelah setiap sembah. Bagaimanapun itu juga mempunyai nilai besar untuk memecahkan permasalahan [dari] Rizq, Makanan atau minuman bergizi, Bisnis, Pekerjaan dan lain-lain. Orang harus menceriterakan tasbih dengan niyat (niat) dari mencari-cari rizq (makanan atau minuman bergizi), sebelum meninggalkan rumah ,sebelum memulai bisnis atau sebelum pekerjaan permulaan di kantor.
34 kali Allah  Akbar,33 Alhumdolillah & 33 kali Subhanallah
Inshallah rizq permasalahan mungkin menjadi mengatasi dengan hal ini.

Doa Seribu Dinar:
Wa mayyattakillaha yaj allahu makhrojaa wayar zuqqhu ...
...min khay tsu la yahtasibu wamayya tawakkallu 'alallahi fahuwa khasbuhu innallaha balighu amrihi qad ja'alallahu likulli syai'in qodraa.
Artinya:
"Barangsiapa bertakwa kepada Allah, nescaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.Dan memberi rezeki kepadanya tanpa di sangka-sangka.Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkannya.Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendakiNya.Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." dibaca sehabis sholat sunnah taubat dan sholat sunnah hajjat sebanyak 33X selama 7 hari berturut 2 Insyaallah segala himpitan kesulitan dan segala kesusahan akan teratasi.
Amalan Surat waqiah Surat ini terkenal sebagai surat yg membawa kekayaan, konon org yng mengamalkannya setiap malam tidak akan pernah didekati oleh kefakiran.
Ada salah satu laku tuk mendatangkan kekayaan dgn surat ini, yaitu Mengamalkannya selama 40 hari, dan tiap harinya harus membaca 40 kali pula.
Jika salah satu hari kurang maka, 40 harinya harus diulang lagi.
Amalan Surat Al fatiha baca al fatihah paling enggak sehari 40 kali dalam waktu paling sedikit 1 bulan. kalo belum terkabul jgn cepet putus asa.
al-fatihah membuka hambatan energi, baik itu hambatan di rejeki, jodoh, kesehatan, silaturahmi dan lain lain. Dzikr penarik dan keberkahan Rezeki
Anda bisa amalkan dan coba rasakan perbedaan =Dibaca setelah selesai sholat Dhuha=

1. amalkan riyadhoh ini selama 7 hari berturut2. kalau bisa mulai hari minggu sesudahnya cukup 1 kali dalam 1 minggu pada hari minggu.

2. menghadap kiblat, namun kalau bisa agak geser sekian derajat ke arah kanan, sedikit saja (bukan menghadap utara boss ..)
kalau sholatnya ya hadap kiblat rek.

3. Dzikir ini menggunakan tekhnik tahan nafas, tarik nafas lewat hidung tahan semampu mungkin dalam hitungan dzikir (pake tasbih ngitungnya jangan gunakan kalkulator).
gunakan tekhnik 3x tarikan (1tarikan nafas diusahakan 33x hitungan dzikir)

1. tarik melalui hidung -tahan di dada- hembuskan lewat hidung, kosongkan semua udara yang ada pada dada

2. sama seperti pada no. 1

3. pada waktu menghembuskan nafas, kosongkan nafas yang ada di dada, begitu terasa abis semua hembuskan nafas melalui mulut, kosongkan semua udara yang ada di perut. lalu tarik nafas lagi mengulang seperti diatas. jadi dengan 3 tarikan nafas hitungan anda sudah dapat 100. (paham gak ya... , mudah2an paham)

4. mandi besar ya ....

sebelum mulai dzikir diharap mandi, disamping biar ga bau, kita benar2 berharap dengan mandi membuang segala kesialan dan selalu dilindungi oleh yang Maha Kuasa.
ini do'a mandinya ..."
"Nawaitu salamatan Dhohiran wa bathinan lillahi ta'ala. Allahu Akbar3x"
ketika ambil air sebelum diguyur pandang air tersebut seraya baca do'a . ketika baca Allahu Akbar3x
hembuskan nafas pada air tersebut. ulangi sampai 3x. untuki yang terakhir lafadz Allahu Akbar tidak usah dihembuskan namun dibaca ketika air diguyurkan ke kepala. dah beres mandinya, terusin mandi sampai selesai.
ini do'anya .
BISMILLAHIRROHMANIRROHIM 786X
fahami kalimat Thoyyibah tersebut, resapi .....
dan ... rasakanlah kasih sayangNya akan menyelimutimu dalam segala urusanmu sak rinone sak wengine sak lawase urip Amien.
klo ada yg kurang faham tanya bro ya ... qta share koq, soalnya ada tekhnik lanjutannya neh. untuk yang .., kenapa hadapnya harus geser dikit kekanan, harus tahan nafas, qta bahas lebih lanjut.
sorry banget klo bahasanya gak karu2an. thanks
penglarisan dan menjauhkan durjana serta sengkolo
di warungnya hari kamis tepat jam 12 malam
bacakan Al Fatihah 33x,Ayat Qursyi 33x,trus bacain Ya amil rizki ya Allah 33x
trus siapin satu lidi,atau bambu kuning di potong 5 cm
bacakan sapu jagad 100x,simpan di tempat penyimpanan uang...
insyal Allah ga akan ada bala atas restu Gusti Allah

Penglarisan Lain
Puasa mutih 3 hari 3 malem
setelah selesai di baca abis sholat :
Ajiku si syahadat Ali...
Ali kun jali Wa syaidinna Ali
Lukmanul hakim 11x....
syahdatku tuan Gusti Allah
amin ya roball alamin
bacakan 2 kalimat syahdat....

syaratnya :
dari uang hasil dagang di gunakan 2,5% buat yang membutuhkan
klo ngga bisa jadi penyakit di keluarga.. Amalan Nariyah
ambil dedaunan yang ada di pasar.........
bacakan sholawat nariyah 101x... tanamkan di tempat yang ingin di ramaikan.....
Amalan sholat setiap selesai sholat salawat 100x... dzikir Ya Razak.. 100x
lailahailaanta subhanaka inni kuntu minal dzalimin 100x
lalu berdoa...(berdoa bebas..)... insyaAllah..silakan dicoba... Beberapa Resep.
bunga pandan yg telah dikeringkan kemudian dijadikan bubuk ialah sebagai salah satu sarana bumbu yg menjadi suatu rahasia di kalangan penjual bakso yg sangat laris
dan cukup dengan bumbu itulah yg menjadi pelarisannya karena siapapun yg telah mencicipinya akan merasakan "ketagihan"
cari aja buah kelapa yg dikerubungi lebah atau dijadikan sarang bagi lebah(cr dipedesaan lereng gunung,kadang ada yg jual,biasanya sih 100-200rb).trus tanam di area usaha anda.insya'Allah manjar  Kalo utk cara yg bagus utk gw dan gw harap sukses berjalan utk yg lain

1.Tulis tujuan hidup anda dan renungkan. Berdoa lan setiap hari dgn niat tulus dan tekad berjuang

2.Bergaul dgn org yg optimis dan rajin.. karena saya percaya aura positif org laen dpt mempengaruhi org lain..

3. Tulis usaha anda telah lakukan tiap minggu dan kemajuannnya...

4. Berbuatlah baik kepada org lain dgn niat baek... Tuhan jg tidak melupakan anda. Tuhan jg Memberikan pertolongan kepada anda melalui org lain
Ini saya dapat sekitar pada tahun 1996 pada saat di kampung saya sedang ada pemilihan Kepala Desa..dan kata si empu yang punya..ini bisa buat sarana untuk ...
...meramaikan usaha..dan mendatangkan
banyak orang dan membuat pendatang/konsumen pada betah.
Pada pengetahuan ini melalui beberapa media yang salah satunya lumayan susah dicari. Diataranya media yang digunakan adalah :
1. Bunga Kantung Semar
2. Beras Ketan hitam
3. Daun Alang-alang

Caranya :
1. Siapkan ketiga media ini, Kemudian masukkan beras ketan hitam kedalam bunga Kantong semar kemudian bungkus rapi boleh dengan apa saja...asal transparan pembungkusnya...tidak dibungkuspun boleh juga.

2. Pada saat waktu Ashar/kurang lebih jam 04.00 Sore, kita berdoa minta kepada Gusti Allah SWT " Duh Gusti Allah SWT Lumantar meniko Kawulo Nyuwun supaya............lan mboten diganggu usawa kawulo meniko kaliyan sakabeh makhluk ingkang bade gawe cilaka kawulo lan badan sarira kawulo. Ku kersaning Allah".

4. Kemudian Pasanglah di atas pintu.
Penjelasan secara rasionya adalah :

1. Bunga Kantung semar dikenal sebagai bunga yang suka memakan serangga yang masuk kedalamnya dengan memancingnya melalui bau yang dihasilkan oleh Bunga Kantong semar (itu sebagai simbol kita melakukan perangkap semoga para konsumen pada datang dari mana saja dan masuk ke dalam tempat usaha kita)

2. Beras Ketan hitam dikenal sebagai jenis beras yang mempunyai daya lengket yang tinggi/ pada bahasa jawanya "pliket" (sebagai simbol supaya para konsumen nantinya kl sudah masuk ke dalam tempat usaha kita jadi betah dan selalu balik/ketagihan datang ketempat kita)

3. Sedang alang²/ dalam istilah jawanya "memalang" (sebagai simbol apabila ada yang mengganggu diharapkan bakalan akan mati dengan tidak sewajarnya) sekiranya ini bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bisa dimanfaatkan sebagai mana mestinya.. Wassalam semoga bisa membantu... Pertama tama, ketika anda bangun tidur, lihatlah keluar jendela, ketika anda melihat daun / bunga, potong kira kira sepanjang korek api batang ( jangan ada keraguan saat mengira-ngira + dimulai dari pangkal bunga / pangkal daun tersebut) siapkan satu kain putih, yang sekiranya bisa membungkus penuh tangkai tersebut, lalu ikat dengan benang putih agar tidak terlepas. (kalau bisa benang dari kain tersebut ) genggam dengan tangan anda, pejamkan mata anda, kosongkan pikiran anda, setelah dirasakan pikiran anda sudah terbebas, dan kosong. bacakan kalimat dibawah ini :
Ya gusti yang maha pemberi rizky, kepada Mu aku memohon.
Lapangkan hati ini dalam menerima Rizky dari Mu.
Tiada mampu aku menghitung Rahmat yang telah Kau Berikan semenjak ruh ini bersemayam dalam Jasad.

SESUNGGUHNYA
kesenangan adalah Milik Mu
Ke elokan adalah milik Mu
Kekuatan adalah milik Mu
Takdir adalah milik Mu,
Gusti pemilik apa yang ada di antara langit dan Bumi
Sekiranya Rizky ku berada di Dalam Langit, Turunkanlah
Sekiranya Rizky ku berada di dalam Bumi, Keluarkanlah
Sekiranya ia Kotor, Maka Sucikan lah
Sekiranya ia Jauh, maka Dekatkan lah
Lapangkan hati Ku dalam Menerima sebutir Rizky Yang Kau Hadapkan kepada ku.
Ingatkanlah aku dalam Menerima tugasku atas rizky itu.
Segala Puji Hanya Milik MU.
Amin... Ya gusti pemilik segala yang rizky dan rahmat.
* baca sekali tanpa terputus / terbata bata!.
kiranya lebih baik dihafalkan dulu dalam kalbu sebelum lelakon.
bawa kemana pun anda sedang berbisnis.
semoga bermanfaat Segala Puji hanya milik Nya
Penjelasan.
Kenapa harus tangkai bunga / daun yang pertama dilihat. (Dari tangkai tersebutlah bunga / daun itu bisa berkembang) kenapa kain putih ( karena saat terlahir diri kita ini suci tiada ada nafsu, keinginan dan permasalahan serta beban, seperti kain putih tersebut, yang tiada noda ) DIA telah menciptakan Kalam DIA dengan tiada batasnya, salah satunya adalah dengan meletakkan Buah kelapa kuning tunggal di tengah-tengah rumah dan dibawah genteng ditambah untaian padi, letaknya di 'penuwun' (balok paling tinggi di rumah)..penuwun juga berarti permohonan (bhs jawa)..biasanya adat jawa begitu..untuk menaikkan/memasang penuwun biasanya juga disertai ritual khusus, yg dimaksud buat menaikkan/memanjatkan permohonan kpd tuhan.
Dzikr penarik dan keberkahan Rezeki Anda bisa amalkan dan coba rasakan perbedaan
==Dibaca setelah selesai sholat Dhuha==

1. Amalkan riyadhoh ini selama 7 hari berturut2. kalau bisa mulai hari minggu sesudahnya cukup 1 kali dalam 1 minggu pada hari minggu.

2. menghadap kiblat, namun kalau bisa agak geser sekian derajat ke arah kanan, sedikit saja (bukan menghadap utara boss ..)
kalau sholatnya ya hadap kiblat rek.

3. Dzikir ini menggunakan tekhnik tahan nafas, tarik nafas lewat hidung tahan semampu mungkin dalam hitungan dzikir (pake tasbih ngitungnya jangan gunakan kalkulator).
gunakan tekhnik 3x tarikan (1tarikan nafas diusahakan 33x hitungan dzikir)

1. tarik melalui hidung -tahan di dada- hembuskan lewat hidung, kosongkan semua udara yang ada pada dada

2. sama seperti pada no. 1

3. pada waktu menghembuskan nafas, kosongkan nafas yang ada di dada, begitu terasa abis semua hembuskan
nafas melalui mulut, kosongkan semua udara yang ada di perut. lalu tarik nafas lagi mengulang seperti diatas. jadi dengan 3 tarikan nafas hitungan anda sudah dapat 100. (paham gak ya... , mudah2an paham)

4. mandi besar ya ....
sebelum mulai dzikir diharap mandi, disamping biar ga bau, kita benar2 berharap dengan mandi membuang segala kesialan dan selalu ...
..dilindungi oleh yang Maha Kuasa.
ini do'a mandinya ..."
"Nawaitu salamatan Dhohiran wa bathinan lillahi ta'ala. Allahu Akbar3x"
ketika ambil air sebelum diguyur pandang air tersebut seraya baca do'a . ketika baca Allahu Akbar3x
hembuskan nafas pada air tersebut. ulangi sampai 3x. untuk yang terakhir lafadz Allahu Akbar tidak usah
dihembuskan namun dibaca ketika air diguyurkan ke kepala. dah beres mandinya, terusin mandi sampai selesai.
ini do'anya .
BISMILLAHIRROHMANIRROHIM 786X
fahami kalimat Thoyyibah tersebut, resapi .....
dan ... rasakanlah kasih sayangNya akan menyelimutimu dalam segala urusanmu sak rinone sak wengine sak lawase urip Amien.

PENGASIHAN/MAHABBAH
Buku Besar Forum Supranatural ? PENGASIHAN
Mengenai pengetahuan mengenai Pengasihan dan Pelet di Forum Supranatural memiliki peminat yang
lumayan banyak dibandingkan keilmuan yang lain. Sehingga ragam dan jenisnya juga banyak, baik dari versi Islam, kejawen maupun lainnya.

1. AJI SEMAR MESEM
Bismilah....
Ingsun matak ajiku si semar mesem, mut-mutaku inten cahyane manjing pilinganku kiwa lan tengen, sing nyawang kegiwang, apa maneh yen sing nyawang kang tumancep kumanthil ing telenging sanubariku.. ya iku si djabang bayi........teka walas teka asih saking kersaning Allah,
laillaha ilallah muhammad rasulullah.
(Vibel)Mutih 7 Hari, pati geni 1 hari di hari slasa kliwon.
dibaca setiap akan tidur 7 kali dan membatin orang yang dimaksud...
2. (ioi)Pengasihan dari Kyai Muhammad Zamzami
Kiai Muhammad Zamzami , Ngebong Margorejo Tempel Sleman memberikan doa
mahabbah (pengasihan) berupa wirid dan mantra. Jika diamalkan sungguh-sungguh, akan dicintai siapa saja. Doa yang harus diwiridkan yaitu:
Allohumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalatan tunjinaa bihaa minjamii’il
ahwali wal aafaati/wataqdhii lanaabihaa jamii’il ahwaali haajaati/watuthahhirunnaa
bihaa minjamii’is sayyiaati/watar fa’unaa bihaa ‘indaka a’lad darajaati/watuballi
ghunna bihaa aqshal ghaayaati/minjamii’il khairaati filhayaati waba’dal
mamaati/washollallaahu ‘alaa khairi khalqihii sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa
aalihi washahbihii wasallam

Doa tersebut dibaca 11 kali tiap malam. ”Sebelas berarti welas. Membaca sejumlah itu akan diwelasi (dicintai) siapa saja. Pada malam Jumat, lebih afdol jika jumlahnya
ditambah hingga 100 kali atau lebih. Menurut keyakinan ulama, mewiridkan salawat
sangat cepat untuk meraih hajat yang diinginkan,
Sedang mantra yang harus dibaca yakni:
Sang manik semar uripmu wus kecekel dening aku. Diluk dingkul ketungkul dingkul
(dibaca 3X sambil menahan nafas). Kabeh mau soko kersaning Gusti Alloh. Laa
ilaaha illallah Muhammadurrasulullah
Dibaca 3 kali setiap akan bicara di hadapan banyak orang.Bila diamalkan, semua
orang yang mendengar omongan kita akan memperhatikan. Akan luluh dan akhirnya menyayangi kita,mohon agar wirid dan mantra ini diamalkan untuk kebajikan.

3. (ioi)Pengasihan Umum
ilmu ini bukan dari saya, tapi dari saudara Mas Firman Khasiat : untuk pengasihan
umum,wibawa dan dihormati orang-orang sekitar yg tentunya harus didukung oleh
tingkah laku yg baik atas izin Allah.

Ayat yg dibaca:
Bismillahi rahmanirrahiim bada'tu bibismillaahi ruuhii bihih tadat.Ilaa kasyfi
asraari bibaathinihin thawat.

Cara baca: bacalah 20x setiap malam sehabis sholat isya atau boleh juga 4x setiap
habis sholat fardhu selama 7 malam berturut-turut tanpa putus,klo putus harus
diulangi dari awal.setelah 7 malam cukup diamalkan 4x setiap habis sholat....silakan
buktikan sendiri khasiatnya!

4 (Liverpooldian)Pengasihan Sindung
he' yo aku sindung
yo aku liwang yo aku liwung
aku kang ono kene' kang ngeratoni
sa kabehing roh kang dumadi
kabeh rohing banyu, bumi, angin, geni
rohing jim,setan, peri, parayangan
rohing jengges tunung tumlodong
rohing santet, rohing racun, rohing danyangan
rohing gamman, rohing pengasihan
rohing.....1 podo sujud katut ke'rut marang aku.....2
he'h yo aku ratu agung ratu maulono demunung ono pulo kenconoku kene'
Keterangan. 1 = nama orang yng di tuju, 2= tujuan kita
menurutk Mantera komplit buat apa aja tapi semuanya tergantung tenaga kita untuk mencapai tujuan.

5. (ioi) Amalan ini berguna untuk menjadikan lawan jenis mencintai anda dan dapat di gunakan untuk non muslim juga.
Caranya :
* Bersihkan tapak kaki anda * Siramlah tapak kaki anda dengan air (saat berwudu') dan gunakan air bekas siraman tapak kaki anda tersebut untuk dimasak dan digunakan untuk minum si dia * Si dia akan jatuh cinta kepada anda * Ini juga cocok untuk pasangan yang selingkuh agar kembali

Keterangan: Air diatas adalah air wudu'. Karena berkah wudu', airnya bisa digunakan untuk apa saja, bisa untuk pengobatan penyakit seperrti diminum atau diusapkan ke bagian yang sakit.
6. (ioi) Pelet Rokok
Amalan ini berguna untuk menjadikan lawan jenis mencintai anda.
Caranya :
* Sediakan sebatang rokok
* Lakukan solat hajat 2 rokaat
* Bacakan ayat 84 surat An Nisa dimulai dari 'ASALLAAHU AYYAKUFFA ....dst. Bacakan
sebanyak 41 x
* Setiap dapat 1 x bacaan, tiup ke rokoknya.
Jadi ada 41 x tiupan
* Gunakan rokok tersebut untuk dibakar dan asapnya agar diarahkan ke si dia agar si dia menghirupnya. Jika si dia menghirupnya, maka si dia akan jatuh cinta kepada anda. Jangan pakai ganja yaa, bisa bisa tuh cewek high nanti.
7. (ioi) Pengasihan Merukunkan Orang yg Mau Bercerai.
Oleh karena itu, bila bisa cegahlah agar mereka jangan sampai bercerai. Berikut adalah salah satu bentuk ikhtiar untuk mencegahnya.
-Setiap usai salat wajib membaca:
a. Surat Al-Fatihah di tujukan kepada:
-Ruh fulan bin fulan (pihak suami)
-Ruh fulanah binti fulan (pihak istri)
b. Surat Al-Ikhlas (sebelas ) 11 kali:
Qul huwallahu ahad, Allaahush-shamad, lam yalid walam
yuulad walam yakun-lahuu Kufuwan ahad.
c. Pada jam 12 malam membaca ayat di bawah ini
sebanyak 300 x Wa-alqaytu 'alayka mahabbatan
......minnii walitushna'a'laa 'ainii
d. Kemudian berdoa:
"Ya Allah Yang Maha Kuasa, berikanlah kerukunan dan cinta kasih antara fulan (suami) dan fulanah binti fulan (istri).
e. Amalan di atas di lakukan selama tujuh hari berturut-turut. Insya Allah apa yang kita minta diridhoi oleh Allah SWT. Amin.

8. (ioi) MAHABBAH PEMIKAT SUKMA.
Bismilah... Kaf Haa Yaa Ain Shood 25X Allahumma bikaafi kifaayatika ikfinii syarro nafsi wal
kholqi ajma'in wa bihaa'i hidaayatika ihdinii wahdi lil kholqo ajma'in. wa biyaa'i yumnika yamminnii wa yammin liyal kholqo ajma'in wa bi 'aini 'inayatika a'inni wa shakhir lii ma'unatal kholqi ajma'in wa bishoodi shulhika ashlihni wa ashlih liyal kholqo ajma'in Bihaqqi fa'syailun syaluukhiyya asyliikhuuthoo syakhuuthoo ya syaikh thoithowaal, shakhir liyal jinna wal insa, ya man yaquulu lisyai'in kun fayaa kun , kawwin kaf,haa,yaa,ain shood bisirri (laa illaahaa ilalaah 3X) wa shollallaahu alaa sayyidinaa muhammadin wa aalihi wa shohbihii wa sallam,walhamdullillahi robbil allammin..
Keampuhan doa ini akan mendapatkan kasih sayang dari seluruh mahluk baik manusia maupun jin. Baca secara rutin sehabis sholat shubuh dan ashar 1X. maka pada diri anda akan timbul daya pesona yang kuat, dan siapa pun yang memendang akan terpesona oleh daya tarik anda yang bagaikan magnet. tapi bagi non muslim cukup membaca seperti ini:
"wahai saudaraku Kaf Ha Ya Ain Shod yg berdiam di awan merah" bantulah
aku............................(sebutkan hajatnya}

9. ( Ki sawung ) Pengasihan SANG HYANG DENTA ISMAYA
Astagfirullah.. Astagfirullah. yang kasih den kasihing. yang wisesa jasmani. tangkal asihan ruhani . ratu asihan diaranan roh idhofi. dzat asih dzat ilham
Astagfirullah.. Astagfirullah. aran sira tandegan rasa. aran ingsun sang kulater. kun fayakun nara inten Allah. sopo iku kag gumilang. gilang ing giri soca. sujudan rukunana . ya ingsun Allah pasti rasa.
Astagfirullah.. Astagfirullah. siraku menggang herang. ngir anu putih resma putih
ya ingsun sang tesma putih
Astagfirullah.. Astagfirullah. Allahumma wujud suci. pandita acina rasa
rasa sajatining hurip. dzat hilang hilangna kupanarima
Astagfirullah.. Astagfirullah. Allahumma wujud ilmu. nur suhud hayu gaiban ing Dzatullah hayu gaiban hayu gaiban

Keterangan :
dalam pergaulan kita selalu dihargai dan diperhatikan oleh perempuan.Baca mantera ketika lg kepengen.. maksudnya kalau hati lg terpanggil atau tergerak krn inget mantera itu maka bacalah..
Caranya kita harus puasa 3 hari.. , disaat puasa itu, jika kita lagi buang air besar,
mk syaratnya ga boleh sambil kencing. kemudian ga boleh tidur sambil berbaring. kemudian ga boleh duduk sambil bersandar.kemudian ga boleh bersiul-siul.ternyata ga usah pun dipuasai, daya mantera itu sudah terlalu kuat. yang penting hapalin saja. malah setelah sering membacanya, suka datang datang petunjuk gaibnya sendiri mengajarkan secara khusus untuk apa kegunaannya dan bagaimana cara membaca dan menggunakannya..

10. taksu )Aji Sang Katresnan (pengasihan-kejawen)
syarat: puasa mutih 3 hari / 7hari

mantra:
hong welahing awegenam astu nakmas sidep premanem
sang katresnan gendongen aku. lepasna panca bayaku tutna sesejaku,tutna anggonku duwe seja. kekarepan ndayuh si jabang bayine.........(nama ) ojo pati-pati mari welas asih karo aku yen durung kaling-kalingan bumi sing tak incik iki (gejuk bumi 3x)

11. (bathara Semar ) PENGASIHAN UNTUK PEGAWAI DI TEMPAT KERJA
Untuk pengasihan pada teman/ orang di tempat kerja, dibaca ketika menghadapi orang tersebut atau ketika hendak menuju kantor / tempat yang dimaksud.
• Allahu robbuna warobbukum lana.
• A’maluna walakum a’malukum.la hujjatu bainana wa bainakum
• Allahu yaj ma’u bainana wa ilaihil mashir.
• Ath fa’ tu ghadhobaka bi Lailahailallah.
• Was taj lab tu mawad dataka wa ridhoka bi Lailahailallah.
• Was taq dhoitu hawa iji minka bi Lailahailallah.
• Was tajartu bi saidi Rasulillahi Shalallahu ‘alaihi wassalam
• KAF HA YA ‘AIN SHOD Kufitu
• HA MIM ‘AIN SIN QOP Humitu

12. (Bembenk)Aji Pelet Pancer Sukma
Puasa ngebleng selama tiga hari tiga malam, sebelum puasa di haruskan mandi dengan kembang selama tiga kali. Dalam melakukan puasa manteranya di baca juga sebanyak tiga
kali sambil membakar kemenyan.

Manteranya adalah :
Asyhaduallaillaha illallah waasyhaduanna Muhammadararulullah 3 x
Bismillahi rahmanirahim.
Teka idep, teka madep. Teka pangleng, teka puyeng,teka
welas,teka asih. Yasira pangeran ingsun aja lunga Laking pangkon ingsun
Duduh ngejok-ngejok bumi.(kaki di hentakkan ke bumi tiga kali) Ngejok hatine…..(sebut namanya) Nyen lagi turu Gageh Tangiah Nyen wis tangi, Gageh marka,madep maring badan ingsun. Laillahaillah…
Cara melakukannya, sebelum mengerjakan harap membayangkan wajah yang di tuju, lalu menghadap ke arah rumah yang di tuju, lantas bayangkan wajah. Lakukan tepat jam satu malam, sebelum mengerjakan di anjurkan tidak tidur.

12. (Domba Garut) ASIHAN
MILIR SUMILIR ASIHAN AING BAGENDA DAUD PANG MUNGGUHKEUN
MUNGGUH DI BEUNGEUT KIRADENMUNGGUH DI PANON TEP RADENGE RES KARASA

SINTER KAPI ANGEN-ANGEN
Tiap sholat fardhu di baca terus...bebas mau berapa kali juga...setelah baca trus usapkan ke muka kita

13. (Domba Garut) ASIHAN
- ASIHAN NABI YUSUF
id kola yusuf li abihi ya abati ini roa'etu ahada asaro kao kabaw wasamsu wal komaro roaetuhum ...
..lisa jidin....
-SAEFI NABI YUSUP
ALLOH HUMA YUSUF GENI BIHAQI LAM YALIDWALAM YULADWALAM YAHULAHU KUPUAN AHAD -JIMAT NABI YUSUF
ID KOLA YUSUFU LI ABIHI YA ABATI AJAUNA MINASALIHIN
- Berpuasa selama 3 hari selama 1 minggu jangan putus sholat 5 waktu,Bila putus sholatnya misalkan shubuh kaga sholat maka harus ngulang lagi dari awal.jadi selama 1 minggu anda jangan putus sholatnya.
Selama 1 minggu di baca 103x tapi setelah 1 minggu bebas jumlahnya

14. (Tom11) Mantra Ketertarikan Pada Lawan Jenis :

Cing Kenuing keladi rantai,ikok tupai pedang lantik cakgum cak cir gendir angkit
Dengan menggunakan cabai rawit :
*tempatin bekas tempat duduk nya
*pake cengek (cabe rawit) pencet cabe nya setelah lafad nya di baca
*lafad nya
"jawarotul ilmani minal fajri"
dibaca 7X sambil tahan nafas
Dengan bacaan/ pesan dari Nabi Yusuf :
WA NUURU YUSUFA ALAWAJHIHIL FAMAN ROANI YUHIBBUN, YUHIBBUN,YUHIBBUN 100X
Dibaca selepas sholat khususnya sholat Tahajud selama 30 hari.membuat menarik
hatiperempuan dan byk org akan bersimpati.
Untuk membuat orang tertarik..
fiquannubuah muhamaddarasullullah saw

15. (Rizkyka) Penarik Hati Manusia
Lakukan shalat hajat dua rakaat.
Rakaat pertama setelah Al Fateha baca Al Ikhlaash 15 kali.
Rakaat kedua setelah Al Fateha baca Al Ikhlaash 10 kali.
Setelah salam lakukan zikir istigfar 101, Ya rahman Ya rahim 101 kali..

16. (RAHSA) Pengasih ketika Ujian
silakan dicoba cara berikut :

bacalah:
Bismillahi Al Alim UlimtuWallahu Ya'lamu Wa antum La Ta'lamun 9X
Yaa Qoyumu Fala Yaa Futuhu Wasyaiun Min IlmihiWala Ya Uduhu 27X
dibaca semua itu ketika akan belajar, dan ketika sudah duduk di tempat ujian, namun jangan dibaca dulu soalnya...dibalik dulu...baca ampe selesai bacaan itu baru buka soalnya...insya allah menjadikan kita bisa menjawab semua dengan benar (tapi harus dgn proses belajar dulu lo, bukan laduni nich ).
kalo pas ngerjakan soal ada yg lupa or gak bisa bisa baca : Yaa HadiIhdini...berulang-ulang,
...(kurang dari 12 jam) tapi efeknya lembut. Artinya rasa cinta yang dihasilkan dari Pelet Semar
Kuning tidak mengganggu/merubah perilaku korban.
Orang yang terkena pelet ini, meskipun sangat rindu, tapi masih tetap berpikir rasional. Karena tidak berbahaya maka Ilmu Pelet Semar Kuning ini saya turunkan kepada siapapun yang mau menempuh lakunya. Inilah
mantra semar kuning.
Semar kuning
Kuning-kuning kurungan sukmo. Sun gedong-dong redong-redong
Kuwe arep luru opo ndok? Arep luru semar kuning?
Ora ono semar kuning Yo aku iki semar kuning
Teko welas teko asih jabang bayine ...
(orang yang Anda tuju)
Marang aku ... (nama Anda) Untuk menguasai Semar Kuning dengan sempurna, Anda harus puasa pada hari Kamis. Puasanya disebut disebut "pati geni" yaitu mulai waktu subuh hari Kamis hinga subuh hari Jumat Anda tidak boleh makan, minum dan tidur. Selama puasa sebaiknya Anda tinggal di rumah dan menguarangi aktifitas yang menimbulkan kemarahan atau benci. Mantra dibaca sebanyak-banyaknya saat menjalankan puasa.

23.(Hendriansyah)PengasihanMedia Minyak Rambut
salah satu pengasihan yang juga berasal dari sumatra selatan sebegitu kaya ya kazanah budaya indonesia, yaitu pengasihan yang menggunakan minyak rambut :
Bismillahiramnairahim
Minyak sigilang-gilang
gilang di hati tangan
Alamja name bapemu
Alamsir name mamemu
SirAllah tunduk kasih
Cinta Kasih kasihlah
Orang Seluruh Alam (untuk Semua)
Si..................[bin/binti]..............(khusus)
Kabul mustajab pengajaran guruku berkat
Do'a lailahailallahmuhammaddarosulullah

keterangan :
Jangan lupa sebelum membacanya(mengamalkan) hadratin/ hadiahkan surat Alfatiha kepada seperti yang di jelaskan @kisawung pada buku besar FS ini btw amalan ini ada yang mengijabahkanya
Media: Minyak Rambut ( klo bisa=Tancho atau lavender )

Caramenggunakan :

1. Ambilah minyak rambut menggunakan jari telunjuk kanan (artikan sendiri makna
tersiratnya)

2. Oleskan ke hati tangan sebelah kiri searah jarum jam (kekanan)merata artikan juga sendiri
makna tersiratnya

3. Menghadap sebelah timur. Bacakan
4. Usapkan kerambut secara merata

24. (ShrakMan) Mahabah Yusuf
Biss.. Aku memakai cahaya Nabi Allah Yusuf
apabila si .... memandang aku sama memandang akan Nabi Yusuf
Rabah rubuh akan imannya, kasih sayang ia melihat akan daku
Hai insani yang melihat aku
Pandanglah mukaku seperti pungguk memandang bulan purnama
Seperti Jalecha memandang Yusuf
La illaha illallahMuhammaddur Rasulullah
wa Sayyidina Yusuf bihakkibillah

25. (Tom11) Pengasihan Dewaning Asmoro
Bismillaahirrohmaanirrohiim
Hongyang Kamayana Dewaning Asmara
Sun Panjingake Telenge Rasa Mulya
Sir Dzat Katon Sumrepet Panone Si...(nama sasaran) binti (bokapnya sasaran)
Kagugah Asmorone Kerana Rasaku Tunggal Karo Rasamu
Rasa Mulya Pribadi Rasa Muhammad
Yaahu Allah..Yaahu Allah..Yaahu Allah
Laa Ilaaha Illallah.. baca 11x setiap tengah malam, dilakoni selama 8 malam. lebih baiknya dimulai pada hari rabo (kamis jam 00:00) ato pas sasaran sedang haid (kalo lo apal siklusnya)

26. (Tom11) Pengasihan Tawassul dari H. Ahmad Masyduki Rofi’ie (GusMad),Banyuwangi

1. Ilaa hadrotin nabiyyil mustofa Muhammadun Shollallaahu Alaihi Wasallam… Al Faatihah (baca Al Fatihah 1x)

2. Ilaa hadrotil malaaikatil muqorrobiin, saadaatina Jibriil, wa Miikaiil, wa Ishroofil, wa Izrooil..Al Faatihah (baca Al Fatihah 1x)

3. Ilaa hadrotil malaaikatil karubiyyiin..wa ruhaaniyyiin..Al Faatihah
 (baca Al Fatihah 1x)

4. Ilaa hadrotil imaamul kabiir, wal hakiimus syahiir. Abil ‘abbas ahmad bin aali al buunii rohimahullah..Al Faatihah (baca Al Fatihah 1x)

5. Man ajaazani Ahmad Masyduki Rofi’ie, ghofarollaahulahu..Al Faatihah
(baca AlFatihah 1x)

6. Bismillaahirrohmaanirrohiim… (876x)
Setelah itu tinggal niatkan hajatnya. Misalnya : “Ya Allah, jadikanlah si … binti … sebagai jodohku atau Ya Allah, buatlah si … binti … mau mencintai aku..” Diamalkan selama 8 malam, waktunya setelah sholat hajat (sebaiknya dilakukan pada tengah malam) Selama 8 malam itu, waktunya harus sama (misalkan malam pertama mengamalkan adalah jam 00:00, malam2 selanjutnya juga harus jam segitu, begitu terus sampai malam ke8)

27. (Tom11)Mantra Pengasih
putri kahyangan sing tak jaluk gawemu
batut andil2le jantunge ati marase marang si jabangbayine...(nama yg dituju)
teko welas teko asih asih marang siro badan ingsun kumece koyo ndaleng uyah lan asem Note:
mantra dibaca menjelang tidur malam

28. (Tom11) Semar Mesem
"Ingsun matak ajiku Si Semar Mesem,
cahyane mencorong ing pilinganku kiwa tengen,
kang nyawang kagiwang, apa maneh yeng kang nyawang jabang bayine si .... (sebut namanya bin/binti siapa), sida teka tresna asih marang badan sliraku,
saking kersaning Allah."
Cara dengan berpuasa mutih 3 hari.

29. (bembenk) Ajian Pengasih
Lelakunya: Mandi keramas, lalu melakukan pati geni (puasa dan tidak tidur) sehari semalam saja. Sambil membaca manteranya:
Bismillahirrohmannirrohim
Nurchaya nure Muhammad
Nurbetullah nure sang Rasulullah
Teja malaka pada kumelan ngampar
Suwaraku teka welas teka asih teka kedep teka lerep
Jabang bayine ... ...si..........(binti)...........(sebutkan nama ibunya)
Asih maring aku Aja meneh kowe ora asiha maring aku
Wong Sabuwono wae asih karo aku
Banget asih saka kersaning Allah
Laillahaillallah Muhammadarrasullah

30. (go2bali) Pelet Melayu
Bismi ‘llahi- Rahmani ‘l- Rahim. Hei malikat empat puluh empat. aku suruh engkau, aku pinjam engkau. seru engkau pergi ambil hati (si ....... /nama yg dituju ). bawa hantar kasih sayang pada aku. siang dan malam tidak lupa akan aku. lupa makan nasi lupa akan aku. lupa air minum lupa akan aku. lupa pakai kain lupa akan aku. lupa sanggul rambut lupa akan aku lupa engkau menyusu susu ibumu. tiada lupa akan aku. dengan berkat doa. La ilaha illa ‘lla, Muhammadar Rasulullah.
Catatan :
Mantera tsb harus dihapal dan dibaca persis jam 12 malam dan lebih baik setelah Sholat Hajat.Dibaca setiap malam sebanyak 100 X sampai si Dia tergila-gila cintanya kepada Anda

31. (Vibel)Ajian Pengasihan
Puasa 7 hari puasa kayak bulan romadon dan sebelum mulai harus bersih dulu. dibaca 35 kali dan bayangin orangnyasebelum elo tidur.
bismilah...
allahuma putergiling putarkan hatinya..... kena keputar maringi sahadat tungggal, ma'rifat tauhid maringi allah, lailla ha illalah muhamad rasullulah 35X.

32. (Kiarjuna)Aji Pelet Tebu Item
Aji pelet langka yang berbahaya, jika dalam delapan hari tak disembuhkan maka korban akan minta dikimpoii, karena selama tujuh hari korban merasa enaknya bersetubuh dalam mimpi bersama si pengirim ajian.
Tatacara: Ambil tanah bekas ijakan kaki gadis yang dituju dan rendam dalam air. Lalu ambil tebu item dan dibentuk seperti patung kemudian siram dengan air tanah bekas diinjak calon korban. Tepat jam dua belas malam baca mantra sambil mengusap patung tebu item itu dengan membayangkan wajah gadis itu.
Mantra: Dewa mambang dewa hutan, kekasih hati orang bunian.
Malam ini aku rindu, gelutkan birahi si....(nama gadis itu) agar tak tidur tujuh malam. Daun sirih daun tengkawang. Kalau si......(nama gadis itu) suka menyirih suka menerawang, maka sampaikan hasrat birahiku padanya malam ini juga. Kalau tak sampai kulaporkan pada dewa mampang.
Kus .......(nama gadis itu) 3x.

33. (mbah_shinchan) Mantera Pengasih

1. Asihan Aing silegeterep
si tel tel si amburantel
tel sia muntel
sia nyatu kejo asa aron
sia nyatu cai asa bari
sia lauk asa tatal
ras sia inget ka aing
ras sia melangka awak sorangan
allahummasoli alasaidina Muhammad

2. Tek tek aing tek tek pala
pala sono jeng kabogoh
sik sik aing sisik sumping
sri sumping kapuahku pringawasa kaula
3. rincik rincik hujan rincik
contang contang hujan contang
solasih baginda jrut turun ngarumpak tunggul
cat mulang ngarumpak jung jang
ari ras sia inget ka aing
ari ras sia melangka awak sorangan
allahummasoli alasaidinaMuhammad

PUASA KEJAWEN
Macam-macam puasa ala Kejawen

1. Mutih
Dalam puasa mutih ini seseorang tdk boleh makan apa-apa kecuali hanya nasi putih dan air putih saja.
Nasi putihnya pun tdk boleh ditambah apa-apa lagi (seperti gula, garam dll.) jadi betul-betul hanya nasi putih dan air puih saja. Sebelum melakukan puasa mutih ini, biasanya seorang pelaku puasa harus mandi keramas dulu sebelumnya dan membaca mantra ini : “niat ingsun mutih, mutihaken awak kang reged,
putih kaya bocah mentas lahir dipun ijabahi gusti allah.”

2. Ngeruh
Dalam melakoni puasa ini seseorang hanya boleh memakan sayuran / buah-buahan saja. Tidak diperbolehkan makan daging, ikan, telur dsb.

3. Ngebleng
Puasa Ngebleng adalah menghentikan segala aktifitas normal sehari-hari. Seseorang yang melakoni puasa Ngebleng tidak boleh makan, minum, keluar dari rumah/kamar, atau melakukan aktifitas seksual. Waktu tidur-pun harus dikurangi. Biasanya seseorang yang melakukan puasa Ngebleng tidak boleh keluar dari kamarnya selama sehari semalam (24 jam). Pada saat menjelang malam hari tidak boleh ada satu lampu atau cahaya-pun yang menerangi kamar tersebut. Kamarnya harus gelap gulita tanpa ada cahaya sedikitpun. Dalam melakoni puasa ini diperbolehkan keluar kamar hanya untuk buang air saja.

4. Pati geni
Puasa Patigeni hampir sama dengan puasa Ngebleng. Perbedaanya ialah tidak boleh keluar kamar dengan alasan apapun, tidak boleh tidur sama sekali. Biasanya puasa ini dilakukan sehari semalam, ada juga yang melakukannya 3 hari, 7 hari dst. Jika seseorang yang melakukan puasa Patigeni ingin buang air maka, harus dilakukan didalam kamar (dengan memakai pispot atau yang lainnya). Ini adalah mantra puasa patigeni : “niat ingsun patigeni, amateni hawa panas ing badan ingsun, amateni genine napsu angkara murka krana Allah taala”.

5. Ngelowong
Puasa ini lebih mudah dibanding puasa-puasa diatas Seseorang yang melakoni puasa Ngelowong dilarang makan dan minum dalam kurun waktu tertentu. Hanya diperbolehkan tidur 3 jam saja (dalam 24 jam). Diperbolehkan keluar rumah.

6. Ngrowot
Puasa ini adalah puasa yang lengkap dilakukan dari subuh sampai maghrib. Saat sahur seseorang yang melakukan puasa Ngrowot ini hanya boleh makan buah-buahan itu saja! Diperbolehkan untuk memakan buah lebih dari satu tetapi hanya boleh satu jenis yang sama, misalnya pisang 3 buah saja. Dalam puasa ini diperbolehkan untuk tidur.

7. Nganyep
Puasa ini adalah puasa yang hanya memperbolehkan memakan yang tidak ada rasanya. Hampir sama dengan Mutih , perbedaanya makanannya lebih beragam asal dengan ketentuan tidak mempunyai rasa.

8. Ngidang
Hanya diperbolehkan memakan dedaunan saja, dan air putih saja. Selain daripada itu tidak
diperbolehkan.

9. Ngepel
Ngepel berarti satu kepal penuh.
Puasa ini mengharuskan seseorang untuk memakan dalam sehari satu kepal nasi saja. Terkadang diperbolehkan sampai dua atau tiga kepal nasi sehari.

10. Ngasrep
Hanya diperbolehkan makan dan minum yang tidak ada rasanya, minumnya hanya diperbolehkan 3 kali saja sehari.

11. Senin-kamis
Puasa ini dilakukan hanya pada hari senin dan kamis saja seperti namanya. Puasa ini identik dengan agama islam. Karena memang Rasulullah SAW menganjurkannya.

12. Wungon
Puasa ini adalah puasa pamungkas, tidak boleh makan, minum dan tidur selama 24 jam.

13. Tapa Jejeg
Tidak duduk selama 12 jam

14. Lelono
Melakukan perjalanan (jalan kaki) dari jam 12 malam sampai jam 3 subuh (waktu ini dipergunakan sebagai waktu instropeksi diri).

15. Kungkum
Kungkum merupakan tapa yang sangat unik. Banyak para pelaku spiritual merasakan sensasi yang
dahsyat dalam melakukan tapa ini. Tatacara tapa Kungkum adalah sebagai beikut :
a) Masuk kedalam air dengan tanpa pakaian selembar-pun dengan posisi bersila (duduk) didalam air dengan kedalaman air se tinggi leher.
b) Biasanya dilakukan dipertemuan dua buah sungai
c) Menghadap melawan arus air
d) Memilih tempat yang baik, arus tidak terlalu deras dan tidak terlalu banyak lumpur didasar sungai
e) Lingkungan harus sepi, usahakan tidak ada seorang manusiapun disana
f) Dilaksanakan mulai jam 12 malam (terkadang boleh dari jam 10 keatas) dan dilakukan lebih dari tiga
jam (walau ada juga yang memperbolehkan pengikutnya kungkum hanya 15 menit).
g) Tidak boleh tertidur selama Kungkum
h) Tidak boleh banyak bergerak
i) Sebelum masuk ke sungai disarankan untuk melakukan ritual pembersihan (mandi dulu)
j) Pada saat akan masuk air baca mantra ini :
“ Putih-putih mripatku Sayidina Kilir, Ireng-ireng mripatku Sunan Kali Jaga, Telenging mripatku Kanjeng
Nabi Muhammad.”
k) Pada saat masuk air, mata harus tertutup dan tangan disilangkan di dada l) Nafas teratur
m) Kungkum dilakukan selama 7 malam biasanya

16. Ngalong
Tapa ini juga begitu unik. Tapa ini dilakuakn dengan posisi tubuh kepala dibawah dan kaki diatas (sungsang). Pada tahap tertentu tapa ini dilakukan dengan kaki yang menggantung di dahan pohon dan posisi kepala di bawah (seperti kalong/kelelawar). Pada saat menggantung dilarang banyak bergerak.
Secara fisik bagi yang melakoni tapa ini melatih keteraturan nafas. Biasanya puasa ini dibarengi dengan puasa Ngrowot.

17. Ngeluwang
Tapa Ngeluwang adalah tapa paling menakutkan bagi orang-orang awam dan membutuhkan keberanian yang sangat besar. Tapa Ngeluwang disebut-sebut sebagai cara untuk mendapatkan daya penglihatan gaib dan ...
...berusaha mencari kebebasan rohaniah individu, maka orang mudah mengerti bahwa sifatnya agak individualis; gerakan-gerakan seperti itu paling tidak menarik bagi orang-orang yang membutuhkan kehidupan keagamaan, tanpa harus menaati peraturan-peraturan keagamaan yang resmi secara ketat, namun menyesuaikan dengan adat istiadat (Said 1972  153-154)

Kebatinan Yang Berdasarkan Ilmu Gaib
Diseluruh daerah tempat tinggal orang jawa banyak terdapat gerakan-gerakan kebatinan yang hanya beranggotakan beberapa puluh orang saja. Kebanyakan dari gerakan seperti itu berpusat di kota-kota dan pada umumnya bersifat rahasia, yaitu dengan tujuan-tujuan yang bersifat mistik, moralis, atau etis dan dipimpin oleh seorang guru. Untuk mencapai tujuannya, para anggota gerakan seperti itu banyak melakukan praktek-praktek ilmu gaib, disamping studi dan bersamadi.
Banyak dari budaya semacam itu pada awalnya adalah suatu organisasi yang mengajar seni bela diri pencak. Kecuali memberi latihan fisik, gurunya juga melatih murid-muridnya untuk melakukan meditasi.
Untuk menciptakan suasana keramat, ada juga yang ditabah berbagai ritus ilmu gaib secara rahasia yang dimaksudkan agar para muridnya, memperoleh kekebalan dan kesaktian tertentu.
Monggo mugi panadyakna
Aliting kawula sami sangsara
Sanadyan alam wus mardika
Namung tasih angratos batos
Isih durung pra priyangga
Nderek saged anggatosken
Ombyaking regan sarwa sulaya
Nama beberapa ajian

AJI RAJAH KALACHAKRA
Rajah Kalachakra merupakan senjata ghoib yang boleh untuk membinasakan musuh yang sakti. Rajah inipun juga boleh untuk pagaran tubuh, pagaran rumah dan lain-lainnya. Biasanya rajah ini berupa sinar berputar dan terletak didada pemiliknya. Bagi yang sudah boleh melihat alam ghoib, akan boleh melihat ujud rajah ini.

AJI BRAJAMUSTI
Dizaman dulu aji Brajamusti adalah aji kebanggan para pendekar. Kerana aji
Brajamusti ini merupakan perisai badan yang ampuh sekali. Orang yang mempunyai aji brajamusti mempunyai kekuatan badan dan kekuatan ghaib yang tidak ada tandinggannya. Maka orang yang memiliki tidak boleh menggunakan aji brajamusti kalau tidak dalam keadaan terpaksa. Sebab kalau digunakan sembarangan boleh membahayakan lawan. Kegunaan aji brajamusti selain untuk mengisi kekuatan badan dan tangan, aji barajamusti juga sebagai aji kekebalan terhadap berbagai macam senjata tajam. Senjata yang ampuh bagaimanapun kalau terkena aji brajamusti pasti akan tawar, tak bertuah.

AJI BANDUNG BONDOWOSO
Seperti halnya aji Brajamusti, aji Bandung Bondowoso juga mempunyai khasiat yang luar biasa hebatnya. bagi orang yang mengamalkan aji Bandung Bodowoso akan mempunyai
kekuatan badan yang mentakjubkan. Barang yang mustahil boleh diangkat dengan kekuatan manusia, maka dengan aji Bandung Bodowoso barang itu dapat diangkat dengan mudah. Bahkan lebih dari itu dengan aji ini orang boleh menagkis tanpa cidera semua senjata tajam. Senjata tajam akan terpental dengan sendirinya bila mengenai badannya.

AJI INTI LEBUR SAKHETI
 Inti lebur saketi merupakan ajian pamungkas handalan beberapa perguruan.
Ajian ini bila diamalkan terus menerus dayanya sangat hebat, Boleh digunakan untuk membakar hangus golongan jin yang sakti. Tetapi boleh juga untuk pengobatan, khususnya orang yang kena santet, teluh, tenung, sihir dan lainlainnya lagi. Aji ini kerana dayanya yang dahsyat tidak boleh digunakan sembarangan.

AJI KOMARA GENI - Aji Komara Geni sejenis Gembala Geni yang juga merupakan aji pamungkas. Komara Geni boleh juga digunakan untuk membakar bangsa jin. kegunaan aji Komara Geni selain untuk pukulan kontak membakar jin, juga untuk pagaran badan, pagaran rumah dan pengobatan berbagai penyakit. Yang penting adalah niat si empunya aji ini.

AJI BADA’ TUBI - Sebenarnya aji Bada' Tubi ini merupakan aji kekebalan yang tak kalah dengan aji Tameng Waja atau Blabak Pengantolan. Bahkan aji ini mempunyai kelebihan untuk bertempur. Ilmu kontak Bada' Tubi boleh membikin lawan kaku seperi patung (terkunci).

AJI JALA SUTRA
Aji Jala Sutra bila diamalkan dengan baik dapat untuk melumpuhkan lawan dan kesaktiannya. Biasanya musuh yang kena aji Jala Sutra akan menjadi lemah tak berdaya, semua kesaktian seolaholah punah.

AJI KANCING KONCI - Amalan Kancing Konci ini khusus digunakan untuk mengunci lawan. lawan yang terkunci gerakannya akan terhenti seketika dan seolah-olah tubuhnya kaku, sukar digerakkan. amalan Kancing Kunci ini sangat penting dimilki oleh orang-orang perguruan tenaga dalam, kerana boleh menunjang keampuhan jurus-jurus kuncian.

AJI GELAP SAYUTA - Orang dulu sering membangga-banggakan aji Gelap Sayuta, kerana orang yang mengamalkan ajian ini suaranya boleh menggetarkan orang yang mendengarkan. Untuk pukulan tenaga dalam yang dilamuri ajian ini boleh mematikan lawan.

AJI QULHU GENI - Qulhu Geni merupakan ajian khusus untuk mengalahkan bangsa jin setan, Menurut orang dulu bila dibaca 1 kali, maka syetan putus tangan kirinya, bila dibaca 2 kali putus tangan kanannya, bila dibaca 3 kali putus kedua kakinya dan bila dibaca 4 kali akan lebur seluruh badannya.

AJI QULHU DERGA BALIK - Kekuatan Qulhu Derga Balik hampir serupa dengan Qulhu Geni dan Komara Geni. amalan ini boleh digunakan untuk kontak, pagaran tubuh dan mengobati orang kena tenung, santet,. Bla diserang akan kembali pada sipenyerang. Sudah barang tentu agar amalan ini ...

Sedulur Papat Antara Kejawen dan Islam

Keberadaan kita hidup di dunia ini tidak sendiri. Semenjak pertama kali kita diturunkan ke alam dunia lewat rahim ibu, Tuhan sudah menitahkan adanya penjaga-penjaga yang senantiasa mendampingi kita hidup di alam dunia. Dan sesuai dengan perintah Tuhan, para penjaga-penjaga itu dengan setia senantiasa berada di sekeliling kita.
Bagi orang Jawa, khususnya orang yang memahami tentang Kejawen, adanya para penjaga tersebut dikenal dengan sebutan “Sedulur Papat”. Siapa saja Sedulur Papat itu? Sedulur papat yang dikenal masyarakat yang memahami Kejawen adalah:
1.
Kakang Kawah (Air Ketuban)
2. Adhi Ari-Ari (Ari-ari)
3. Getih (Darah)
4. Puser (Pusar)


Kakang Kawah
Yang disebut dengan Kakang Kawah adalah air ketuban yang menghantarkan kita lahir ke alam dunia ini dari rahim ibu. Seperti kita ketahui, sebelum bayi lahir, air ketuban akan keluar terlebih dahulu guna membuka jalan untuk lahirnya si jabang bayi ke dunia ini. Lantaran air ketuban (kawah) keluar terlebih dulu, maka masyarakat Kejawen menyebutnya Kakak/Kakang (saudara lebih tua) yang hingga kini dikenal dengan istilah Kakang Kawah.

Adhi Ari-Ari
Sedangkan yang disebut dengan adhi ari-ari adalah ari-ari jabang bayi itu sendiri. Urutan kelahiran jabang bayi adalah, air ketuban terlebih dulu, setelah itu jabang bayi yang keluar dan dilanjutkan dengan ari-ari. Karena ari-ari tersebut muncul setelah jabang bayi lahir, maka masyarakat Kejawen biasanya mengenal dengan sebutan Adhi/adik Ari-ari.

Getih
Getih memiliki arti darah. Dalam rahim ibu selain si jabang bayi dilindungi oleh air ketuban, ia juga dilindungi oleh darah. Dan darah tersebut juga mengalir dalam sekujur tubuh si jabang bayi yang akhirnya besar dan berwujud seperti kita ini.

Puser
Istilah Puser adalah sebutan untuk tali pusar yang menghubungkan antara seorang ibu dengan anak yang ada dalam rahimnya. Dengan adanya tali pusar tersebut, apa yang dimakan oleh sang ibu, maka anaknya pun juga ikut menikmati makanan tersebut dan disimpan di Ari-Ari.
Disamping itu, pusar juga digunakan oleh si jabang bayi untuk bernapas. Oleh karena itu, hubungan antara ibu dengan anaknya pasti lebih erat lantaran terjadinya kerjasama yang rapi untuk meneruskan keturunan. Semuanya itu atas kehendak dari Gusti Allah Yang Maha Kuasa.
Ketika seorang jabang bayi lahir ke dunia dari rahim ibu, maka semua unsur-unsur itu keluar dari tubuh si ibu. Unsur-unsur itulah yang oleh Gusti Allah ditakdirkan untuk menjaga setiap manusia yang ada di muka bumi ini. Maka bila masyarakat Kejawen hingga kini mengenal adanya doa yang menyebut saudara yang tak tampak mata itu secara lengkap yaitu
“KAKANG KAWAH, ADHI ARI-ARI, GETIH, PUSER, KALIMO PANCER”.

Pancer
Lalu siapakah yang disebut dengan istilah Pancer? Yang disebut dengan istilah Pancer itu adalah si jabang bayi itu sendiri. Artinya, sebagai jabang bayi yang berwujud manusia, maka dialah pancer dari semua ‘saudara-saudara’nya yang tak tampak itu.

Kesamaan Dengan Islam
Antara ajaran Kejawen dengan Islam ada kesamaannya. Dalam Islam disebutkan bahwa setiap manusia dijaga oleh malaikat-malaikat yang ditugaskan oleh Tuhan. Siapa saja malaikat-malaikat itu? Malaikat-malaikat yang ditugaskan oleh Gusti Allah untuk setiap manusia itu antara lain, Jibril, Mikail, Izroil dan Isrofil.

Nah, kesamaan antara ajaran Kejawen dan Islam tersebut yakni Kakang Kawah yang disebutkan sebagai pembuka jalan si jabang bayi, itu di Islam dianggap sama dengan Jibril (Penyampai Wahyu). Malaikat Jibril lah yang membuka jalan bagi keselamatan sang bayi hingga lahir ke dunia.
Sedangkan Adhi Ari-ari yang disebut-sebut di dalam ajaran Kejawen, di dalam Islam dianggap sama dengan Mikail (Pembagi Rezeki). Karena lewat Ari-Ari itulah si jabang bayi dapat hidup dengan sari-sari makanan yang didapatkan dari seorang ibu.
Sementara Getih (darah) , bagi orang Kejawen, pada pemahaman orang Islam dianggap sama dengan keberadaan malaikat Izroil (pencabut nyawa). Buktinya, jika tidak ada darahnya, apakah manusia bisa hidup?
Yang terakhir adalah Puser. Dalam pemahaman masyarakat Kejawen, Puser adalah sambungan tali udara (napas) antara sang ibu dengan anaknya. Nah, pada pemahaman Islam, Puser ini dianggap sama dengan Isrofil (Peniup Sangkakala). Meniup sangkakala menjelang kiamat Qubro (kiamat Besar) adalah dengan napas.
Oleh karena itu, kita wajib mengenali siapa penjaga-penjaga tak nampak yang sudah diperintahkan Gusti Allah untuk senantiasa mendampingi kita. Dengan kita mengenali keberadaan mereka, akhirnya mereka nantinya bisa mawujud (berwujud). Dan yang perlu diingat lagi, jika kita sudah melihat wujud mereka, maka hendaknya kita senantiasa memuji atas kebesaran Gusti Allah yang Maha Agung. Karena atas titah Gusti Allah-lah kita semua bisa hidup berdampingan dengan penjaga-penjaga yang disebut dengan Sedulur Papat, Kalimo Pancer.

 SEDULUR PAPAT LIMA PANCER DAN SISTEM KEMALAIKATAN

Setelah Islam masuk P.JAWA kepercayaan tentang saudara empat ini dipadukan dengan 4 malaikat di dunia Islam yaitu Jibril, Mikail , Isrofil, Ijro’il.
Dan oleh ajaran sufi tertentu di sejajarkan denga ke’empat sifat nafsu yaitu:
Nafsu Amarah, Lawwamah, Sufiah dan Mutmainah.

Pertama Jibril atau dalam bahasa ibrani Gabriel artinya pahlawan tuhan. Jabr’ El
kekuatan tuhan fungsinya adalah penyampai informasi, didalam islam dikenal sebagai penyampai wahyu pada para nabi.
Dalam konsep islam Jawa Jibril diposisikan pada kekuatan spiritual pada KETUBAN.
Ada pandangan yang menyatakan setelah N.Muhammad wafat maka otomatis Jibril menganggur karena beliaulah orang yang menerima wahyu terakhir.

Tapi tidak demikian dalam pandangan Jawa, setiap orang di sertai Jibrilnya.
hakikatnya hanya ada satu Jibril di alam raya ini tapi pancaran cahayanya ada dalam setiap diri. seperti Ruh tidak pernah dinyatakan dalam bentuk jamak didalam Al-Quran. Tetapi setiap diri mendapat tiupan ruh dari tuhan dan ruh tersebut menjadi si A, si B, si C Dst.. satu tetapi terpantul pada setiap cermin sehingga seolah2 setiapm cermin mengandung Ruh, dan manusia sebenarnya adalah cermin bagi sang diri. setiap diri menerima limpahan cahayanya.
Diantara limpahan cahayanya adalah Jibril yang menuntun setiap orang.

Jibril akan menuntunmanusia kejalan yang benar.., yang telah membersihkan dirinya, membersihkan cerminya, membersihkan hatinya.
Jibril lah yang menambahdaya agar teguh dan tebal keimanan seseorang. dalam khasanah jawa Jibril berdampingan dengan Guru sejati, bersanding dengan diri Pribadi.

Jibril tidak mampu mengantarka diri Nabi ke Sidratul Muntaha dalam Mij’raj beliau juga diceritakan ketika Jibril menampakan diri kehadapan rasul selalu ditemani malaikat mulia Lainya yaitu Mikail isrofil Ijroil…
Jelas kiranya bahwa kahadiran ketuban ketika membungkus janin ternyata disertai saudara2nya yang lain.
Ditinjau dari kedudukannya yang keluar paling awal maka disebut sebagai kakak atau kakang ( saudara tua ) si bayi.
begitu bayi lahir maka selesailah sudah tugas ketuban secara fisik. tetapi exsistensi ketuban secara ruhaniah ia tetap menjaga dan membimbing bayi tersebut sampai akhir hayat.

secara extensi Jibril diciptakan setelah malaikat Mikail. dan Tali Pusar ada lebih dulu dari pada selaput yang membungkus janin di pintu rahim (cervix)
Ke Dua Malaikat Israfil. Menurut hadis malaikat Israfil diciptakan setelah penciptaan Arsy ( Singgasana Tuhan ) disebut sebagai malaikat penggenggam alam semesta, ia meniup Terompet Pemusnahan Dan Pembangkitan. Ia digambarkan menengadah ke atas untuk melihat jadwal kiamat yang ada di Lawh Al Mahfuzh.
Israfil di sepadankan dengan ari-ari, tembuni atau Placenta, Ari-Ari adalah yang memayungi sang janin sampai ketempat tujuan dialah yang memberikan keamanan menyalurkan makanan dan kenyamanan pada janin dengan ari-ari ini kehidupan berlangsung dalam janin.
Exsistensi Ari-ari ini disejajarkan dengan malaikat Israfil Dalam kelahiran janin, Ari-ari diterima sebagai saudara muda ( adik ).
Meskipun jasadnya telah tak ada lagi ari-ari tetap memberikan perlindungan bagi manusia setelah dilahirkan..
dari sisi keberadaanya malaikat Israfil dicipta terlebih dahulu dari pada malaikat Mikail dan Jibril As.
Israfil diyakini sebagai Pelita Hati Bagi manusia agar hatinya tetap terang, Itulah sebabnya sejahat-jahatnya manusia masih ada secercah cahaya dalam hatinya tetap ada kebaikan yang dimilikinya meski hanya sebesar debu…

Yang ketiga adalah Malaikat Mikail, Salah satu malaikat yang menjadi pembesar para malaikat.. Tugas malaikat Mikail adalah Memelihara Kehidupan.
Dalam hadis diceritakan bahwa malaikat Mikail mengemban tugas memelihara pertumbuhan pepohonan, kehidupan Hewan juga Manusia.. Dialah yang mengatur angin dan hujan dan membagi rejeki pada seluruh mahluk.

Pada konsep sedulur papat yang sudah di sesuaikan dengan ajaran Islam, Tali Pusar merupakan Lokus, tempat dudukan bagi malaikat Mikail dia merupakan tali penghubung bagi kehidupan manusia.Zat zat makanan, Oksigen dan Zat yang perlu dibuang dari tubuh janin agar tidak meracuni tubuh janin.
Subhanallah.. dia telah mengatur kehidupan manusia dalam rahim melalui malaikat malaikatnya..
Mikail dipandang orang jawa sebagai saudara yang memberikan sandang, pangan dan papan, Jika seseorang memohon perlindungan tuhan maka Mikail yang akan menjalankan perintah Tuhan untuk melindunginya.
Ke Empat adalah Malaikat Ijroil. Malaikat Maut yang dipercaya sebagai yang bertanggung jawab akan Kematian. Kehadirannya amat ditakuti Manusia.. Jika ajal telah tiba maka ia akan Me wafatkan manusia sesuai waktunya..
Dalam konsep sedulur papat Malaikat maut ini ternyata saudara Manusia sendiri bukan orang lain dan ia tidak akan menyalahi tugasnya.. bila seseorang belum sampai ajalnya dia tak akan mewafatkannya.. Dia hadir untuk meringankan penderitaan manusia, saudara sejati pasti melindungi bila yang bersangkutan selalu dijalan yang benar..
Bayangkan bila manusia tidak bisa mati tetapi hidupnya menderita..?
apa tidak tersiksa..? bayangkan bila ada orang yang maumati aja sulitnya bukan main.. Nauzubillah..

Ijroil disebut sebagai kekuatan Tuhan yang berada didalam Darah, Dalam kehidupan sehari hari Ijroil bertugas untuk menjaga hati yang suci, Jika hati terjaga kesuciannya maka ketakutan akan hidup menderita dan kematian akan tak ada lagi.
Jika ajal telah sampai maka Ijroil mengorganisasi malaikat lainnya, mengorganisasi saudara saudara lainnya untuk mengakhiri hidupnya.
Permana yang memberikan kekuatan pada sang Jiwa diangkat keluar tubuh, sehingga tubuh tak dapat lagi dikendalikan oleh jiwa. Ruh penyambung hidup kita lepas.. tubuh menjadi lunglai lak berdaya dan ini bentuk umum kematian bagi manusia.. loh kok gitu yaa..?
Nah yang tidak umum yaaa.. bila Sang Diri Sejati manusia mampu memimpin saudara-saudaranya untuk melepaskan Jiwa manusia kealam Gaib..
Orang demikian sudah mempu menyongsong kematiannya dengan benar, dia memberitahukan pada sanak dan saudaranya kapan kematiannya akan datang..

Semua saudara gaib ini sudah menjadi satu dengan tubuh kita, ketika dalam rahim sendiri-sendiri wujudnya. tapi ketika sang Bayi sudah lahir hanya ada satu wujud. Empat saudara kita tetap menyertai kita dalam wujud Ruh.. dan Tidak Kasat Mata..
Ada kutipan Ayat dalam Al-Quran yang perlu di simak..
” In Kullu nafsin lamma alayha hafizh”  ‘Setiap diri niscaya ada penjaganya’
Atau
” Wa huwa al-qahir fawq iba’dih wa yusril alaykum hafazhah hatta idza ja’a ahadakum al-mawt tawaffathu rusuluna wahum la yufarrithun” >’ Dialah yang berkuasa atas semua hambanya. Dan dia mengutus kepada kalian Penjaga-Penjaga untuk melindungimu. Jika seseorang sudah waktunya mati, maka utusan-utusan kami itu mewafatkannya tanpa keliru”

Rahayu : Sekarjagad bhumi Rahayu

Text Box:  Sedulur Papat Antara Kejawen dan Islam


Keberadaan kita hidup di dunia ini tidak sendiri. Semenjak pertama kali kita diturunkan ke alam dunia lewat rahim ibu, Tuhan sudah menitahkan adanya penjaga-penjaga yang senantiasa mendampingi kita hidup di alam dunia. Dan sesuai dengan perintah Tuhan, para penjaga-penjaga itu dengan setia senantiasa berada di sekeliling kita.



Bagi orang Jawa, khususnya orang yang memahami tentang Kejawen, adanya para penjaga tersebut dikenal dengan sebutan “Sedulur Papat”. Siapa saja Sedulur Papat itu? Sedulur papat yang dikenal masyarakat yang memahami Kejawen adalah:
1.
Kakang Kawah (Air Ketuban)
2. Adhi Ari-Ari (Ari-ari)
3. Getih (Darah)
4. Puser (Pusar)

Kakang Kawah
Yang disebut dengan Kakang Kawah adalah air ketuban yang menghantarkan kita lahir ke alam dunia ini dari rahim ibu. Seperti kita ketahui, sebelum bayi lahir, air ketuban akan keluar terlebih dahulu guna membuka jalan untuk lahirnya si jabang bayi ke dunia ini. Lantaran air ketuban (kawah) keluar terlebih dulu, maka masyarakat Kejawen menyebutnya Kakak/Kakang (saudara lebih tua) yang hingga kini dikenal dengan istilah Kakang Kawah.

Adhi Ari-Ari
Sedangkan yang disebut dengan adhi ari-ari adalah ari-ari jabang bayi itu sendiri. Urutan kelahiran jabang bayi adalah, air ketuban terlebih dulu, setelah itu jabang bayi yang keluar dan dilanjutkan dengan ari-ari. Karena ari-ari tersebut muncul setelah jabang bayi lahir, maka masyarakat Kejawen biasanya mengenal dengan sebutan Adhi/adik Ari-ari.

Getih
Getih memiliki arti darah. Dalam rahim ibu selain si jabang bayi dilindungi oleh air ketuban, ia juga dilindungi oleh darah. Dan darah tersebut juga mengalir dalam sekujur tubuh si jabang bayi yang akhirnya besar dan berwujud seperti kita ini.

Puser
Istilah Puser adalah sebutan untuk tali pusar yang menghubungkan antara seorang ibu dengan anak yang ada dalam rahimnya. Dengan adanya tali pusar tersebut, apa yang dimakan oleh sang ibu, maka anaknya pun juga ikut menikmati makanan tersebut dan disimpan di Ari-Ari.
Disamping itu, pusar juga digunakan oleh si jabang bayi untuk bernapas. Oleh karena itu, hubungan antara ibu dengan anaknya pasti lebih erat lantaran terjadinya kerjasama yang rapi untuk meneruskan keturunan. Semuanya itu atas kehendak dari Gusti Allah Yang Maha Kuasa.

Ketika seorang jabang bayi lahir ke dunia dari rahim ibu, maka semua unsur-unsur itu keluar dari tubuh si ibu. Unsur-unsur itulah yang oleh Gusti Allah ditakdirkan untuk menjaga setiap manusia yang ada di muka bumi ini. Maka bila masyarakat Kejawen hingga kini mengenal adanya doa yang menyebut saudara yang tak tampak mata itu secara lengkap yaitu
“KAKANG KAWAH, ADHI ARI-ARI, GETIH, PUSER, KALIMO PANCER”.

Pancer
Lalu siapakah yang disebut dengan istilah Pancer? Yang disebut dengan istilah Pancer itu adalah si jabang bayi itu sendiri. Artinya, sebagai jabang bayi yang berwujud manusia, maka dialah pancer dari semua ‘saudara-saudara’nya yang tak tampak itu.

Kesamaan Dengan Islam
Antara ajaran Kejawen dengan Islam ada kesamaannya. Dalam Islam disebutkan bahwa setiap manusia dijaga oleh malaikat-malaikat yang ditugaskan oleh Tuhan. Siapa saja malaikat-malaikat itu? Malaikat-malaikat yang ditugaskan oleh Gusti Allah untuk setiap manusia itu antara lain, Jibril, Mikail, Izroil dan Isrofil.

Nah, kesamaan antara ajaran Kejawen dan Islam tersebut yakni Kakang Kawah yang disebutkan sebagai pembuka jalan si jabang bayi, itu di Islam dianggap sama dengan Jibril (Penyampai Wahyu). Malaikat Jibril lah yang membuka jalan bagi keselamatan sang bayi hingga lahir ke dunia.

Sedangkan Adhi Ari-ari yang disebut-sebut di dalam ajaran Kejawen, di dalam Islam dianggap sama dengan Mikail (Pembagi Rezeki). Karena lewat Ari-Ari itulah si jabang bayi dapat hidup dengan sari-sari makanan yang didapatkan dari seorang ibu.

Sementara Getih (darah) , bagi orang Kejawen, pada pemahaman orang Islam dianggap sama dengan keberadaan malaikat Izroil (pencabut nyawa). Buktinya, jika tidak ada darahnya, apakah manusia bisa hidup?

Yang terakhir adalah Puser. Dalam pemahaman masyarakat Kejawen, Puser adalah sambungan tali udara (napas) antara sang ibu dengan anaknya. Nah, pada pemahaman Islam, Puser ini dianggap sama dengan Isrofil (Peniup Sangkakala). Meniup sangkakala menjelang kiamat Qubro (kiamat Besar) adalah dengan napas.

Oleh karena itu, kita wajib mengenali siapa penjaga-penjaga tak nampak yang sudah diperintahkan Gusti Allah untuk senantiasa mendampingi kita. Dengan kita mengenali keberadaan mereka, akhirnya mereka nantinya bisa mawujud (berwujud). Dan yang perlu diingat lagi, jika kita sudah melihat wujud mereka, maka hendaknya kita senantiasa memuji atas kebesaran Gusti Allah yang Maha Agung. Karena atas titah Gusti Allah-lah kita semua bisa hidup berdampingan dengan penjaga-penjaga yang disebut dengan Sedulur Papat, Kalimo Pancer.

SASTRA JENDRA (SERAT KALIMOSODO)

ISLAM
Satemene Rukun Iman iku wis ono sajerone Rukun Islam, dadi satemene kang kudu di Imani iku Rukun Islam netepi anane Rukun. Iman, iman marang Alloh, Kitab-e, Rosul-e, Malaikat-e, Dino Wekasan (Kiamat), Qodlo lan Qodar ( Takdir lan Nasib ), kudu biso kawedar ono sajerone lakune Urip anggone .mapakake anane Syahadat-e, Sholat-e, Poso-ne, Zakat-e lan Haji-ne, dadi Rukun Iman iku dadi dasar anane Rukun Islam.
1. Iman marang Alloh swt.
Iman marang anane Alloh ora amung sadermo nurut anane tembung jare, kudu biso ngudi dewe dununge Alloh, soko anane Syahadate, yen ngucap anane saksi kudu ngerti ope kang dadi wajib dedege manungso kang diangkat dadi Saksi, weruh dewe ope kang disakseni.
2. Iman marang Kitab-kitab Alloh.
Iman marang Kitab, ora sadermo biso moco lan ngerti terjemahane , kudu biso mawas kang tersurat utowo kang tersirat lan biso mapakake ono Uripe sarto , ngerteni opo kang dimaksud Pangeran nganti ngudunake / jarwakake tuntunan mau, koyo anane blegere Manungso Urip ono Jagad Royo iki, sabab opo kang dadi isine Kitab Al Qur’an Nul Karim mau yo anane isine Jagad Royo iki, sarine dadi Surat Al Fatikah yo anane wujud Manungso sarine Jagad Royo, dadi yen ngaku dedegi Umat Islam tuntunan soko Kanjeng Nabi Muhammad saw, yo kudu gelem ngakoni anane umat liyane kang isih netepi Urip sake anane laku Kitab kang luwih awal, koyo to yen isih ono Umat kang laku uripe netepi Tatanan Slamet sadurunge Kanjeng Nabi Daud as, utowo umate Kanjeng Nabi Daud as, mowo Kitab Jabur, umate Kanjeng Nabi Musa as, mowo Kitab Taurot, umate Kanjeng Nabi Isa as, mowo Kitab Injil, kabeh umat ing ngarsane Pangeran nyuwun anane ke-Slametan-e Urip yo anane Islam, Koyo anane umate Kanjeng Nabi Muhammad saw, Kang ke- Islam-anne wus kasampurnakake dene Pangeran, dadi kang kasebut Islam mau anane Umat anggone madep marang Pangerane nyuwun keslametan Uripe, biso kaperang netepi anane Ibadah, Sembahyang tan Sholat katerangake koyo ing ngisor iki :
a. Ibadah, anane Umat madep marang Pangeran sako anane Perilaku kang katindakake saben dinane, koyo wektu Umate Kanjeng Nabi Adam as, nganti satekane Umaate Kanjeng Nabi Daud as, koyo ucape para sesepuh biyen ” Ojo mlaku saliyane tindak kang becik ” , yoiku anane Ibadah.
b. Sembahyang, anane Umat madep marang Pangeran soko anane Perilaku lan Ucapan (omongan) kang katindakake saben dinane, koyo wektu Umate Kanjeng Nabi Daud as, nganti satekane Umate Kanjeng Nabi Muhammad saw, koyo ucape sesepuh biyen ” Ojo among – ngucap saliyane tembung kang apik ” , yo iku anane sembanyang.
c. Sholat, anane Umat madep marang Pangeran soko anane Perilaku, Ucapan lan Angen-angen kang katindakake saben dinane nyuwun anane keslametan Dunyo Akhirate, koyo ucape sesepuh biyen ” Ojo duwe angen – angen saliyane angen¬-angen kang becik ” , yoiku anane Sholat.
Dadi anane Umat madep marang Pangeran netepi Agomone kabagi anane soko tindak laku saben dinane ono 3 (telu) perkoro koyo ing ngisor iki :
1. Ibadah, yo Tingkahlaku dadi dasar Sembahyang ;
2. Sembahyang, yo anane Ucapan (omongan) dadi dasar Sholat;
3.
Sholat, yo anane Angen-angen, jejege sake anane Sembahyang lan Ibadah.
Iman marang Kitabe Pangeran iku ono:
a. Kitab kang tinulis yo anane Kitab Garing, koyo to Kitab Jabur, Kitab Taurot, Kitab Injil, Kitab AI Qur’an Nul Karim lan sapanunggalane.
b. Kitab kang tersirat yo anane Kitab Teles, wujud sake maknane Badan saujud kite.
3. Iman marang Rosul.
Iman marang Rosul ing kono koyo iman marang Kitab :
a. Kang Garing, yo anane Kitab-kitab kang tinulis netepi ope anane lumrahe Urip, koyo kang wis kacaritakake ono sajerone Kitabe.
b. Kang Teles, ngerti anane Rosul iku sajatine Roso, sake anane Roso Rasane Urip Pangeran kang katitipake ,marang Umate, kanggo ngudi Jati Diri yo anane dedeg piadege Manungso manunggal marang Roso Urip, yo anane Roso soko Pangeran lan Umate, mengko ono beberane dewe.
4. Iman marang Malaikat.
Iman marang Malaikat, satemene kudu mangerteni yen Urip ing Jagad Royo iki ora dewe, ning akeh kang podo melu urip koyo bangsane lelembut kang pancen nyoto ono, bebarengan anane Pangeran anggone mujudake manungso, kanggo nguji imane manungso dewe-dewe, yen nganti kaliru bakal melu ono uripe lelembut mau, urip ono sajerone Alam Penasaran.
5. Iman marang Jaman Akhir.
Iman marang Dino Akhir yo Dino Pesti, yo anane Dino Wekasan, nyoto yen Manungso iku Urip ono Jagad Royo iki amung sadermo mampir ngombe disilihi Sandangan / Pangganggo, kudu ngerti ope kang dadi Wajibe Urip, Sunahe Urip, Makruhe Urip lan Larangan/Pantangan kanggo njejegi anane Urip kang Sampurno, iki wus ono sajerone Rukun Islam.
6. Iman marang Qodlo laD Qodar
Iman marang Qodlo lan Qodar, kudu mangerteni yen Uripe Manungso iku katulisake ono sajerone Kitab kang nyoto, Qodlo iku katulis ono sajerone Takdir Urip yo anane Tuntunane Urip ono Jagad Royo, sapo kang biso netepi anane Takdir Uripe bakal nemu Mulyo Dunyo – Akhirate, Qodar iku katulis ono sajerone Nasib Urip, jarwane opo kang dialami ono sajerone Uripe, iku wujud soko tindak – laku kang katindakake wus adoh soko anane Tuntunane Urip kang samestine, nyatane yen arep ono opo-opo Pangeran mesti maringi tondo luwih disik, dadi sing Eling biso netepi Takdire, yen Lali yo ono sajerone Nasibe.
Maknane Syahadat, yen karasakake ono sajerone netepi Wajibe Urip kang kudu dilakoni krona Alloh, ono sajerone urip ing Alam Dunyo, yen biso kabeberake iku kiro¬kiro koyo ing ngisor iki :
a. Urip iku umpamane 100% (satus persen) kuwajiban soko Alloh;
b. Syahadat amung ono 95% soko Urip;
c. Sholat amung ono 5% ( limang persen ) soko Urip;
d. Poso amung ono seperapate soko Sholat;
e. Zakat amung ono sapertelone poso;
f. Haji amung ono separohne Zakat.

Ing ngisor iki ono pituture leluhur menowo dedeg wajibe lan larangan kang dumunung ono Rukun Islam kang kudu di Imani kacaritakake koyo ing ngisor iki :
a. Syahadat : Anane Mahayu Hayuning Bawono cilike Keluarga, larangane Madon ;
b. Sholat : Anetepi angen angen kang becik,’ ndedegi Pamikiran kang Agung netepi anane Sastro Jendro Hayuningrat kanggo ngudi laku kang becik, larangane Madat ;
c. Poso : Kuoso nota Rasane Urip, maknane ngerti manowo Urip amung sadermo nglakoni, yen wistiti wancine ora nggowo opo-opo, kabeh anane soko panyuwunan kanggo nyukupi kebutuhan keluargane kang wujud soko ngunggulake Drajat Urip keluargane, larangane Mabuk ;
d. Zakat : Madep mantep marang kuasane Gusti anggone njogo Kanugrahaan lan Rakhmat Pangeran marang barang Pribadi, anane ngluhurake Asmo larangane Main;
e. Haji : Tegen anggone mapakake Roso yo anane kumpule Urip Roso Pribadi marang Kuasane Urip Pangerane, kuoso njogo arum gandane asmo ono sajerone Urip, larangane Maling.
Yen gelem ngudi kaluhurane Urip ing Alam Dunyo tumekane Alam Akhir koyo unine ayat ”Robbanaa aatinaa fid dunyaa hasanataw wafil aakhiroti hasanataw wa qinaa adzaaban naar” , kanti sabenere Manungso kudu mangerteni, lan mapakake opo sabenere Kalimat Syahadat iku, yen ora kaliru koyo kagambarake ing ngisor iki :
” Laa ilaaha illallahu Muhammadur Rasuulullah” ketemu anane :
1. HU mujudake anane Nur Illahi ;
2. Nur Illahi mujudake anane: a. Nur Muhammad,
b. Asma Alloh ono 99 Asmo lan Sifat Alloh ono 20 Sifat;

3. Nur Muhammad, Asmo lan Sifat Alloh mujudake anane Alam Dunyo saisine, yo anane Kitab AI Qur’an Nul Karim bebere wujud dadi Jagad Royo, sarine Kitab Al Qur’an Nul Karim bebere wujud anane Surat Al Fatikah, Surat Al Fatikah wujude makna dadi Badan Jasmani kito yo anane Jagad Dumadi, kang samestine isine Jagad Royo iku podo lan memper karo isine Jagad Dumadi yo anane Badan Jasad yo Badan Jasmani kito.
Ing kono Manungso bakal nemahi anane Urip lan Pati, mangerteni sejatine sopo kang Urip lan sopo kang Mati, biso kaematake koyo fig ngisor iki :
U r i p :
a. Arahe nunggal nyawiji, anane Tauhit, wujude urip Ikhlas – Sabar, koyo anane napas kito, gegambarane nafas wektu ono sajabane irung iku anane HU, yen wis ono sajerone irung nganti tekan gulu iku anane Allah, bareng ono sajerone dodo lan sateruse iku anane Urip kito soko Kanugrahane Pangeran yo biso kasebut wenange Pangeran wus kanugrahake dadi wenange Umat;
b. Sampurnane margo soko ngabekti marang Kaluargane, ngerteni yen Manungso ora biso wujud tanpo anane Bopo-Biyung kang kasebut Pangeran Katon, wujude toto – tentrem kasembadan kabutuhane.
c. Mulyane margo wus ketekan kekarepane, wujude biso nunggal marang Jatine Urip soko netepi Pangangen – angene nunggal marang panyuwunan ketemu keluhurane yo mapan ono sajerone Baitullah.
PAKUBUMI TANAH JOWO.
Ono sawijine tetenger soko Pinisepuh kang ono Gunung Tidar, wujud Tenger Pal pratelon mowo Sandi aksoro Jowo So kang kapendem saduwure Puncak kasebut Paku Bumi Tanah Jowo, mowo aran Nyi Ratu Roro Mangli, aksoro Jowo So mau ono 3 (te1u). aksara, yen ora keliru mowo maksud koyo ing ngisor iki :
a. Kang sapisan aksoro SO-l mowo maksud Sastro, kang wujud ono sajerone bebere Ponang Jabang Bayi kang isih ono sajerone kandutan si Biyung iku anane Sastro, yo kasebut Garis Panguripane si Jabang Bayi, anane Sastro sajabane Garis Takdir lan Nasib.
b. Kang kapindo aksoro SO-2 mowo maksud Sugih, kang mujudake anane dedege Ratu Rumah Tangga yo Ibu Rumah Tangga unine Sugih, Sugih iku titi wancine Panyuwunane si Biyung wektu ndedege isi kang kasebut Purborangrang kanggo Anak Bojo lan Putune, biso nyukupi kabutuhane kaluargane.
c. Kang kaping telu aksoro SO-3 mowo maksud Sandi, kang wujud ono sajerone lambe barange wong wadon, anarik rasane si kakung (lanang) kasebut Sandi yo anane Wadi, asline wujud sake buah Quldi, awal anane Roso kang biso mujudake anunggale Rasane Pangeran. Sandi yo Wadi iku Rasane Pangeran kang dumunung ono Manungso, kudu biso nunggal misah Roso Rasane Manungso kalawan Roso kang kasinungan Rasane Pangeran yo anane Roso Rasane urip Manungso Sejati, njejegi anane Kawulo marang Gustine.
Tetengeran mau kasebut aran Nyi Ratu Mangli, aran mau anane tembung sanepan kang mowo maksud kurang luwih Ojo Pangling utowo Lali, manowo Urip sajatine wis ono kang nota lan ngersakake, Manungso among sadermo anglakoni.
Sake tatanan mau kite bakal mangerteni awal anane Pangeran anggone mujudake Manungso, netepi :
A. Tatanan aksoro SO-1. koyo ing ngisor iki :
1. Wektu Wiji sake Bopo lan Biyung ketemu ing keno Pangeran ngudunake Wahyu Nungkat Gaib, yo anane Wiji Kang Samar, kang wujud sake Roso Rasane Pangeran, wujude Wahyu Gaib mujudakake anane ROSO KANG AWAL sake anane Manungso;
2. Wiji mau banjur wujud setetes Getih yo anane Rah, ing keno Pangeran ngudunake ROH, yen satemene yo ing wektu iku Pangeran nyiptakake anane Bongso JIN, setetes Getih mau banjur wujud dadi segumpal Getih, ing wektu iku anane Alame SETAN – IBLIS ;
3. Soko segumpal Getih banjur wujud dadi Segumpal Daging, ing kono Pangeran ngudunake NYOWO bebarengan mapakake anane Wahyu Doyo Gaib, kang satemene Pangeran nyiptakake anane Bongso MALAIKAT ;
4. Sabanjure segumpal Daging wujud gegambaran Bayi soko anane Pangeran mujudakake “Sungging Purbangkoro” kang satemene soko anane Neptu Gaib mujudake anane SASTRO, yen ing Kuno biso kasebut ” Sastro Jendro Hayuningrat; Mahayu Hayu ning Bawono ” , yo anane Dino Pesti ;
5. Gegambaran Bayi banjur wujud anane Bayi kang sampurno, ing kono Pangeran mapakake anane ATMO yo anane Alame ASMO, Asmo kang wujud soko anane LELUHURE ;
6. Bayi lahir Sampurno, ing kono soko anane Wahyu Panguasane Gaib, yo mudune Kanugrahaane Pangeran kang wujud Sukmo, yo anane Uripe si Bayi, bayi banjur ngekarake derijine nuduhake yen Wahyu Neptu Gaib wus nunggal nyawiji, ing kono asline Pangeran ngudunake Wahyu Nungkat Gaib wus nunggal wujud ono sajerone badan saujude si jabang bayi, satemene Wahyu Nungkat Gaib mau wujud soko anane Nur Muhammad, kang bakal wujud dadi Nurcahyo yo Drajat Urip si Bayi.
Yen nurut gegambaran soko Surat Al Fatikah :
1. Ayat 1, ayat 2 lan ayat 3 ing kono anane Sukmo-yo Urip nguripi Umate ; soko Pujine Jagad Royo marang Pangeran kerso ngudunake Umate ing Alam Dunyo, krona Welas – Asih kanggo netepi Kratonan Jagad Royo, Manungso Kawenangake dadi kalifah ing Alam Dunyo, manowo sampurno Syahadate, bab iki kang wenang amung Pangeran.
2. Ayat 4 fig kono satemene anane Jiwo, soko wujud nunggal nyawiji anane :
a. Atmo yo alame Asmo netepi leluhure wektu Urip.
b. Nyowo yo alame Tetanduran mujudake Rojo Kayon mapane Bebalungan.
c. Roh yo alame Kekewanan, mapan ono Rah – Getih, banjur sumrambah ono Badan Jasmani saujud mowo tandane Urip.

Nuduhake manowo soko Kersane Pangeran Manungso iku wewujudan soko nunggale :
a. Rah yo alame Kekewanan dadi Rajane Kekewanan.
b. Roh yo alame Jin-setan dadi Rajane Jin – Setan.
c. Nyowo alame Tetanduran dadi Rajane Rojo Kayon yo anane alame Malaikat.
d. Atmo yo alarne LeIuhur, wenang nyarnpumake; patine LeIuhure. Bab iki anane wenange Pangeran kawenangake dadi wenange Umate.

3. Ayat 5, ayat 6, ayat 7 ing kono anane Roso kang awal yo Roso Rasane Pangeran, kanggo mujudake Roso Rasane Manungso, yen antuk Makrifate Al Fatikah bakal mujudake anane Roso Rasane Urip Manungso Sejati, margo soko UIah-Laku Umat anggone netepi Urip ono ing Alam Dunyo, lan biso mangerteni anane ke Dholiman ora nunggal marang Uripe, dadi wenange Umat, kang satemene bebering Roso iku biso kapilah ono:
a. Roso kang awal yo Roso Rasane Pangeran, kang nuntun sawemane Roso.
b. Roso kang soko anane Alarn yo anane Roso Sejati – Sejatine Roso.
c. Roso kang soko anane Poncodriyo, yo anane Roso soko babahan Howo Songo.
d. Roso Kang soko anane Sifat Aluarnah, Mutmainah, Amarah, Supiyah.
e. Roso soko Alam, Poncodriyo Ian Sifat yen kakumpulake banjur biso wujud dadi Roso Rumongso.
f. Kabeh Roso mau yen biso katunggalake nyawiji banjur wujud dadi Roso Rasane Urip Manungso Sejati.
B. Tatanan Aksoro SO-2 koyo ing ngisor iki :

Kang dimaksud Sugih, ing kene netepi anane Uripe Manungso kang wis biso mapakake Janjine Pangeran yo anane Urip Jejodohan, Sarnpumo mapakake Rasane Urip yo mekare ( makrifat ) Syahadate, bakal nemahi Kamulyane Urip yo anane soko bekti marang Wongtuwo sakloron, Morotuwo sakloron wujud dadi anane Pepuden ing lumrahe kasebut Punden Kang samestine ing wektu iku anane Pangeran mujudake dedeg piadege Wahyu Purbojati, Wahyu Purborangrang, Wahyu Purbosari.
a. Wahyu Purbojati anane wektu si kakung mujudake dedeg piadeg dadi Kepala KeIuarga.
b. Wahyu Purborangrang anane wektu si isteri mujudake dedeg piadeg dadi Ratu Rumah Tangga.
c. Wahyu Purbosari wujud soko panyuwunan si Kakung lan isteri marang Pangerane mujudake anane anak lan dunyo brono, kang satemene ono mudune Wahyu Jodoh, Wahyu Drajat, Wahyu Rejeki kang kasebut anane Wahyu Dorodasih.

C. Tatanan aksoro SO-3 koyo ing ngisor iki :
Kang dimaksud Sandi utowo Wadi iku satemene dedeg piadege ROSO netepi ono Rasane Pangeran, anane Wiji Kang Samar yo Wahyu Nungkat Gaib, mapane ono sajerone Lambe Barange Wong Wadon krona anane buah Quldi, awal anane kedholirnan, kamongko sapo bae yen netepi Among Nunggal Roso ( Senggomo ) yen ora kaawali sake anane Syahadat ing keno iku kalebu laku DHOLIM, kadadeyane bakal anane rusake Jagad Royo, yen kabeh podo ora ngerti maknane Syahadat (isine Jodoh) ono Uripe bakal anane Kiamat.
Satemene Sandi lan Wadi mau ono soko Lakune Pangeran, kang Nglakoni Umate, ning ora kabeh laku Among Nunggal Roso kedunungan Sandi lan Wadi, yen kajarwakake mowo maksud Among Nunggal Roso iku satemene laku ono sajerone Sifat Dholim kang samar.
I. DINO LAN PASARAN
Iki tatanan kang nuduhake arahe Urip kang kawoco sake anane Dino lan Pasaran, kang kawoco soko anane tatanan Neptu Go’ib ono ing Dino :
1. Jum’at Wage    = Jowo,
2. Ahad Lagi        = Allah,
3.
Seloso Pon       = Sapo, koyo kasebut ing ngisor iki:
I. Jum’at Wage= Jumat : huruf awal Jo =- neptune = 6
Neptu = 10 = Wage : hurul
awal Wo – neptune = 4
Yen huruf awal kajumbuhake muni Jowo, kang mowo maksud hakekate Urip, yo maknane Urip, dadi kang dimaksud Jowo iku yo manungso kang ngerteni Sejatine Urip ing Alam Dunyo, ngerti anane Islam yo Slamete Urip ono ing Alam Dunyo yen ora kaliru ngerti bebere Kitab Layang Kalimosodo yo anane Syahadat kang turun ono Tanah Jowo dadi tuntunan anane serat Sastro Jendro Hayuningrat, Mahayu Hayuning Bawono, yo tuntunan Urip marang Perilaku kang nuduhake anane Hak lan Wajibe Urip, dadi kang kamaksud Jowo ing kene dudu Pawongan Kang lahir ono ing tanah Jowo utowo Suku Jowo.
Jumat Wage, Ahad Legi, Seloso Pon kabeh Neptune yen kagunggung ono neptu 10 anuduhake anane kabeh kang wis Kaciptakake dene Pangeran ing Alam Dunyo iki yen kagunggung nurut kasatuanne yo among ono 10 macem koyo kasebut ing ngisor iki :
1. Lemah / tanah 6. Tetanduran
2. Banyu              7. Kekewanan
3. Geni                 8. Jin, Setan, Iblis, lelembut
4.
Angin               9. Malaikat
5. Watu/Bebatuan ( Wesi, emas, 10. Pawongan (Wong, Tiyang, Manungso)

Yen Jum’at neptu 6 ing kono anane soko rukun Iman, yo biso kasebut soko anane wadah, dadi Dino iku mujudake wadah, lan yen Wage neptu 4 ing kono anane sedulur 4, yo anane isi, dadi Pasaran mujudake isi. Kaumpakake Wadah iku Jasad, isi iku Rogo, ing kono iku ketemu :
- Wadah = Jasad anane Badan Kasar – Jagad Royo – Kitab AI Qur’an
- Isi = Rogo anane Badan Alus – Jagad Dumadi – AI Fatikah.

Manowo kawoco soko gebyar lan gumelare Jagad salumrahe, ing kono ketemu anane dedeg piadege Wahyune Kaluarga kang dadi isine wujud Wahyu Purbo Jati, Wahyu Purbo Rangrang mujudake anane Wahyu Purbo Sari, kang nyoto wujud soko isine Neptu 6 ono ing Dino Jum’at wujud dadi :
1. Kemanten sakloron    = 2
2. Wongtuo sakloron     = 2
3. Morotuo sakloron      = 2, yen kagunggung kabeh ono 6.

yen ing Pasaran Wage wujud soko anane
1. Sandang – pangan.
2. Papan – Pomahan.
3. Anak, Dunyobrono.
4. Luhure Kaluarga, yo isine Keluarga Sakinah “ma Warda wa Rohma yo anane Drajat Dunyo – Akhirat.

Yo ing isine dino Jum’at Wage iki awal bebere Kalimah Syahadat awal dedeg ¬adage Islam ono sajroning Ati – Nurani Manlingso.
Yen Jum’at neptu 6 ing kono anane rukun Iman, lan yen Wage neptu 4 ing kono ugo biso kagambarake cagak 4 utowo awal anane anasir 4 perkoro yo anane Bumi, Banyu, Geni lan Angin, anane Manungso manembah marang Pangerane soko Percoyo – Yakin – Iman marang Rukun Iman :
1. Allah, ono anane, kabeh wujud soko Kekarepan – Kehendak kang Nyoto Tulisane.
2. Kitab, a. ganng : a. Kitab Jabur – Nabi Daud as.
b. Kitab Taurot – Nabi Musa as.
c. Kitab Injil – Nabi Isa as.
d. Kitab Alqur’an – Nabi Muhammad saw.
b. teles : a. Garis Takdir, katulis among sepisan ora kaambalan maneh.
b. Garis Nasib katuIis soko Tindak Laku, Pakaryan lan obah – musike Kekarepan Urip Manungso.

3. Nabi Lan Rasul
4. MaIaikat, Jin – setan
5. Kiamat, Hari Akhir
6. Qodlo – Qadar, anane Takdir -Nasib wujude hukum Sebab – Akibat.

Cagak 4 wujud soko Anasir awaI, yoiku Lemah/Tanah, Banyu, Geni lan Angin kang nuwuhake anane :
a. Lemah Tanah netepi Sifat Aluamah, anane Sabar – Narimo, wujud uripe soko kagowo Serakah
b. Banyu netepi Sifat Mutmainah, anane Adil, timbang Pamikirane, wujud uripe soko kagowo Iri – Drengki.
c. Geni netepi Sifat Amarah, anane Perkoso, anduweni Doyo – kekuatan, wujud uripe soko kagowo Murko – Nesu.
d. Angin netepi Sifat Supiyah, anane Adek Pribadi – Mandiri, wujud uripe soko kagowo Sombong – Angkuh.

Kaumpamakake Iman iku Kusir, Cagak 4 (papat) iku Jaran 4 (papat), kang playune nurut kekarepane dewe-dewe, sing kelir ireng playune ngalor tok, sing kelir putih playune ngetan tok, sing kelir abang playune ngidul tok, sing kelir kuning playune ngulon tok, Bendi-ne wujud soko anane Badan, Playune wujud soko Ragane tujuane netepi anane kekarepan.
Dino Jum’at dadi dino kekeran poro Nabi – WaIi, nyoto soko anane Sholat sunat Jum’at, ing kono margo soko Kanugrahane Pangeran Kang Moho Agung, kanggo Umate supoyo gelem Eling marang anane Tatanan Urip Bebrayan ing Alam Dunyo.
II. Ahad Legi : Ahad : huruf awal A – Neptune = 5
Neptu 10 : Legi : huruf awal LA – Neptune = 5

Yen huruf awal kajumbuhake muni Allah yo anane Pangeran, manungso wajib ngawruhi sopo sejatine Pangerane, ing dino Ahad Legi iki anane awal mbukak kawruh kang wis kasebut ono sajrone wawasan Ahad Legi.
Ahad neptu 5 gegambaran soko sedulur Papat ke Limo Pancer, wujud nunggal dadi Badan Kasar, kasebut njobo.
Legi Neptu 5, ono anane njero yo Badan Alus wujud soko anane :
1.     Roso           : soko Sifat Aluamah, Mutmainah, Arnarah, Supiyah, lsp.
2.     Roh             : soko manunggale Uripe Kekewanan.
3.     Nyowo        : soko manunggale Uripe Kekayonan yo Tetanduran.
4.     Atmo                    : soko Gondo Arum Asmane ( sampurnane Budi – Luhur / Ahlak yang terpuji Umat ) alame Asmo Leluhure.
5.     Sukmo        : soko Kanugrahane Pangeran.
Ing ngisor iki satemene anane tatanan Roso kang dumunung ono sajrone Badan saujude Manungso :
A. Roso : 1. Rasana Pangerane.
2
. Roso Sejati yo Sejatine Roso, Roso kang wujud soko manunggale Roso Rasane Jagad Dumadi marang Roso Rasane Jagad Royo koyo to:
a. Uyah iku asin, asin durung mesti anane uyah,
b. Gulo iku legi, Legi durung mesti anane gulo,
c. Asem iku kecut, kecut durung mesti anane asem.

3. Roso Poncodriyo
a. Pangroso /Pangucap,
b. Panggondo,
c. Pandulu, d. Pangrungu,
e. Pangrobo.
4. Roso kang wujud soko anane manunggale Roso Sifat Aluamah, Mutmainah, Amarah, Supiyah.
5. Rasane Umat yo anane Roso Rumongso kang wujud soko kemampuane Umat anggone nunggalake Roso Rasane Pangeran, Roso Poncodriyo, Roso Sejati – Sejatine Roso, Roso soko anane Sifat Aluamah, Mutmainah, Amarah, Supiyah wujud nunggal ono ing anane Laku yo anane Tingkah Laku Budi Howo saben dinane kang bakal mujudake anane Akhlak kang minulyo.
6. Roso Rasane Urip Manungso Sejati, wujud soko nunggal nyawiji anane sakabehe Roso kang kasebut ing duwur mau.

Soko kawruh kang wis kabeber ing duwur, kito biso anglakoni nunggalake Rasane Umat wujud nunggal marang Rasane Pangeran sake wujud jumbuhe angen-angen lan nunggale kekarepan.
A. Roh : Roh iku Uripe Kekewanan kang nunggal marang Badan saujude Manungso, ananne Kanugrahan soko Pangeran kanggo netepi Serat Sastro Jendro Hayuningrat, Mahayu Hayu Ning Bawono.
B. Nyowo : Nyowo anane Uripe Tetukulan / Tetanduran kang nunggal marang Badan saujude Manungso, anane Kanugrahan sake Pangeran kanggo netepi wajib mapakake Serat Sastro Jendro Hayu Ningrat, Mahayu Hayu ning Bawono.
C. Atmo : Atmo iku Alame Asmo, wujud nunggal marang Manungso sake Dino kalahirane lan tetengeran yo Jeneng yo Aran kang sinebut sake Wongtuwane, kang kudu rinekso Manungsane supoyo biso anggondo Arum.
D. Sukmo : Sukmo yo anane tetengeran soko Pangerane kanggo papan nunggale Kawulo Gustine.

Soko katerangan ing duwur mall manungso biso njupuk Hak sake Pangeran yen manungso mau wis biso nglakoni kang dadi wajibe, yo soko wis biso anglakoni anane Mahayu Hayuning Bawono.
Roh iku Uripe Kekewanan kang nunggal marang Badan saujude Manungso, anane Kanugrahan sake Pangeran kanggo netepi wajib mapakake Serat Sastro Jendro Hayu Ningrat, Mahayu Hayu ning Bawono.
Ahad Legi yo biso kawoco A iku anane Ho lan Le iku anane La koyo kasebut ing ngisor iki :
1.     A – Aku : Aku anane Pangeran, kang mengku anane Kitab Serat Layang Kalimosodo,
2.     La – Laku : Laku, lakune Manungso ono sajrone bebering Kitab Serat Layang Kalimosodo,
Pangeran kang mengku Karep nunggal marang Kekarepanne Manungso mujudake gegayuhan kang kinarepake manungsane.
Kang biso nunggalake lan ngerteni wektu Badan Kasar nunggal marang Badan Alus kudu biso netepi anane Wahyu Trias Wiji yoiku sake :
a. Tekun, anane nota nafase,
b. Temen, anane tingkah lakune,
c. Teliti, marang satindak – laku lan obah musike kahanan,
d. Awas, marang anane Gudo – Cuba – Pengaruh – Gangguan,
e. Sabar, marang sepapadane Urip.

Bakal biso ketemu marang Alam Kelanggengane yo Mulyane Urip ing tembe.
III. Seloso Pon : Seloso : huruf awal So – Neptune = 3
Neptu 10 : Pon : huruf awal Po – Neptune = 7

Yen huruf awal kajumbuhake unine Sapo, ing kene mowo maksud Manungso wajib ngawruhi sapo Sejatine Pangerane lan sapo Sejatine Manungso, opo kekarepanane Pangeran kanti sake Kanugrahane Manungso mudun Urip ing Alam Dunyo, opo kang dadi Hak-e Manungso ing Alam Dunyo lan opo kang dadi Kewajibane Urip ing Alam Dunyo.
Sejatine Pangeran lan Sejatine Manungso yen ora kaliru kasebut koyo ing ngisor iki:
1.     Dzat-e Hu ayang-ayangane wujud dadi Dzat-e Alloh yo kasebut Dzat-e Pangeran.
2.     Dzat-e Alloh yo kasebut Dzat-e Pangeran, ayang-ayangane wujud dadi Nur Muhamnlad yo kasebut Wahyu I Sukmane Jagad Royo.
3.     Nur Muhammad yo kasebut Wahyu / Sukmane Jagad Royo, ayang-ayangane wujud nunggal dadi Jasad, sake Kanugrahane Pangeran dadi Badan saujud-e Manungso.
Koyo wektu Pangeran nyipto anane Kanjeng Nabi Adam as., sake ruwet ¬krenteg-e Urip, Pangeran nyipto anane Ibu Howo kanggo netepi Sampumane Urip Manungso, sake Sampurnane Urip Manungso kanggo netepi Gumelare Urip, Kanjeng Nabi Adam as. lan Ibu Howo kaudunake ono ing Alam Padang yo anane Alam Dunyo soko Kanugrahane Pangeran.Soko kaweruh ing duwur, ing keno ono anane sarine Gumelare Drip kang awal koyo ing ngisor iki :
1. Hu netepi anane Alloh, banjur Nur Muhammad netepi isine Jagad Royo, banjur anane Manungso. Ing keno ketemu anane ongko 3, kang dadi Neptune Dino Seloso, yo anane Wadah Panyuwunan.
2. Netepi anane Gumelare Urip ing Alam Dunyo turun remuntun ketemu anane, Cukul – Ngendok – Manak, ing kene ketemu ugo anane ongko 3, kang dadi Neptune Dino Seloso.

Satemene Pangeran ora anduweni Karep opo – opo sake anane Manungso, amung ing keno ono anane Geter-e Urip, kang katuntun sake anane Serat Layang Kalimosodo, Kanugrahane Pangeran kanggo adeg – dedeg Urip Bebrayan ing Alam Dunyo, netepi Gumelare Urip Manungso.
Soko Geter-e Urip lan anane Serat Layang Kalimosodo, ing keno wis wujud anane Hak kang ono anane soko lakune Urip Manungso, katuntunake sake Kanugrahane Pangeran ono ing :
1. Serat Al Fatikah, satemene wujud Pasemon sake Lakune Urip Manungso, “kanggo netepi Urip Bebrayan ing Alam Dunyo, netepi Wajib-e Urip koyo ing Serat Sastro Jendro Hayu Ninggrat, Mahayu Hayu ning Bawovo, kang utomo Tapak Laku yo obah – mosike Budi – Howo ono ayat ” Ihdinash shirothol mustaqim ” lan ” Ghairil magdhuubi ‘alaihim wa ladhdhaalliin “, ing Serat Al Fatikah iki ketemu anane ongko 7, soko anane ayat Serat Al Fatikah kang dadi Neptune Pasaran Pon yo ono ongko 7, netepi wujud isine Urip yo Drajat-e Urip ing ngarsane Pangerane.
2. Do’a Sapu Jagad ” Robbanaa aatinaa fid dun-yaa hasanataw wa fil aakhiroti hasanataw wa qinaa ‘adzaaban naar ” ing kene soko isine maksud dadi arahe Urip Manungso ing ngarsane Pangeran, Slamet Dunyo – Slamet Akhirat, soko anane Slamet Akhirat ono ongko 7 kang nyebutake anane Swargo lapis 7 Neroko lapis 7. ongko 7 dadi isine neptu Pasaran Pon, yo anane arahe isine Urip.
Soko anane kawruh ing duwur, kang nerangake anane Urip lan Pati, nerangake anane Tatanan Slamet yo anane Tatanan Islam.
M a t i
a. Papane Ikhlas, ketemu Lego – legowo.
b. Sampurnane ono 5 perkoro :
1. Sing mati Poncodriyo.
2. Kang teko Pesti.
3. Kang lunggo Sukmo.
4. Kang bali Jasad/Badan/Dzat.
5. Kang ditinggal Asmo.

c. Sesebutane iku ono 4 perkoro :
1. Mati manyasar.
2. Mati manyusup.
3. Mati manitis.
4. Mati manatas.

Anane gegambaran mau biso kawoco manowo Pangeran anggone nyipto Manungso ora sadermo ” Kun fayakun “, mbutuhake wektu yo anane Neptu kang jlimet koyo Kersane, amarga Manungso kadadekake Kholifah / Pemimpin ing Alam Dunyo, sapo kang kliru anggone nemtokake anane Urip yo ketemu ke1iru anggone mbalik marang asale.
Koyo salah sijine carito kang keno kaematake ono ing ngisor iki :
Wektu Kanjeng Nabi Muhammad saw ono sajroning Mi’raj, Pangeran ngandikan soko walike Tirai / tabir,. Tirai / tabir iku anane soko asta / tangan sak kloron, sak temene kang kasebut Tirai / tabir iku sajatine yo anane Kalimah Syahadat yo Kitab Layang Kalimosodo, dunung ono epek-epek tangan kiwo lan tengen, nulis pakaryane, sarto epek-epek suku / sikil kiwo- tengen kanggo nulis tingkah-laku kang katindakake saben dino, supoyo kito Urip ono sajeroning Alam Dunyo iki biso tansah waspodo tan ngati-ati, koyo kang kasebut ing ngisor iki :

1. Ati-ati ojo gumampang ndedegi urip ing Alam Dunyo ( Marcopodo – ono tengah), amarga anane urip ing clam dunyo kudu biso njejegi sifat adil, kuwoso ngatur urip pribadi soko bebering Kalimah Syahadat yo Kitab Layang Kalimosodo, supoyo ora gampang keblidru marang samubarang kang durung mesti anane, amarga Kalimah Syahadat yo Kitab Layang Kalimosodo iku sejatine Tulisan Takdir kito kang wus dikersakake netepi Kamulyane Drip, yen Tulisan Nasib amarga soko kito mburu Nepsu lan keblidru marang samubarang kang durung mesti anane amarga kurang Imane.
2. Kang katoto ono tengah sajatine dedeg bebering Kitab Layang Kalimosodo, yo anane Kahanan Drip kito Pribadi ono lakune Urip, lakune Urip nunggalake anane Jagat Royo marang Jagat Dumadi sampurno wujud sajerone ono anane Alam Kelanggengan .
3. Amargo anane Urip iku kudu mangerteni Dedeg Urip Pridadi marang Dedeg Uripe Kaluargo kaembanake marang Wujud Gumebyar gelar Cahyone Urip, yo anane Kawibawan kito Pribadi
4. Urip Pribadi mangerteni sapo sing njaluk mangan-ngombe, ono kadedayan ope sajrone mangan lan ngombe, sarto wujud ngrungkepi rage dapi ope ?
a. Sing njaluk mangan lan ngombe iku anane Aluamah sifate Bumi, kudu biso rumekso Uripe, anane wujud kuoso nyukulake wiji kekarepan lan biso nyukupiopo kang dadi isine pangangen – angen sarto mujudake ono anane Gumelare Urip, mapake anane Sifat Gusti Kang Moho Suci kang asifat Jalal, yo dedege Gusti Kang Moho Agung, kuoso ngayomi Urip Pribadi, Urip Kaluargane.
b. Sing mangan lan ngombe iku anane Mutmainah sifate Banyu, kudu biso ndedegi kuwasane Gusti Kang Moho Adil, ora gampang kasemsem marang ka¬indahane Jagat Royo, ora melik marang barang kang durung mesti Hak anane, mapakake Sifat Gusti Kang Moho Suci kang asifat Jamal, mumpuni gawe ka-¬Elokane Jagat, kuoso note anane wujud sarine pangangen – angen biso gumebyar sanaliko, netepi sampurnane Rogo Sejati kanggo nyukupi kabutuhan Kaluargane.
c. Sajroning mangan lan ngombe ono kadadeyan sake anane Amarah sifate Geni, sajrone urip kudu biso mapakake Santosane Urip, ora ambeg siyo marang liyan, biso dadi panunggule bebrayan, yo anane Sifat Gusti Kang Moho Suci kang asifat Kahar, mumpuni ing gawe mujudake ka-Wisesane Gelare Urip Pribadi kito marang ka-Santosane Urip Kaluargo.
d. Sajroning mangan lan ngombe ono wewujudan sake anane Supiyah sifate Angin, sajroning urip kudu biso mapakake dedeg urip pribadi kito kang unggul ing drajat, ora gampang keno owah gingsir ono sajrone gelare urip yo obah ¬musike jaman, yo anane Sifat Gusti Kang Moho Suci kang asifat Kamal, biso dadi Pepujine Urip ing Jagat Royo soko anggone biso Sampurno note Urip Kaluargane lan Urip Pribadi kito ono ing bebere Kitab Layang Kalimosodo.
e. Kumpule ope kang dipangan lan diombe mapakake anane Gondo, sumrambah ono sajrone Rogo nguripi anane Doyo – Roso, mujudake anane nungale niyat ono sajrone angen – angen ngrungkepi mantepe karep, biso wujud gumelar keturutan kang dadi panyuwunane, unggul drajat uripe. Ojo nganti keliru utowo kasemsem marang gumebyare ka-Elokane kekarepan, ben biso Mulyo Urip ing Dunyo Akhirate.
Ojo nganti kasemsem marang ka-Indahane wewujudan kang Elo,k asal soko Aluamah, Mutmainah, Amarah tan Supiyah ben ora keduwung ing tembe mburi. Sajatine mangan lan ngombe iku wewujudan awal nunggalake anane Jagat Royo marang Jagad Dumadi supoyo biso karoso Panguasane Jagad Royo ono sajrone Rogo, menowo teller kudu kalarasake marang Nafas netepi anane Geter, Gerak, Pangucap, lan Pangawasane Urip Pribadi kito nunggal nyawiji ono sajrone Urip Sejati.
A. Nafas ono ing (tanpo eling)
1.     Wadug        : Uripe Bumi, nguripi Aluamah anane Serakah.
2.     Ginjel          : Uripe Banyu, nguripi mutmainah anane Iri drengki.
3.     Paru paru   : Uripe Angin, nguripi Supiyah anane Sombong jumawa.
4.     Jantung       : Uripe Geni nguripi Amarah anane Sereng murko.
5.     Ati              : Uripe Watu, nguripi kang ngaku Jati Diri anane Pengkuh kaku .
B. Nafas lungguh mapan ing ( eling )
1.     Wadug        : Netepi eneng- ening mujudake sifat Dermo Sabar.
2.     Ginjel          : Netepi eneng-ening mujudake sifat Samudono sembarang gawe biso.
3.     Paru paru   : Netepi eneng-ening mujudake sifat Mengku Drip, Ngayomi.
4.     Jantung       : Netepi eneng-ening mujudake sifat Wiseso, Santoso Uripe.
5.     Ati              : Netepi eneng-ening mujudake sifat Kuoso, Sampurno nota Uripe.

SERAT (MANTRA-WEDHA, SUKMA-WEDA, DARMA-WEDA, JAPA-WEDA, JIWA-WEDA)

Mantra-Wedha

(1)
Ono kidung rumekso ing wengi,
Teguh ayu luputo ing loro,
Luputo ing bilai kabeh,
jim setan datan purun,
paneluhan tan ono wani,
miwah panggawe olo,
gunaning wong luput,
geni atemahan tirto,
maling adoh tan keno ing mami,
tuju guno tan sirno.
(2)
Sakebehing loro tan soyo bali,
Kahehing omo tan sami soyo mirudo,
Welas asih pandulune,
Sakehing brojo luput,
Kadi kapuk katibaning wesi,
Sakehing wiso towo,
Sato galak tutut,
Kayu aeng lemah sangar,
Songing landak guwaning lemah miring,
Myang pakiponing merak.
(3)
Pagupakaning warak sakalir,
Nadyan arco myang sagoro asat,
Temahan rahayu kabeh,
Dadya sariro ayu,
Ingideran pro widodari,
Rinekso pro malaikat,
Sakatahing rosul,
Tan dadi sariro tunggal
Ati adam utek ku bagindo eisis,
Pangucapku ya Musa.
(4)
Napasku nabi Ngisa linuwih
Nabi Yakup pamiryarsa ningwang
Yusup ing rupaku mangke,
Nabi Dawud suwaraku
nJeng Suleman kasekten mami
Nabi Ibrahim nyawa,
Edris ing rambutku
Baginda Ngali kuliting wang
Getih daging Abu Bakar Ngumar singgih,
Balung baginda ngusman
(5)
Sumsumingsun Patimah linuwih,
Siti aminah bayuning angga,
Ayup ing ususku mangke
Nabi Nuh ing jejantung
Nabi Yunus ing otot mami
Netraku ya Muhamad
Pamuluku Rasul
Pinayungan Adam Kawa
Sampun pepak sakathahe para nabi
Dadya sarira tunggal
(6)
Sawiji wiji mulane dadi,
Apencar mulaning jagad,
Kasamaran dining dzat e,
Kang maca kang ngerungu,
Kang anurat kang ngimpeni,
Dadi ayuning badan,
Kinaryo sesembur,
Yen winacakno ning toya
Kinarya dus rara tuwo gelis laki,
Wong edan nuli waras.
(7)
Lamun ono wong kadendo kaki,
Wong kabanda kabotan utang,
Yogya wacanen den age
Naliko tengah dalu,
Ping sewelas wacanen singgih,
Luwar ingkang kabanda,
Kang kadendo wurung,
Agelis nuli sinauran,
Mring hyang sukma ingkang utang iku singgih,
Kang agering nuli waras.
(8)
Lamun arso tulus nandur pari,
Puasa o sawengi sadino,
Iderono galengane,
Wacanen kidung iku,
Sakabeh e ngama sami bali,
Yen siro lungo perang,
Wateken ing sengkul,
Antuka tigang pulukan,
Musuh siro rep sirep tan ono wani,
Rahayu ing payudyan.
(9)
Sopo sing reke biso nglakoni,
Amutih lawan anawa,
Patang puluh dino bae,
Lan tangi waktu subuh,
Lan den sabar sukuring ati,
Isya Allah katekan,
Tumrap sanak rajatira,
Saking sawabing ilmu pangiket amami,
Duk aneng Kali Jaga.
Suksma–Wedha

(10)
Ana kidung reke angartati,
Sapa eruh reke aran ingwang,
Duk ingsung ono ing ngare,
Miwah duk aneng gunung,
Ki samurta lan Ki samurti,
Ngalih aran ping tiga,
Arta daya tengsung,
Arang ingsung duk jejaka,
Ki artati aran ingsung ngalih,
Sapa weruh aran ingwang.
(11)
Sapa weruh tembang tepus kaki,
Sasat weruh reke arta daya,
Tunggal pancer sauripe,
Sapa weruh ing panuju,
Sasat sugih pagere wesi,
Rinekso wong sajagat,
Kang angidung iku,
Lamun dipun apalane,
Kidung iku den tutug pada sawengi,
Adoh panggawe ala.
(12)
Lawan rineksa marang Hyang Widhi,
Sakarsane tineko dening Hyang,
Rineksa ing jalma kabeh,
Kang amaca kang angerungu,
Kang anurat myang kang nimpeni,
Yen ora bisa maca,
Simpenono iku,
Temah ayu kang sariro,
Yen linakon dinulur sanendyan neki,
Lan rinekso dening Hyang.
(13)
Kang sinedya tinekan Hyang Widhi,
Kang kinarsung dumadakan kena,
Tur sinisiyan pangeran,
Nadyan tan weruh niku,
Lamun nedya muja semedhi,
Sasaji ing sagara,
Dadya ngumbareku,
Dumadi sariro tunggal,
Tunggal jati swara awor ing Artati,
Aran sekar jempina.
(14)
Somahira ingarang penjari,
Milu urip lawan milu pejah,
Tan pisah ing saparane,
Pari purna satuhu,
Anirmala waluya jati,
Keno ing kene kana,
Ing wasesanipun,
Ajejuluk Adhi suksma,
Cahya jumeneng aneng artati,
Anom tan keno tuwa.
(15)
Panunggale kawula lan Gusti,
Nila ening arane duk gesang,
Duk mati nila arane,
Lan suksma ngubaraeku,
Ing asmoro mung raga yekti,
Durung darbe peparab,
Duk rare iku,
Awayang bisa dedolan
Aran Sang Hyang Jati iya sang Artati,
Yeku Sang Arta jaya.
(16)
Dadya wisa mangkya amartani,
Lamun maria atemahan wisa,
Marma Arta daya rane,
Duk lagya aneng gunung,
Ngalih aran Asmara jati,
Wayah tumekeng tuwa,
Emut ibunipun,
Ni panjari lungo ngetan,
Ki Artati nurut gigiring Merapi,
Anulya mring Sundara.
Darma-Wedha

(17)
Ana panditha akarya wangsit,
Minda kombang angecap ing tawang,
Susuhing angin endhi enggone,
Lawan galihing kangkung,
Wekasane langit jaladri,
Isine wuluh wungwang,
Lan gigiring punglu,
Tapaking kuntul anglayang,
Manuk miber uluke ngungkuli langit,
Kusuma njrahing tawang.
(18)
Ngabil banyu apikulan warih,
Ametgeni sarwi adadamar,
Kodok ngemuli elenge,
Miwah kang banyu dikum,
Myang dahana murub kabesmi,
Bumi pinetak ingkang,
Pawana katiyup,
Tanggal pisan kapurnaman,
Yen anenun sateg pisan anigasi,
Kuda ngarap ing pandengan.
(19)
Ana kayu apurwa sawiji,
Wit buwana epang keblat papat,
Agedong mega rumembe,
Apradapa kukuwung,
Kembang lintang salaga langit,
Semi andaru kilat,
Woh surya lan tengsu,
Asiran bun lawan udan,
Apupucuk akasa bungkah pratiwi,
Oyode bayu bajra.
(20)
Wiwitane duk anemu candi,
Gegedongan miwah wewerangkan,
Sihing Hyang kabesmi kabeh,
Tan hana janma kang wruh,
Yen weruha purwane dadi,
Candi sagara wetan
Ingobar karuhun
Kayangane Sang Hyang Tunggal,
Sapa reke kang jumeneng mung Artati,
Katon tengahing tawang.
(21)
Gunung Agung sagara serandil,
Langit ingkang amengku buwana,
Kawruh ana ing artine,
Gunung sagara amung,
Guntur sirna amengku bumi,
Ruk kang langit buwana,
Dadya weruh iku,
Mudya madyaning ngawiyat,
Mangasrama ing gunung Agungsabumi
Candi candi sagara.
(22)
Gunung luhure kagiri giri,
Sagara agung datanpa sanma,
Pan sampun kawruhan reke,
Arta daya puniku,
Datan keno cinangkreng budi,
Anging kang sampun prapta,
Ing kuwasanipun,
Angadeg tengahing jagad,
Wetan kulon lor kidul mandap myang inggil,
Kapurba kawasesa.
(23)
Bumi sagara gunung myang kali,
Sagung inking sesining bawana,
Kasor ing Arta dayane,
Sagara sat kang gunung,
Guntur sirna guwa samya nir,
Sing aweruh Arta daya,
Dadya teguh timbul,
Lan dadi paliyasining prang,
Yen lelungan kang kapapag wedi asih,
Sato galak suminggah.
(24)
Jim peri parayangan pada wedi,
Mendak asih sakehing dubriksa,
Rumeksa siyang dalune,
Sing anempuh lumpuh,
Tan tumama ing awak mami,
Kang nedya tan raharja,
Kabeh pan linebur,
Sakabehing nedya ala,
Larut sirno kang nedya becik basuki,
Kang sineoya waluya.
(25)
Siyang dalu rineksa ing widi
Dinulur saking karseng Hyang Suksma
Kaidep ing janma kabeh,
Aran wikuning wiku
Wikan liring muja semedi
Dadi sasedyanira
Mangunah linuhung,
Peparab Hyang Tega Lana,
Kang kasimpen yen tuwajuh jroning ati
Kalising panca baya.
(26)
Yen kinaryan atunggu wong sakit
Ejim setan datan wani ngambah
Rineksa mala ekate
Nabi wali angepung
Sakeh lara pada sumingkir,
Ingkang sedya pitenah marang awak ingsun,
Rinusak dening Pangeran,
Iblis laknat sato moro sato mati
Tumpes tapis sadaya.
Japa-wedha

(27)
Ana kidung angidung ing wengi,
Bebaratan duk amrem winaca,
Sang Hyang Guru pangandeke,
Lumaku Sang Hyang Ayu,
Alembehane Asmara ening,
Ngadek pangawak teja,
Kang angidung iku,
Yen kinarya angawula,
Myang lulungan Gusti geting dadi asih,
Sato setan sumimpang.
(28)
Sakatahing upas tawa sami,
Lara raga waluya nirmala,
Tulak tanggul kang manggawe,
Duduk samya kawangsul,
Akawuryan saguhing pikir,
Ngadam makdum sadaya,
Datan paja ngrungu,
Pangucap lawan pangrasa,
Myang tumingal kang sedya tumekeng napi,
Pangreksaning malekat.
(29)
Jabarail inkang animbang
Milunira kanteban iman,
Pan dadya kendel atine,
Ngijail puniku,
Kang rumeksa ing ati suci,
Israpil dadi damar,
Madangi jrokalbu,
Mingkail kang asung sandang,
Lawan pangan tinekan ingkang kinapti,
Sabar lawan narimo.
(30)
Ya hudakyeng pamujining wengi,
Bale aras saka ne mulya,
Kirun saka tengen nggone,
Wanakirun kang tunggu,
Saka kiwa gada ne wesi,
Nulak panggawe ala,
Satru lawan mungsuh,
Pangeret tengajul rijal,
Ander ander khulhu balik kang linuwih,
Ambalik lara raga.
(31)
Dudur molo tengayatul kursi,
Lungguh neng atine surat aningam,
Pengleburan lara kabeh,
Usuk usuk ing luhur,
Ingkang aran wesi ngalarik,
Neng nabi mohamad,
Kang wekasan niku,
Antunggu ratri lan siyang,
Kinedepan ing tumuwung pada asih,
Tunduk mendak maring wang.
(32)
Satru mungsuh mundur pada wedi,
Pamidangan ing betal mukadas,
Tulak balik pangreksane,
Pan nabi patang puluh,
Paring wahyu mring awak mami,
Apan nabi wekasan,
Sabda Nabi Dawud,
Apetak bagenda Ambyah,
Kinaweden ebelis laknat lawan ejim,
Tan wani perak.
(33)
Pepayone godong dukut langit,
Tali barat kumendung ing tawang,
Tinunda tan katon mangke,
Arajeg gunung sewu,
Jala sutra ing luhur mami,
Kabeh pada rumeksa,
Angadangi mungsuh,
Nulak panggawe ala,
Lara roga sumingkir kalangkung tebih,
Luput kang wisa guna.
(34)
Gunung sewu dadya pager mami,
Katon murub kang katon tumingal,
Sakeh lara sirna kabeh,
Luput ing tuju teluh,
Tarakyana tenung jalenggi,
Bubar ambyur suminggah,
Sri Sedana lulut,
Punika sih Rahmatulah,
Iya Sang Jati mulya.
(35)
Ingaranan Rara subaning-sih,
Kang tuminggal samya sih sadaya,
Kadep sapari polahe,
Keh lara sirna larut,
Tan tumama ing awak mami,
Kang sangar dadi tawa,
Kang geting dadi lulut,
Saking dawuh sifat rahman,
Iya rahmat rahayu pangereksaneki,
Sarana nganggo metak.
(36)
Yen lumampah kang mulat awingwrin,
Singo barong kang podo rumeksa,
Gajah meta ning wurine,
Macan gembong ing ngayun,
Naga raja ing kanan kering,
Singa mulat njrih tresna,
Marang awak ingsun,
Jim setan lawan manungsa,
Pada kadep teluh lawan antu bumi,
Ajreh lumayu ngitar.
(37)
Yen sinimpen tawa barang kalir,
Upas bruwang racun banjar sirna,
Temah kalis sabarang reh,
Jemparing towok putung,
Pan angleyang tumibeng siti,
Miwah saliring braja,
Tan tumama mring sun,
Cedak cupet dawa tuna,
Miwah sambang setan tenung pada bali,
Kadep wedi maring wang.
(38)
Ana paksi mangku bumi langit,
Manuk iku endah warnanira,
Sagara erob wastane,
Uripe manuk iku,
Animbuhi ing jagad iki,
Warnanipun sakawan,
Sikile wewolu,
Kulite iku sarengat,
Getihipun tarekat ingkang sejati,
Ototipun kakekat.
(39)
Dagingipun makripat sejati,
Cucukipun sejatining sadad,
Eledan tohid wastane,
Ana dene kang manuk,
Pupusuhe supiah nenggih,
Emperune amarah,
Mutmainah jantung,
Luamah waduke ika,
Manuk iku anyawa papat winilis,
Nenggih manuk punika.
(40)
Uninipun jabrail singgih,
Socanipun punika kumala,
Anetra wulan srengenge,
Napas nurani iku,
Garananipun tursino nenggih,
Angaub soring aras,
Karna kalihipun,
Ing gunung Arpat punika,
Uluwiyah ing lohkalam wastaneki,
Ing gunung manik maya.
Jiwa-wedha

(41)
Ana kidung akandang permadi,
Among tuwung ing kawasanira,
Nganak ake saciptane,
Kakang kawah puniku,
Kang rumekso ing awak mami,
Anekakaken sedya,
Ing kawasanipun,
Adi ari ari ika,
Kang mayungi ing laku kawasaneki,
Nekakaken pangarah.
(42)
Punang getih ing raine wengi,
Ngrerewangi Allah kang kawuasa,
Andadekaken karsane,
Puser kawasanipun,
Nguyu uyu sabawa mami,
Nuruti ing paneda,
Kawasanireku,
Jangkep kadang ingsun papat,
Kalimane pancer wus dadi sawiji,
Tunggal sawujud ingwang.
(43)
Yeku kadang ingsung kang umijil,
Saking marga ina sareng samya,
Sadino awor enggone,
Sakawan kadang ingsun,
Ingkang nora umijil saking,
Marga ina punika,
Kumpule lan ingsun,
Dadya makdum sarpin sira,
Wewayangan in dat samya dadya kanti,
Saparan datan pisah.
(44)
Yen angidung poma den mametri,
Memuleya sego golong lima,
Takir pontang wewadahe,
Ulam ulamipun,
Ulam tasik rawa lan kali,
Ping pat iwak bangawan,
Mawa gantal iku,
Rong supit winungkus samya,
Apan dadya sawungkus arta saduwit,
Sawungkuse punika.
(45)
Tumpengana aneng pontangnya sami,
Dadya limang wungkus pontang lima,
Sinung sekar cempaka ne,
Loro sapotangipun,
Kembang boreh dupa ywa lali,
Memetri ujugbira,
Donganira Mahmud,
Poma dipun lakonono,
Saben dino nuju kalahiraneki,
Agung sawabe ika.
(46)
Balik lamun ora den lakoni,
Kadang ira pan pada ngrencana,
Temah kudrasa ciptane,
Sasedyanira wurung,
Lawan luput pangarahneki,
Sakarepe ira wigar,
Gagar datan antuk,
Saking kurang temenira,
Madep laku iku den awas den eleng,
Tamat ingkang kidungan.

Simbolisasi Sedulur Papat Lima Pancer Dalam Perwayangan

Semar sebagai pamomong keturunan Sapta arga tidak sendirian. Ia ditemani oleh tiga anaknya, yaitu; Gareng, Petruk, Bagong. Ke empat abdi tersebut dinamakan Panakawan. Dapat disaksikan, hampir pada setiap pegelaran wayang kulit purwa, akan muncul seorang ksatria keturunan Saptaarga diikuti oleh Semar, Gareng, Petruk, Bagong. Cerita apa pun yang dipagelarkan, ke lima tokoh ini menduduki posisi penting. Kisah Mereka diawali mulai dari sebuah pertapaan Saptaarga atau pertapaan lainnya. Setelah mendapat berbagai macam ilmu dan nasihat-nasihat dari Sang Begawan, mereka turun gunung untuk mengamalkan ilmu yang telah diperoleh, dengan melakukan tapa ngrame. (menolong tanpa pamrih).
Dikisahkan, perjalanan sang Ksatria dan ke empat abdinya memasuki hutan. Ini menggambarkan bahwa sang ksatria mulai memasuki medan kehidupan yang belum pernah dikenal, gelap, penuh semak belukar, banyak binatang buas, makhluk jahat yang siap menghadangnya, bahkan jika lengah dapat mengacam jiwanya. Namun pada akhirnya Ksatria, Semar, Gareng, Petruk, Bagong berhasil memetik kemenangan dengan mengalahkan kawanan Raksasa, sehingga berhasil keluar hutan dengan selamat. Di luar hutan, rintangan masih menghadang, bahaya senantiasa mengancam. Berkat Semar dan anak-anaknya, sang Ksatria dapat menyingkirkan segala penghalang dan berhasil menyelesaikan tugas hidupnya dengan selamat.
Mengapa peranan Semar dan anak-anaknya sangat menentukan keberhasilan suatu kehidupan? Semar merupakan gambaran penyelenggaraan Illahi yang ikut berproses dalam kehidupan manusia. Untuk lebih memperjelas peranan Semar, maka tokoh Semar dilengkapi dengan tiga tokoh lainnya. Ke empat panakawan tersebut merupakan simbol dari cipta, rasa, karsa dan karya. Semar mempunyai ciri menonjol yaitu kuncung putih. Kuncung putih di kepala sebagai simbol dari pikiran, gagasan yang jernih atau cipta. Gareng mempunyai ciri yang menonjol yaitu bermata kero, bertangan cekot dan berkaki pincang. Ke tiga cacat fisik tersebut menyimbolkan rasa. Mata kero, adalah rasa kewaspadaan, tangan cekot adalah rasa ketelitian dan kaki pincang adalah rasa kehati-hatian. Petruk adalah simbol dari kehendak, keinginan, karsa yang digambarkan dalam kedua tangannya. Jika digerakkan, kedua tangan tersebut bagaikan kedua orang yang bekerjasama dengan baik. Tangan depan menunjuk, memilih apa yang dikehendaki, tangan belakang menggenggam erat-erat apa yang telah dipilih. Sedangkan karya disimbolkan Bagong dengan dua tangan yang kelima jarinya terbuka lebar, artinya selalu bersedia bekerja keras. Cipta, rasa, karsa dan karya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Cipta, rasa, karsa dan karya berada dalam satu wilayah yang bernama pribadi atau jati diri manusia, disimbolkan tokoh Ksatria. Gambaran manusia ideal adalah merupakan gambaran pribadi manusia yang utuh, dimana cipta, rasa, karsa dan karya dapat menempati fungsinya masing-masing dengan harmonis, untuk kemudian berjalan seiring menuju cita-cita yang luhur. Dengan demikian menjadi jelas bahwa antara Ksatria dan panakawan mempunyai hubungan signifikan. Tokoh ksatria akan berhasil dalam hidupnya dan mencapai cita-cita ideal jika didasari sebuah pikiran jernih (cipta), hati tulus (rasa), kehendak, tekad bulat (karsa) dan mau bekerja keras (karya).
Simbolisasi ksatria dan empat abdinya, serupa dengan ‘ngelmu’ sedulur papat lima pancer. Sedulur papat adalah panakawan, lima pancer adalah ksatriya
Sistim Penanggalan Jawa
Sistim Penanggalan Jawa lebih lengkap dan komprehensif apabila dibandingkan dengan sistim penanggalan lainnya, lengkap dan komprehensifnya adalah suatu pembuktian bahwa ketelitian Jawa dalam mengamati kondisi dan pengaruh seluruh alam semesta terhadap planet bumi seisinya termasuk pengaruh kepada pranatan kehidupan manusia, dapat disampaikan antara lain adanya rumusan tata penanggalan jawa sebagai berikut :
1. Pancawara – Pasaran; Perhitungan hari dengan siklus 5 harian :
1. Kliwon/ Kasih
2. Legi / Manis
3. Pahing / Jenar
4. Pon / Palguna
5. Wage / Kresna/ Langking

2. Sadwara – Paringkelan, Perhitungan hari dengan siklus 6 harian
1. Tungle / Daun
2. Aryang / Manusia
3. Wurukung/ Hewan
4. Paningron / Mina/Ikan
5. Uwas / Peksi/Burung
6. Mawulu / Taru/Benih.

3. Saptawara – Padinan, Perhitungan hari dengan siklus 7 harian :
1. Minggu / Radite
2. Senen / Soma
3. Selasa / Anggara
4. Rebo / Budha
5. Kemis / Respati
6. Jemuwah / Sukra
7. Setu / Tumpak/Saniscara

4. Hastawara – Padewan, Perhitungan hari dengan siklus 8 harian :
1. Sri
2. Indra
3. Guru
4. Yama
5. Rudra
6. Brama
7. Kala
8. Uma

5. Sangawara – Padangon, Perhitungan hari dengan siklus 9 harian :
1. Dangu / Batu
2. Jagur / Harimau
3. Gigis / Bumi
4. Kerangan / Matahari
5. Nohan / Rembulan
6. Wogan / Ulat
7. Tulus / Air
8. Wurung / Api
9. Dadi / Kayu

6. Wuku, Perhitungan hari dengan siklus mingguan dari 30 wuku :
1. Sinta……..       11. Galungan……..        21. Maktal
2. Landhep……   12. kuningan……..        22. Wuye
3. Wukir……..     13. Langkir………                  23. Manahil
4. Kurantil…..      14. Mandhasiya……     24. Prangbakat
5. Tolu………      15. Julungpujud…..       25. Bala
6. Gumbreg……   16. Pahang……….                  26. Wugu
7. Warigalit….     17. Kuruwelut…….       27. Wayang
8. Warigagung…  18. Marakeh………       28. Kulawu
9. Julungwangi..   19. Tambir……….                  29. Dhukut
10. Sungsang….   20. Medhangkungan…  30 Watugunung

7. Sasi Jawa – ada 12 :
1. Sura………      5. Jumadilawal… 9. Poso
2. Sapar……..      6. Jumadilakhir..  10. Sawal
3. Mulud……..     7. Rejeb………     11. Dulkangidah
4. Bakdomulud… 8. Ruwah………  12. Besar

8. Tahun Jawa – ada 8 :
1. Alip……..        4. Je……….         7. Wawu
2. Ehe………       5. Dal……..          8. Jimakir
3. Jimawal…..      6. Be

9. Windu – umurnya 8 tahun :
1. Adi / Linuwih
2. Kuntara / Ulah
3. Sengara / Panjir
4. Sancaya / Sarawungan

10. Lambang – umurnya 8 tahun jumlahnya ada 2 :
1. Lambang Langkir
2. Lambang Kulawu.

11. Kurup – umurnya 15 windu atau 120 tahun, ada 7 kurup (menurut tanggal 1 Suro tahun Alip) :
1. Senen /Isananiyah…. 5. Jemuah / Jamngiyah
2. Selasa /Salasiyah….. 6. Setu / Sabtiyah
3. Rebo / Arbangiyah….         7. Akad / akdiyah
4. Kemis / Kamsiyah

12. Mangsa- jumlahnya 12 :
1. Kasa / Kartika
2. Karo / Pusa
3. Katiga / Manggasri
4. Kapat / Setra
5. Kalima / Manggala
6. Kanem / Maya
7. Kapitu / Palguna
8. Kawolu / Wisaka
9. Kasanga / Jita
10. Kasepuluh / Srawana
11. Kasewelas / Sadha
12. Karolas / Asuji

Sistim Penanggalan Jawa disebut juga Penanggalan Jawa Candrasangkala atau perhitungan penanggalan bedasarkan peredaran Bulan mengitari Bumi. Petungan penanggalan Jawa sudah dicocokkan dengan penanggalan Hijriah.
namun demikian pencocokkan ini bukanlah menjiplak sepenuhnya juga memperhunakan perhitungan yang rumit oleh para leluluhur kita.
Ada perbedaan yang hakiki antara sistim perhitungan penanggalan Jawa dengan penanggalan Hijriah, perbedaan yang nyata adalah pada saat penetapan pergantian hari ketika pergantian sasi/bulan.
Candrasangkala Jawa menetapkan bahwa pergantian hari ketika pergantian sasi waktunya adalah tetap yaitu pada saat matahari terbenam (surup – antara pukul 17.00 sampai dengan 18.00), sedangkan pergantian hari ketika pergantian sasi/bulan pada penanggalan Hijriah ditentukan melalui Hilal dan Rukyat.

Mencari hari baik

Dalam melakukan hajat perkawinan, mendirikan rumah, bepergian dan sebagainya. Kebanyakan orang jawa dahulu, mendasarkan atas hari yang berjumlah 7(senin-minggu) dan pasaran yang jumlahnya ada 5, tiap hari tentu ada rangkapannya pasaran, jelasnya : tiap hari tentu jatuh pada pasaran tertentu.

Menurut peritungan Jawa pada umumnya dikenal 7 hari yang masing-masing mempunyai jumlah berlainan;
Akad (Minggu) jumlah naptu       5  // miZgu nePtu
•Senen (Senin) jumlah naptu                    4
•Selasa (selasa)jumlah naptu                    3
•Rebo (Rabu) jumlah naptu           7
•Kemis (Kamis) jumlah naptu        8
•Jumuah (Jum’at)jumlah naptu     6
Setu (Sabtu) jumlah naptu            9

Selain hari, orang Jawa juga sangat percaya adanya watak yang diakibatkan dari pengaruh Dasaran. dikenal adanya 5 pasaran yaitu
•Kliwon jumlah naptunya     8
•Legi jumlah naptunya                   5
•Pahing jumlah naptunya     9
•Pon jumlah naptunya                    7
•Wage jumlah naptunya       4

Neptu hari atau pasaran kelahiran untuk perkawinan
Hari dan pasaran dari kelahiran dua calon temanten yaitu anak perempuan dan anak lelaki masing-masing dijumlahkan dahulu, kemudian masing masing dibuang (dikurangi) sembilan.
Misalnya :
Kelahiran anak perempuan adalah hari Jumat (neptu 6) wage (neptu 4) jumlah 10, dibuang 9 sisa 1
Sedangkan kelahiran anak laki-laki ahad (neptu 5) legi (neptu 5) jumlah 10 dikurangi 9 sisa 1.
Menurut perhitungan dan berdasarkan sisa diatas maka perhitungan seperti dibawah ini:

Apabila sisa:
1 Dan 4 : Banyak Celakanya
1 Dan 5: Bisa
1 Dan 6 : Jauh Sandang Pangannya
1 Dan 7 : Banyak Musuh
1 Dan 8 : Sengsara
1 Dan 9 : Menjadi Perlindungan
2 Dan 2 : Selamat, Banyak Rejekinya
2 Dan 3 : Salah Seorang Cepat Wafat
2 Dan 4 : Banyak Godanya
2 Dan 5 : Banyak Celakanya
2 Dan 6 : Cepat Kaya
2 Dan 7 : Anaknya Banyak Yang Mati
2 Dan 8 : Dekat Rejekinya
2 Dan 9 : Banyak Rejekinya
3 Dan 3 : Melarat
3 Dan 4 : Banyak Celakanya
3 Dan 5 : Cepat Berpisah
3 Dan 6 : Mandapat Kebahagiaan
3 Dan 7 : Banyak Celakanya
3 Dan 8 : Salah Seorang Cepat Wafat
3 Dan 9 : Banyak Rejeki
4 Dan 4 : Sering Sakit
4 Dan 5 : Banyak Godanya
4 Dan 6 : Banyak Rejekinya
4 Dan 7 : Melarat
4 Dan 8 : Banyak Halangannya
4 Dan 9 : Salah Seorang Kalah
5 Dan 5 : Tulus Kebahagiaannya
5 Dan 6 : Dekat Rejekinya
5 Dan 7 : Tulus Sandang Pangannya
5 Dan 8 : Banyak Bahayanya
5 Dan 9 : Dekat Sandang Pangannya
6 Dan 6 : Besar Celakanya
6 Dan 7 : Rukun
6 Dan 8 : Banyak Musuh
6 Dan 9 : Sengsara
7 Dan 7 : Dihukum Oleh Istrinya
7 Dan 8 : Celaka Karena Diri Sendiri
7 Dan 9 : Tulus Perkawinannya
8 Dan 8 : Dikasihi Orang
8 Dan 9 : Banyak Celakanya
9 Dan 9 : Liar Rejekinya

Neptu hari dan pasaran dari kelahiran calon mempelai laki-laki dan perempuan, ditambah neptu pasaran hari perkawinan dan tanggal (bulan Jawa) semuanya dijumlahkan kemudian dikurangi/ dibuang masing tiga, apabila masih sisa :
1 = berarti tidak baik, lekas berpisah hidup atau mati
2 = berarti baik, hidup rukun, sentosa dan dihormati
3 = berarti tidak baik, rumah tangganya hancur berantakan dan kedua-duanya bisa mati.

Neptu hari dan pasaran dari kelahiran calon mempelai laki-laki dan perempuan, dijumlah kemudian dikurangi / dibuang empat-empat apabila sisanya :
1 = Getho, jarang anaknya,
2 = Gembi, banyak anak,
3 = Sri banyak rejeki,
4 = Punggel, salah satu akan mati

Hari kelahiran mempelai laki-laki dan mempelai wanita, apabila :
Ahad dan Ahad, sering sakit
Ahad dan Senin, banyak sakit
Ahad dan Selasa, miskin
Ahad dan Rebo, selamat
Ahad dan Kamis, cekcok
Ahad dan Jumat, selamat
Ahad dan Sabtu, miskin

Senen dan Senen, tidak baik
Senen dan Selasa, selamat
Senen dan Rebo, anaknya perempuan
Senen dan Kamis, disayangi
Senen dan Jumat, selamat
Senen dan Sabtu, direstui

Selasa dan Selasa, tidak baik
Selasa dan Rebo, kaya
Selasa dan Kamis, kaya
Selasa dan Jumat, bercerai
Selasa dan Sabtu, sering sakit
Rebo dan Rebo, tidak baik
Rebo dan Kamis, selamat
Rebo dan Jumat, selamat
Rebo dan Sabtu, baik

Kamis dan Kamis, selamat
Kamis dan Jumat, selamat
Kamis dan Sabtu, celaka

Jumat dan Jumat, miskin
Jumat dan Sabtu celaka

Sabtu dan Sabtu, tidak baik
HARI-HARI UNTUK MANTU DAN IJAB PENGANTIN
(baik buruknya bulan untuk mantu):
1. Bulan Jw. Suro : Bertengkar dan menemui kerusakan (jangan dipakai)
2. Bulan Jw. Sapar : kekurangan, banyak hutang (boleh dipakai)
3. Bulan Jw Mulud : lemah, mati salah seorang (jangan dipakai)
4. Bulan jw. Bakdamulud : diomongkan jelek (boleh dipakai)
5. Bulan Jw. Bakdajumadilawal : sering kehilangan, banyak musuh (boleh dipakai)

6. Bulan Jw. Jumadilakhir       : kaya akan mas dan perak
7. Bulan Rejeb                         : banyak kawan selamat
8. Bulan Jw. Ruwah                : selamat
9. Bulan puasa                        : banyak bencananya (jangan dipakai)
10. Bulan Jw. Syawal              : sedikit rejekinya, banyak hutang (boleh dipakai)
11. Bulan Jw. Dulkaidah                  : kekurangan, sakit-sakitan, bertengkar dengan teman (jangan dipakai)
12. Bulan Jw. Besar               : senang dan selamat

BULAN TANPA ANGGARA KASIH
Hari anggara kasih adalah selasa kliwon, disebut hari angker sebab hari itu adalah permulaan masa wuku. Menurut adat Jawa malamnya (senin malam menghadap) anggara kasih orang bersemedi, mengumpulkna kekuatan batin untuk kesaktian dan kejayaan. Siang harinya (selasa kliwon) memelihara, membersihkan pusaka wesi aji, empu mulai membikin keris dalam majemur wayang.
Bulan – bulan anggoro kasih tidak digunakan untuk mati, hajat-hajat lainnya dan apa saja yang diangggap penting.
Adapun bulan-bulan tanpa anggara kasih adalah:
1. Dalam tahun Alib bulan      2        : Jumadilakhir dan besar
2. Dalam tahun ehe bulan                 2        : jumadilakhir
3.
Dalam tahun jimawal bulan          2        : Suro dan rejeb
4. Dalam tahun Je bulan                   2        : Sapar
5. Dalam tahun Dal bulan       2        : yaitu sapar dan puasa
6. Dalam tahun Be bulan                  2        : mulud dan syawan
7. Dalam tahun wawu bulan   2        : Bakdomulud/syawal
8. Dalam tahuin Jimakir bulan          2        : Jumadilawal dan Dulkaidkah

SAAT TATAL
Saat tatal dibawah ini untuk memilih waktu yang baik untuk mantu juga untuk pindah rumah, berpergian jauh dan memulai apa saja yang dianggap penting.
Ketentuan saat itu jatuh pada pasaran (tidak pada harinya ) :
1. pasaran legi : mulai jam 06.00 nasehat.mulai jam 08.24 Rejeki : mulai jam 25.36 rejeki mulai dari jam 10 48 selamat, mulai jam 13.12 pangkalan atau (halangan) mulai jam 15.36 pacak wesi
2. pasaran pahing : mulai jam 06.00 rejeki, jam 08.24 selamat, jam 10.48 pangkalan, jam 13.12 pacak wesi, jam 15.36 nasehat.
3. pasaran pon : mulai jam 06.00 selamat, jam 08.24 pangkalan, jam 10.48 pacak wesi, jam 13.12 nasehat, jam 15.36 rejeki
4. pasaran wage mulai jam 06.00 pangkalan, jam 08.24 pacak wesi, jam 13.12 nasehat jam 15.36 selamat.
5. pasaran kliwon, mulai jam 06.00 pacak wesi, jam 08.24 nasehat, jam 10.48 rejeki, jam 13-12 selamat jam 13.36 pangkalan.
HARI PASARAN UNTUK PERKAWINAN
Neptu dan hari pasaran dijumlah kemudian dikurangi/dibuang enam-enam apabila tersisa:
1 jatuh, mati, (tidak baik) asalnya bumi
2 jatuh, jodoh (baik) asalnya jodoh dengan langit
3 jatuh , selamat atau baik asalnya barat
4 jatuh, cerai atau tidak baik asalnya timur
5 jatuh, prihatin (tidak baik) asalnya selatan
6 jatuh, mati besan (tidak baik) asalnya utara

Dalam berdagang orang jawa mempunyai petungan (prediksi) khusus untuk mencapai sukses atau mendapatkan angsar (pengaruh nasib) yang baik, sehingga menjadikan rezekinya mudah. Diantaranya petungan tersebut sebagai berikut :
Dalam “kitab primbon” (pustaka kejawen) terdapat berbagai cara dan keyakinan turun-temurun yang harus dilakukan orang yang akan melakukan kegiatan usaha perdagangan. Untuk memulai suatu usaha perdagangan orang jawa perlu memilih hari baik, diyakini bahwa berawal dari hari baik perjalanan usahapun akan membuahkan hasil maksimal, terhindar dari kegagalan.
Menurut pakar ilmu kejawen abdi dalem Karaton Kasunanan Surakarta, Ki KRM TB Djoko MP Hamidjoyo BA bahwa berdasarkan realita supranatural, menyiasati kegagalan manusia dalam usaha perlu diperhatikan. Prediksi menurut primbon perlu diperhatikan meski tidak sepenuhnya diyakini. Menurut Kitab Tafsir Jawi, dina pitu pasaran lima masing-masing hari dan pasaran karakter baik. Jika hari dan pasaran tersebut menyatu, tidak secara otomatis menghasilkan karakter baik. Demikian juga dengan bulan suku, mangsa, tahun dan windu, masing-masing memiliki karakter baik kalau bertepatan dengan hari atau pasaran tertentu.
Golek dina becik (mencari hari yang baik) untuk memulai usaha dagang pada hakekatnya adalah mencari perpaduan hari, pasaran, tahun, windu dan mangsa yang menghasilkan penyatuan karakter baik. Misalnya pada hari rebo legi mangsa kasanga tahun jimakir windu adi merupakan penyatuan anasir waktu yang menghasilkan karakter baik.
Setiap karya akan berhasil sesuai dengan kodrat, jika dilakukan dalam kondisi waktu yang netral dari pencemaran, sengkala maupun sukerta. Manusia diberi kesempatan oleh Tuhan untuk beriktiar menanggulangi sukerta dan sengkala dengan melakukan wiradat. Misalnya dengan ruwatan atau dengan ajian rajah kalacakra, sehingga kejadian buruk tidak menjadi kenyataan.
Orang yang akan membuka usaha pun dapat melakukan upaya sendiri pada malam hari sebelum memulai usaha, yaitu berdoa mendasari doa kepada Tuhan sambil mengucapkan mantera rajah kalacakra Salam, salam, salam Yamaraja jaramaya, yamarani niramaya, yasilapa palasiya, yamidora radomiya, yamidasa sadamiya, yadayuda dayudaya, yasilaca silacaya, yasihama mahasiya. Kemudian menutup dengan mantera Allah Ya Suci Ya Salam sebanyak 11 kali.
Untuk usaha perdagangan orang jawa yang masih percaya pada petung, akan menggunakannya baik untuk menentukan jenis barang maupun tempat berdagang dan sebagainya. Petung tersebut didasarkan weton (kelahiran dari yang bersangkutan)
Peluang merupakan filsafat kosmosentris bahwa manusia dan alam tidak dapat dipisahkan. Manusia merupakan bagian dari alam semesta sehingga geraknya tidak dapat lepas dari gerak alam, sebagaimana waktu dan arah mata angin.
Orang jawa mempunyai keyakinan bahwa saat dilahirkan manusia tidak sendirian karena disertai dengan segala perlengkapannya. Perlengkapan itu merupakan sarana untuk bekal hidup dikemudian hari, yaitu bakat dan jenis pekerjaan yang cocok. Di dalam ilmu kejawen kelengkapan itu dapat dicari dengan petung hari lahir, pasaran, jam, wuku tahun dan windu.
Menurut Usman petung sekedar klenik atau gugon tuhon melainkan merupakan hasil analisa dari orang-orang jawa pada masanya. Hasil analisa itu ditulis dalam bentuk primbon. Dengan petungan jawa, orang dapat membuat suatu analisa tentang anak yang baru lahir berdasarkan waktu kelahirannya. Misalnya anak akan berhasil jika menjadi wartawan, atau sukses jika menjadi pedagang.
Petung yang demikian itu juga digunakan di dalam dunia perdagangan. Orang jawa masih mempercayainya, akan menggunakan petung dengan cermat. Dari menentukan jenis dagangan waktu mulai berdagang diperhitungkan. Semua sudah ada ketentuannya berdasar waktu kelahiran yang bersangkutan.
Penerapan petung untuk usaha perdagangan akan menambah kemungkinan dan percaya diri untuk meraih sukses. Kepercayaan diri akan membuat lebih tepat dalam mengambil keputusan. Prediksi menurut petung di dalam perdagangan bukan hanya ada pada budaya orang jawa saja. Dalam budaya Cina misalnya, hingga kini perhitungan itu masih berperan besar, sekali pun pengusaha Cina itu sudah menjadi konglomerat.
Di Cina petung itu ada dalam Kitab Pek Ji atau Pak Che (delapan angka) yang juga berdasarkan kelahiran seseorang, yaitu tahun kelahiran memiliki nilai 2, bulan nilai 2, hari memiliki nilai 2 dan jam kelahiran nilai 2.
Meskipun orang lahir bersamaan waktu, rezeki yang diperoleh tidak sama karena yang satu menggunakan petung sedangkan yang lainnya tidak.
Banyak pula orang yang tidak mempercayai petung. Mereka menganggapnya klenik atau tahayul. Mereka berpendapat dengan rasionya dapat manipulasi alam. Anggapan demikian belum pas, meskipun manusia dapat merekayasa, alam ternyata akan berjalan sesuai dengan mekanismenya sendiri
Untuk perhitungan mendirikan / pindahan rumah
A. Pertama-tama yg diperhitungakan adalah Bulan Jawa, yaitu :
1. Bulan Sura                                    = tidak baik
2. Bulan Sapar                                  = tidak baik
3. Bulan Mulud (Rabingulawal)        = tidak baik
4. Bulan Bakdamulud (Rabingulakir)         = baik
5. Bulan Jumadilawal                       = tidak baik
6. Bulan Jumadilakir                         = kurang baik
7. Bulan Rejeb                                   = tidak baik
8. Bulan Ruwah (Sakban)                 = baik
9. Bulan Pasa (Ramelan)                             = tidak baik
10. Bulan Sawal                                = sangat tidak baik
11. Bulan Dulkaidah                         = cukup baik
12. Besar                                           = sangat baik

Berdasarkan perhitungan diatas, bulan yg baik adalah : Bakdamulud, Ruwah, Dulkaidah, dan Besar.
B. Langkah kedua yaitu menghitung jumlah hari dan pasaran dari suami serta istri.
1. Suami               = 29 Agustus 1973
- Rabu                  = 7
- Kliwon              = 8
- Neptu (Total)     = 15

2. Istri                  = 21 Desember 1976
- Selasa                 = 3
- Kliwon               = 8
- Neptu (Total)     = 11

Jumlah Neptu Suami + Istri = 15 + 11 = 36
C. Langkah ketiga, menghitung Pancasuda.
Jumlah (Neptu suami + Neptu Istri + Hari Pindahan/Pendirian Rumah) : 5). Bila selisihnya 3, 2, atau 1 itu sangat baik. Cara ini disebut PANCASUDA.
PANCASUDA :
1. Sri                    = Rejeki Melimpah
2. Lungguh = Mendapat Derajat
3. Gedhong           = Kaya Harta Benda
4. Lara        = Sakit-Sakitan
5. Pati         = Mati dalam arti Luas

Lalu mengurutkan angka hari pasaran mulai dari jumlah yang paling kecil yaitu (selasa (3) + wage (4) = 7), hingga sampai jumlah yang paling besar yaitu (Sabtu (9) + Pahing (9) = 18.
7   + 26 = 33 : 5 sisa 3   = Cukup Baik
8   + 26 = 34 : 5 sisa 4   = Tidak Baik
9   + 26 = 35 : 5 sisa 5 (yg habis dibagi 5 dianggap sisa 5) = Jelek Sekali
10 + 26 = 36 : 5 sisa 1   = Baik Sekali
11 + 26 = 37 : 5 sisa 2   = Baik
12 + 26 = 38 : 5 sisa 3   = Cukup Baik
13 + 26 = 39 : 5 sisa 4   = Tidak Baik
14 + 26 = 40 : 5 sisa 5   = Jelek Sekali
15 + 26 = 41 : 5 sisa 1   = Baik Sekali
16 + 26 = 42 : 5 sisa 2   = Baik
17 + 26 = 43 : 5 sisa 3   = Cukup Baik
18 + 26 = 44 : 5 sisa 4   = Tidak Baik

Dari paparan tersebut diketahui hari baik untuk mendirikan rumah tinggal, khusus bagi pasangan suami–istri yang hari-pasaran-lahir keduanya berjumlah 36 adalah :
Terbaik 1 :
a. hari-pasaran berjumlah 10 ( Selasa Pon, Jumat Wage dan Minggu Legi)
b. hari-pasaran berjumlah 15 (Rabu Kliwon, Kamis Pon dan Jumat Pahing)

Terbaik 2 :
a. hari-pasaran berjumlah 11 (Senin Pon, Selasa Kliwon, Rabu Wage dan Jumat legi)
b. hari-pasaran berjumlah 16 (Rabu Pahing, Kamis Kliwon dan Sabtu Pon)

Terbaik 3 :
a. hari-pasaran berjumlah 7 (Selasa Wage)
b. hari-pasaran berjumlah 12 (Senin Kliwon, Selasa Pahing, Rabu Legi, Kamis Wage dan Minggu Pon)
c. hari-pasaran berjumlah 17 (Kamis Pahing dan Sabtu Kliwon)
D. Selanjutnya pilih salah satu dari 21 hari baik yang berada dalam bulan Bulan Bakdamulud, Bulan Ruwah, Bulan Dulkaidah dan Bulan Besar,

yaitu:
1. Bulan Bakdamulud (Rabingulakir)
Bulan baik untuk mendirikan sesuatu termasuk rumah tinggal. Keluarga yang bersangkutan mendapat wahyu keberuntungan, apa yang diinginkan terlaksana, cita-citanya tercapai, selalu menang dalam menghadapi perkara, berhasil dalam bercocok-tanam, berkelimpahan emas dan uang, mendapat doa restu Nabi, dan lindungan dari Allah.
2. Bulan Ruwah (Sakban)
Bulan baik untuk mendirikan rumah tinggal. Rejeki melimpah dan halal, disegani, dihormati dan disenangi orang banyak, mendapat doa Rasul.
3. Bulan Dulkaidah
Cukup baik, dicintai anak istri, para orang tua, saudara, dan handaitaulan. Dalam hal bercocok-tanam lumayan hasilnya. Banyak rejeki dan cukup uang. Keadaan keluarga harmonis, tentram, damai dan mendapatkan doa dari Rasul.
4. Bulan Besar.
Baik, banyak mendapat rejeki, berkelimpahan harta-benda dan uang. Anggota keluarga yang berdiam di areal rumah-tinggalnya yang dibangun pada bulan Besar merasakan ketentraman lair batin, serta dihormati.

Terbaik 1 :
1. Selasa Pon,
2. Jumat Wage,
3. Minggu Legi,
4. Rabu Kliwon,
5. Kamis Pon,
6. Jumat Pahing,

Terbaik 2 :
7. Senin Pon,
8. Selasa Kliwon,
9. Rabu Wage,
10. Jumat legi,
11. Rabu Pahing,
12. Kamis Kliwon,
13. Sabtu Pon,

Terbaik 3 :
14. Selasa Wage,
15. Senin Kliwon,
16. Selasa Pahing,
17. Rabu Legi,
18. Kamis Wage,
19. Minggu Pon,
20. Kamis Pahing,
21. Sabtu Kliwon,

Contoh : Jum’at Pahing
- 20 April 2007
- 07 September 2007
- 21 Desember 2007

Dalam astrologi Jawa juga dikenal adanya bintang, yang biasa disebut Wuku; ada 30 wuku yang masing-masing mempunyai Dewa (Betara) pelindung (yang kemudian sering dijadikan simbol dari wuku tersebut, seperti misalnya dalam zodiak Sagitarius disimbolkan manusia dengan badan kuda sedang memanah), hari baik, hari sial, dan watak serta bakat sendiri-sendiri. Ke 30 wuku tersebut adalah sebagai berikut:
1 . Sinta dewa pelindung Dewa Betara Jamadipati
2.
Landep dewa pelindung Dewa Betara Mahadewa
3. Wukir dewa pelindung Dewa Betara Mahajekti
4. Kurantil dewa pelindung Dewa Betara Langsur
5. Tolu dewa pelindung Dewa Betara Baju
6. Gumbreg dewa pelindung Dewa Betara Tjandra
7. Warigalit dewa.pelindung Dewa Betara Asmara
8. Warigagung dewa pelindung Dewa Betara Maharesi
9. Djulungwangi dewa pelindung Dewa Betara Sambu
10. Sungsang dewa pelindung Dewa Betara Gana
11.
Galungan dewa pelindung Dewa Betara Kamadjaja
12. Kuningan dewa pelindung Dewa Betara Indera
13. Langkir dewa pelindung Dewa Betara Kala
14. Mandasija dewa pelindung Dewa Betara Brama
15. Djulungpudjud dewa pelindung Dewa Betara Guritna
16. Pahang dewa pelindung Dewa Betara Tantra
17. Kuruwelut dewa pelindung Dewa Betara Wisnu
18. Marakeh dewa pelindung Dewa Betara Surenggana
19. Tambir dewa pelindung Dewa Betara Siwah
20. Medangkungan dewa pelindung Dewa Betara Basuki
21. Maktal dewa pelindung Dewa Betara Sakri
22. Wuje dewa pelindung Dewa Betara Kuwera
23. Manahil dewa pelindung Dewa Betara Tjitragotra
24. Prangbakat dewa pelindung Dewa Betara Bisma
25. Bala dewa pelindung Dewa Betari Durga
26. Wugu dewa pelindung Dewa Betara Singdjalma
27. Wajang dewa pelindung Dewa Betari Sri
28. Kuwalu dewa pelindung Dewa Betara Sadana
29. Dukut dewa pelindung Dewa Betara Sakri
30. Watugunung dewa pelindung Dewa Betara Anantaboga

Dalam memperhitungkan perjodohan seorang harus menghitung jumlah naptu dari hari pasaran kedua calon pengantin tersebut. Menurut kepercayaan di jawa, apabila naptu dari dua orang yang akan dijodohkan berjumlah 25 maka hubungan kedua belah tersebut tidak bisa dilanjutkan. Hal ini disebabkan 25 apabila dikurangi 24 tinggal satu (1) angka I ini tidak bisa dibagi dua (perkawinan melibatkan dua orang). Angka 24 ini diambil dari angka 3 dikalikan 8, jadi pada pokoknya angka yang paling dihindari adalah tiga (3). Angka tiga dianggap angka sial, karena angka ini adalah angka pati, tali yang mengikat orang mati (Jawa=Pocongan) berjumlah tiga, jumlah tali itulah yang kemudian dianggap sebagai jumlah angka yang membawa sial. Dan nampaknya orang Jawa pada umumnya masih sangat mempercayai perhitungan ini.
Selain perhitungan jumlah hari pasaran, perkawinan pada masa lalu juga mempunyai pantangan tertentu, seseorang tidak boleh menikah dengan orang yang RUBUH KARANG yaitu:
- Orang yang tinggal saling berhadapan
- Orang yang tinggal saling membelakangi (ketemu punggung)
- Orang yang tinggal tepat bersebelahan di kanan kiri

3 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
    Balasan


    1. Aslamu alaikum wr wb..
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 400juta dan di bank totalnya 550 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 4 orang masih sekolah di SMP / SMA dan juga anak sementara kuliah,tapi ISTRI saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya
      tapi selama satu minggu saya berpikir saya membuka INTERNET UNTUK mencari BANTUAN akhirnya saya dapat

      WEBSITE AKY BROMO DI http://www.ilmu-pesugihan.com/

      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKY BROMO di No. 0852-8895-8758
      Semua petunjuk AKY BROMO saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,
      Alhamdulilah Demi AllAH SWT. dan anak saya,
      akhirnya 4 M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih AKY BROMO saya tidak akan melupakan jasa AKI.
      JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
      SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan Ki BROMO hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya jika mau seperti saya SILAHKAN HUB AKy BROMO
      DI NO _ _ _ 0852-8895-8758 _ _ _


      (((((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

      Pesugihan Instant 4 MILYAR
      Mulai bulan ini (JULI 2016) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal,
      serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
      Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
      Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
      Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
      dll.

      #Syarat :

      -Usia Minimal 19 Tahun
      -Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
      -Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
      -Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
      -Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

      #Proses :

      Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua gunung bromo
      Harus siap mental lahir dan batin
      Sanggup Puasa 1 hari 1 malam ( ngebleng)
      Pada malam hari tidak boleh tidur.

      #Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

      Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
      Ayam cemani : 2jt
      Minyak Songolangit : 2jt
      bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

      #Prosedur Daftar Ritual ini :

      Kirim Foto anda
      Kirim Data sesuai KTP
      Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 4 MILYAR
      Kirim ke nomor ini AKY BROMO: ((((( 0852-8895-8758 )))))
      SMS Anda akan Kami balas secepatnya
      Maaf Program ini TERBATAS hanya untuk beberapa Orang saja..?

      ANDA PENGEN CEPAT KAYA MELALUI JALAN PESUGIHAN TUYUL DAN

      ANDA JUGA BISA MENANGKAN MELALUI ANGKA-ANGKA TOGEL 2D 3D 4D 5D 6D.

      INGAT...!!! JANGAN SIA-SIAKAN KESEMPATAN YANG ADA,,, SEBAB KESEMPATAN TIDAK MUNGKIN DATANG KE 2 KALINYA...........


      >>>>>>>>KISAH NYATA DARI SAYA<<<<<<<<

      Hapus
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus